Logo Daihatsu
Menu

Ciri-Ciri Rack Steer Rusak, Penyebab dan Cara Memperbaikinya

Otomotif

2023-01-02

Ciri-Ciri Rack Steer Rusak, Penyebab dan Cara Memperbaikinya

Kaki mobil merupakan salah satu bagian yang harus Anda perhatikan dengan baik. Sayangnya, perilaku pengendara yang “sembarangan”, dapat merusak bagian kaki-kaki. Biasanya, bagian kaki-kaki yang sering mengalami kerusakan adalah rack steer. Lantas, apa ciri ciri rack steer rusak?

Sebenarnya, apa itu rack steer? Rack steer adalah komponen yang berguna menghubungkan kaki-kaki mobil dengan bagian kemudi. Rack steer mempunyai fungsi utama sebagai penghubung kemudi serta menjadi penghubung roda dan kemudi.

Peran yang dimiliki rack steer ini begitu besar, apalagi pada kendaraan yang memiliki power steering. Komponen rack steer ini mudah mengalami kerusakan. Sebenarnya, gejala dari rusaknya rack steer bisa dideteksi sejak dini. 

Ciri-Ciri Rack Steer Rusak

Ketika rack steer mengalami kerusakan, tentu saja hal ini akan berbahaya. Bahkan, efek dari kerusakan rack steer adalah penumpang akan merasa kurang nyaman mengemudi karena kehilangan kendali roda. Kehilangan kendali tentu akan menyebabkan kecelakaan berbahaya.

Berikut sejumlah ciri kerusakan rack steer, antara lain:

1. Steer mobil bergetar

Salah satu ciri ciri rack steer rusak adalah steer mobil yang terasa bergetar saat belok ke kiri dan ke kanan. Untuk mengetesnya, Anda dapat mencoba membelokkan steer sampai mentok. Bukan hanya bergetar saja, sejumlah gejala bahkan dapat membuat pengemudi sulit memutarnya. 

Secara umum, munculnya getaran pada steer ini disebabkan karena rack steer aus, dan keausan ini akan bertambah menjadi semakin parah bila tidak segera diperbaiki dengan baik. 

2. Munculnya suara yang memekik di roda

Munculnya suara yang memekik juga dapat menjadi salah satu cara untuk mendeteksi kerusakan, apalagi di roda depan. Munculnya suara memekik ini biasanya ketika kendaraan melaju dengan kecepatan rendah. 

Umumnya, bushing di rack steer akan mengalami robek, dan akhirnya kotoran serta air akan masuk. Nantinya, akan muncul suara yang berisik di bagian depan roda. Jika suara ini muncul, Anda harus membawa kendaraan ke bengkel resmi terdekat. 

3. Seal mengalami kebocoran

Hal lain yang harus diperhatikan adalah EPS atau Electronic Power Steering. Umumnya, ciri yang muncul adalah rembesan terlihat di seal. Bila yang terjadi adalah kebocoran ini, Anda masih dapat mengatasinya dengan cara melakukan penggantian seal. Oleh sebab itu bila melihat kebocoran, hindari menunda membawa kendaraan ke bengkel. 

4. Steer berat saat dibelokkan

Apakah Anda pernah membelokkan mobil tetapi steer malah terasa berat? Bila hal ini terjadi, ini bisa menjadi tanda kerusakan rack steer. Efeknya, kendaraan tidak bisa berjalan dengan lurus. Bahkan, walaupun sudah meluruskan lingkaran kemudi, roda akan berjalan ke kanan dan ke kiri sendiri. 

Baca Juga : Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil

5. Gigi pinion dan harmonika menjadi tumpul

Ciri ciri rack steer rusak yang lainnya adalah gigi pinion menjadi tumpul. Komponen ini biasanya tumpul karena gesekan yang tidak dibantu dengan pelumasan. Kotoran dan debu yang menempel dapat merusak gigi pinion ketika steer diputar. 

Bila gejala ini terus menerus muncul, solusi yang dilakukan adalah mengecor gigi dan membentuk gigi baru. Bukan hanya itu, penahan oli juga harus diganti, bila mobil masih mempergunakan power steering dengan model fluida. 

Sebagai pemilik kendaraan berbagai ciri ciri rack steer rusak di atas harus diperhatikan dengan baik. Agar tidak terjadi kerusakan rack steer. Anda dapat melakukan service mobil secara berkala di bengkel resmi Daihatsu.

Selain dikerjakan oleh teknisi berpengalaman, seluruh sparepart yang disediakan juga merupakan sparepart asli. Bahkan, Anda tidak perlu menunggu antrian bengkel terlalu lama karena dapat melakukan booking service. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

20 Macam-Macam Sensor Mobil dan Fungsinya

2022-12-05

Sensor mobil merupakan fitur berteknologi canggih di bidang otomotif yang disematkan produsen mobil. Tujuan disematkannya sensor pada mobil tidak lain sebagai pengir

thumbnail

Pengertian dan Fungsi Priming Pump untuk Bahan Bakar Diesel

2021-02-16

Kendaraan roda empat memiliki banyak komponen yang disematkan di dalamnya, termasuk priming pump. Komponen ini menjadi penyusun sistem bahan bakar untuk mobil yan

thumbnail

Mengenal Kopling Mobil, Cara Kerja hingga Perawatannya

2020-12-03

Kopling mobil adalah salah satu bagian penting dalam mobil. Apalagi, jika mobil Sahabat memakai transmisi manual. Fungsi kopling sendiri adalah untuk menghubungkan antara poros engkol dengan gigi t

thumbnail

Tanda-tanda Freon AC Mobil Minta Diganti

2022-04-28

Setiap tempat yang terdapat AC akan terasa dingin dan sejuk. Bahkan saat ini semua jenis mobil memiliki AC agar tetap dingin dan nyaman saat berkendara. Udara yang menja