Logo Daihatsu
Menu

Ciri-ciri Velg Mobil Penyok, Cara Merawat, dan Memperbaikinya

Otomotif

2021-03-02

velg penyok

Ban mobil dan velg menjadi komponen penting yang harus dijaga fungsinya. Ya, pada setiap mobil roda empat atau lebih, velg harus berfungsi baik agar bisa menopang beban kendaraan secara optimal. Jika ada komponen velg yang rusak, roda kendaraan akan tidak akan bisa berfungsi dengan baik sehingga dan bisa membahayakan keselamatan.

Kerusakan velg mobil yang paling sering terjadi adalah velg penyok, peyang, retak, atau pecah. Jika ada bagian velg yang rusak, sebaiknya sahabat tidak mengabaikannya. Ya, meskipun bentuknya hanya berubah sedikit, efeknya bisa terasa saat berkendara. Dampak yang paling berbahaya adalah kendali mobil yang jadi tidak terkendali.

Jenis velg ban mobil

Bagi yang baru pertama kali punya masalah velg kendaraan, ada beberapa hal yang bisa diperhatikan untuk mengetahui perbedaan jenis velg. Mungkin sudah waktunya juga untuk mengganti velg ban mobil yang telanjur rusak. Melansir dari detik.com, jenis velg mobil terbagi menjadi tiga jenis berdasarkan cara pembuatan berikut ini.

1. Velg casting

Biasanya, jenis velg ini dibuat dari bahan alumunium yang dilelehkan dan dicetak. Selain bahan alumunium, velg casting juga ditambahkan dengan bahan lain yang bisa memperkuat struktur bahannya. Campuran bahan tersebut ditambahkan pada saat proses molding untuk selanjutnya dicetak satu per satu.

2. Velg flow form

Mirip seperti proses pembuatan velg casting, velg flow form juga melalui tahap pencetakan (molding). Namun, kekuatan velg ini lebih tangguh karena ada tahap lanjutan berupa pemanasan dan pengepresan ulang agar velg menjadi lebih padat.

3. Velg forge

Nah, jenis velg terakhir adalah jenis velg yang dinilai paling bagus ketimbang jenis velg lainnya. Proses pembuatan velg ini berasal dari sebongkah material alumunium murni yang dibuat tanpa campuran bahan lain. Berbeda dengan jenis velg lain yang proses pembuatannya dicetak, velg forge dibuat dengan cara ditempa.

Jika sahabat sudah memperhatikan beberapa faktor di atas saat membeli velg, seharusnya usia velg yang dipakai bisa awet. Namun, sahabat sebaiknya tidak langsung menyalahkan pabrikan jika velg rusak. Ya, ada beberapa faktor yang juga bisa merusak velg, terutama saat penggunaan kendaraan sembarangan atau tidak sesuai ketentuan.

Tips merawat velg ban mobil agar tidak mudah penyok

Velg mobil berfungsi sebagai penopang bobot kendaraan sehingga kerusakannya bisa sangat berpengaruh pada performa kendaraan saat dipakai. Terlebih lagi pada mobil, velg harus kokoh dan terawat. Velg mobil penyok merupakan kerusakan velg yang sering dianggap sepele, padahal cukup membahayakan. Karena itu, simak cara merawat velg mobil dengan tips berikut.

1. Berhati-hati saat mengendarai mobil

Meskipun melaju di lintasan yang lurus dan terlihat mulus, sebaiknya sahabat tetap berhati-hati, ya. Selain perlu memperhatikan batas kecepatan maksimal saat melaju di jalan raya, sahabat juga harus berhati-hati jika ada jalanan yang rusak atau berlubang.

Jika tidak berhati-hati, roda mobil bisa terbentur jalanan dan mengakibatkan velg penyok atau bahkan pecah. Belum lagi jika dalam keadaan hujan, hati-hati saat melewati genangan air, ya. Hal ini akan meminimalisasi kemungkinan adanya velg yang penyok karena benturan keras.

2. Selalu periksa tekanan ban

Velg dan ban menjadi komponen mobil yang saling berpengaruh satu sama lain. Ya, karena itulah tekanan ban mobil juga harus diatur dan diberikan cukup angin. Jika tekanan angin ban berkurang, segera beri tambahan angin agar laju roda mobil tetap optimal. Selain bisa menjaga velg tetap berfungsi optimal, laju kendaraan juga akan lebih nyaman, deh.

3. Cuci velg dengan benar

Melihat mobil kotor setelah digunakan berkendara memang tidak nyaman. Namun, sahabat harus tetap berhati-hati saat membersihkan velg mobil, ya. Apakah sahabat tahu bahwa velg mobil bisa rusak jika sering dicuci dalam keadaan panas? Yap, suhu panas bisa membuat velg berjamur dan mengubah bentuknya menjadi penyok.

Jadi, sahabat sebaiknya membiarkan dulu suhu mobil untuk beberapa saat hingga suhunya normal. Setelah itu, barulah bersihkan ban dan velg dengan menggunakan air dingin. Cara ini bisa meminimalisasi kemungkinan velg penyok dan rusak.

4. Periksa velg mobil dengan rutin

Nah, sebaiknya sahabat juga selalu memeriksa velg mobil dengan rutin. Perhatikan bagian-bagian velg yang tersembunyi dan pastikan tidak ada bagian yang retak atau bahkan penyok. Jika tidak diperhatikan dengan baik, sahabat bisa saja tidak menyadari ada kerusakan yang terjadi pada velg. Jadi, periksalah secara berkala, ya!

5. Segera perbaiki jika ada kerusakan

Bagaimana jika velg tetap rusak, padahal sudah dirawat dengan baik. Tenang, velg mobil yang penyok atau retak bisa diperbaiki, kok. Namun, hal ini tergantung kerusakan pada velg mobil. Jika kerusakannya ringan, sahabat bisa langsung membawanya ke bengkel atau bahkan bisa diperbaiki sendiri. Hal yang penting adalah segera memperbaiki kerusakannya.

Cara memilih velg mobil agar tidak cepat penyok

Sekarang, sahabat pasti ingin punya velg yang awet dan tidak cepat penyok. Ya, kalau sudah punya velg yang bagus, sahabat jadi tidak perlu repot untuk memperbaiki atau mengganti. Nah, berikut ini tips untuk memilih velg mobil yang tidak cepat penyok.

Pilih ukuran diameter velg yang tepat

Modifikasi velg mobil bisa saja dilakukan sesuai selera, tapi penting untuk memilih ukuran yang tepat, ya. Jika hanya memilih dari segi tampilan, bisa saja velg yang dipilih tidak sesuai dengan ukuran velg standar. Biasanya, ukuran maksimal yang aman dipakai untuk modifikasi velg adalah 2 inci lebih besar agar tidak menghimpit spakbor.

Perhatikan jumlah beban maksimum

Karena fungsi velg yang sangat krusial dipakai untuk mobil, perhatikan beban maksimal dari penggunaan velg. Ya, biasanya setiap velg sudah diatur untuk dapat menopang jumlah beban tertentu. Jika velg yang dipilih terlalu kecil, penggunaan velg bisa membahayakan penggunaan mobil saat sedang dikendarai.

Uji velg terlebih dahulu sebelum membeli

Sahabat juga bisa mengecek terlebih dahulu kualitas velg sebelum memutuskan untuk membeli, loh. Ya, ada cara mudah untuk mengecek kualitas velg yaitu dengan menggantungnya menggunakan karet, lalu pukul dengan obeng. Pastikan memilih velg yang kualitasnya bagus agar tidak mudah penyok atau rusak.

Nah, cara paling sederhana bisa diidentifikasi dari bunyi dengung velg saat dipukul. Jika terdengar halus dan lama, artinya velgnya bagus. Namun, bunyi velg dengan dengung keras dan singkat biasanya terbuat dari material dan pemrosesan yang buruk.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa sahabat pertimbangkan saat memilih velg mobil. Untuk mencegah velg mobil penyok, sahabat perlu memilih kualitas velg yang bagus, merawatnya dengan baik, dan segera diperbaiki jika ada kerusakan. Jadi, pastikan untuk beli velg yang berkualitas dan menjaga penggunaan velg agar lebih awet dipakai dan tidak cepat penyok.

Penulis : Rizkita Darajat


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Dasar dan Peraturan Pajak Kendaraan Bermotor

2020-11-17

Memiliki kendaraan bermotor harus siap menanggung pajak yang wajib dibayarkan setiap tahun. Baik motor ataupun mobil, keduanya punya dasar pengenaan dan memiliki tarif pajak sesuai ketentuan yang b

thumbnail

Jarang Terbongkar, Ini Rahasia Pedagang Mobil Bekas biar Untung Besar

2020-11-21

Jual beli mobil bekas terlihat sebagai bisnis yang menjanjikan. Bahkan saat pandemi Covid-19 saja, peminat mobil bekas mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Tak heran jika saat i

thumbnail

Seperti Inilah Prinsip Kerja Rem Mobil

2020-11-17

Prinsip kerja rem mobil a

thumbnail

Ini Dia Komponen Mobil yang Membutuhkan Servis Berkala

2021-02-18

Mobil sebagai kendaraan yang sahabat gunakan sehari-hari baik jarak dekat maupun jarak jauh, tentunya membutuhkan perawatan rutin. Bagaimana tidak? Dengan penggunaan mob