Logo Daihatsu
Menu

Komponen Kaki-kaki Mobil Ini yang Wajib Diperhatikan

Otomotif

2021-02-18

Komponen Kaki-kaki Mobi

Hampir semua orang menganggap bahwa bagian terpenting dari sebuah mobil adalah bagian mesin. Hal itu memang benar, tanpa mesin, mobil tidak akan menyala. Mesin yang sehat akan membuat kegiatan berkendara, apalagi jarak jauh, menjadi nyaman tanpa gangguan.

Kenyamanan yang didapat dari sebuah mobil tentunya bukan hanya dari mesin saja, kaki-kaki juga sangat berpengaruh. Apalagi setelah berkendara jarak jauh. Kaki-kaki wajib diperhatikan, karena bagian ini tentu mendapatkan tekanan paling besar.

Selain menunjang kenyamanan saat berkendara, kaki-kaki mobil juga berfungsi sebagai penunjang keselamatan Sahabat saat berkendara terutama jarak jauh. Kaki-kaki mobil yang tidak terawat akan berdampak buruk pada bagian lainnya.

Pasalnya, jika Sahabat luput dan jarang memperhatikan kaki mobil, bukan tidak mungkin komponen lain dari mobil Sahabat juga akan terkena dampaknya. Lalu, apa saja komponen kaki-kaki mobil yang wajib sahabat perhatikan? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Ban

Berbicara mengenai kaki-kaki mobil. Hal yang paling mudah untuk dilihat tentunya adalah bagian ban. Ban adalah komponen pertama yang harus sahabat periksa setelah melakukan perjalanan.

Masalahnya, ban adalah komponen utama yang langsung bersentuhan dengan aspal, dengan kata lain, ban sangat bekerja keras untuk menunjang kenyamanan berkendara sahabat. Ingatlah kapan terakhir kali sahabat mengganti ban mobil, barangkali ban mobil sahabat sudah gundul dan perlu penggantian.

Salah satu cara yang bisa dilakukan dalam merawat adalah dengan cara melakukan rotasi ban. Rotasi ban disebut-sebut sebagai cara paling aman yang bisa menjaga keawetan ban. Untuk membuat ban awet dan selalu terlihat menarik, sahabat juga bisa menyemir ban dengan cairan khusus untuk membersihkan ban yang banyak tersedia di pasaran.

2. Bearing

Bearing adalah salah satu komponen yang bekerja untuk menjadi bantalan roda. Bearing sangat mempengaruhi perputaran roda, oleh karenanya bearing membutuhkan perawatan yang baik. Bearing juga berpengaruh pada stabilisasi mobil sahabat, lho.

Jika sahabat mengalami rasa tidak nyaman pada bagian roda, alangkah baiknya sahabat mendongkrak mobil, kemudian memutar roda secara manual satu persatu.

Jika terjadi masalah pada bearing, biasanya ditandai dengan suara gemuruh yang timbul ketika roda diputar secara manual. Solusinya adalah sahabat harus segera mengganti bearing mobil sahabat supaya perputaran roda terjaga dan stabil.

3. Bushing Arm

Bushing arm adalah bagian kaki mobil yang memiliki fungsi sebagai titik tumpu roda. Bushing arm bekerja untuk meredam getaran yang muncul pada sambungan antar komponen suspensi pada bagian kaki-kaki mobil.

Jika mobil sahabat mengalami masalah pada bagian ini, akan timbul suara bising yang mengganggu. Selain itu, dengan kerusakan yang terjadi pada bagian bushing arm, kegiatan berkendara sahabat pasti tidak akan nyaman.

Masalah yang timbul pada bagian ini ditandai dengan laju mobil yang melenceng saat dikendarai, baik ke arah kanan, maupun ke arah kiri. Bila mobil sahabat mengalami hal semacam itu, tandanya bushing arm pada mobil sahabat harus segera diperbaiki.

4. Shockbreaker

Salah satu hal penting yang berfungsi sebagai peredam guncangan dalam mengendarai mobil adalah shockbreaker. Shockbreaker adalah sebuah alat peredam guncangan yang memberikan kenyamanan berkendara terutama di jalan-jalan rusak atau bergelombang.  (ini tips merawat shockbreaker supaya awet )

Sebagai salah satu komponen kaki-kaki mobil yang terbilang penting, shockbreaker membutuhkan perhatian dan perawatan yang baik. Selain meredam guncangan dari jalan yang rusak dan bergelombang, kondisi shockbreaker yang buruk akan membuat mobil terasa limbung saat dikendarai dengan kecepatan yang cukup tinggi. Tidak mau kan kenyamanan berkendara sahabat terganggu?

Nah, itu dia bagian kaki-kaki mobil yang wajib sahabat perhatikan. Segera lakukan servis jika salah satu gejala yang telah dijelaskan di atas timbul pada saat sahabat mengendarai mobil kesayangan sahabat.

Kerusakan pada salah satu bagian di atas tentunya akan sangat berpengaruh pada kenyamanan berkendara sahabat. Kaki-kaki pada umumnya memiliki usia kurang lebih lima tahun, jika kurang dari itu, mungkin ada yang salah dari cara berkendara Sahabat.

Baca juga : Hal yang Harus Dipahami Mengenai Penentuan Tekanan Ban Mobil


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mengulas Cara Kerja Rem ABS pada Mobil Secara Detail

2021-01-14

Rem merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk mengendalikan laju kendaraan roda empat. Maka dari itu, banyak perusa

thumbnail

4 Ciri yang Menandakan Cross Joint Mobil Sudah Rusak

2021-01-06

Cross joint atau joint kopel berfungsi sebagai penghubung dua as yang tidak segaris sumbu. Pada dasarnya, semua kendaraan bermotor akan memiliki komponen s

thumbnail

Akibat Saringan Udara Mobil Kotor Dan Tidak Dibersihkan

2020-12-07

Dapur pacu mobil menggunakan prinsip pengubahan energi panas menjadi energi gerak. Energi inilah yang akan menggerakkan roda. Dal

thumbnail

Perbedaan Camshaft dan Crankshaft pada Mobil, Wajib Tahu!

2024-01-15

Ketika berbicara mengenai kepala silinder mesin tentu berkaitan dengan komponen lainnya seperti camshaft dan crankshaft. Kedua komponen tersebut kerap kali membuat b