Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Cuci Mobil Pagi dan Malam, Lebih Disarankan
27 Mei 2022
Cuci Mobil Pagi dan Malam

Mencuci mobil menjadi sebuah keharusan untuk Anda pemilik kendaraan roda empat. Mencuci mobil sudah termasuk ke dalam perawatan kendaraan yang hukumnya wajib. Sebagian orang yang masih awam masih kebingungan kapan waktu yang tepat untuk mencuci mobil. Cuci mobil pagi dan malam, lebih disarankan. Apakah Anda penasaran mengapa hal tersebut dapat terjadi, apa penyebabnya?

Manfaat Mencuci Mobil Pagi dan Malam

Tujuan dari mencuci mobil secara umum yakni supaya mobil Anda terlihat bersih hingga nyaman untuk digunakan serta dipandang. Namun, perlu Anda ketahui. Manfaat mencuci mobil tidak hanya itu saja. Penasaran apa saja manfaatnya? Berikut ini sedikit ulasannya yang wajib Anda simak sampai habis.

1. Menjaga kesehatan pengemudinya

Siapa sangka rutin mencuci mobil ternyata mampu meningkatkan kesehatan pengemudi serta penumpangnya? Hal ini karena kotoran yang hinggap di dalam mobil selalu dibersihkan. Kotoran yang menumpuk di dalam mobil pasti akan membawa bakteri. Namun jika mobil rutin dibersihkan, baik pengemudi maupun penumpang akan terhindar dari bakteri yang merugikan.

2. Menjamin keselamatan

Kebersihan kaca mobil tentunya sangat penting bagi pengemudi. Kaca mobil yang telah lama tidak dibersihkan tentu mengalami penurunan kualitas. Hal ini bisa berpengaruh pada keselamatan pengemudi dan penumpang pastinya. Kaca mobil merupakan bagian tubuh mobil yang sangat vital, apalagi untuk pengemudi.

3. Menjaga komponen mobil

Seperti yang Anda tahu, komponen mobil sebagian besar terbuat dari besi alumunium. Besi alumunium bisa berkarat dan lapuk, itu adalah kelemahan dari bahan tersebut yang pasti sudah banyak diketahui. Lalu bagaimana cara mengatasi kelemahan tersebut? Jawabannya adalah membersihkan material tersebut secara rutin.

4. Meningkatkan nilai jual

Manfaat lainnya dari cuci mobil pagi dan malam adalah menambah nilai jual mobil tersebut. Tingkat kebersihan mobil menjadi salah satu potensi agar mobil laku di pasaran. Siapa sangka mobil yang kebersihannya menjamin bisa mengalami kenaikan harga. Pastinya pembeli lebih tertarik dengan mobil yang bersih dibandingkan yang tidak dirawat.

5. Menentukan kesan terhadap pemilik mobil

Ternyata, kebersihan mobil juga menentukan kesan terhadap pemiliknya. Bayangkan saja jika mobil yang Anda miliki sudah lama tidak dicuci, serta tidak terawat. Pastinya pandangan orang-orang terhadap Anda akan kurang baik. Sebaliknya, jika Anda rajin cuci mobil pagi dan malam beberapa minggu sekali, pandangan orang terhadap Anda akan positif. Selain itu, mobil Anda akan lebih nyaman dipandang saat parkir bersama mobil lainnya.

6. Kebanggaan

Bagi sebagian orang, mobil menjadi benda yang selalu dibanggakan. Biasanya tidak hanya mobil, jam tangan mewah, rumah, dan properti lainnya pun termasuk ke dalamnya. Tentu Anda akan ingat usaha seperti apa yang Anda lakukan untuk mendapatkan mobil impian Anda. Anda akan merasakan kebanggaan tersendiri begitu melihat hasil kerja keras Anda terawat dengan baik.

Baca Juga:  4 Hal yang Mesti Diperhatikan Saat Mencuci Mobil Kesayangan

Waktu yang sangat pas untuk mencuci mobil adalah pagi dan malam hari, sahabat. Mengapa demikian? Hal ini karena pagi pada pagi hari, suhu udara lebih sejuk, berbeda dengan siang hari yang panas serta terik. Mencuci mobil di siang hari tidak disarankan karena air bodi mobil lebih cepat mengering, hal ini menyebabkan terjadinya oksidasi.Terjadinya oksidasi pada air bodi mobil ini rupanya dapat merusak cat mobil, sahabat.

Untuk memperoleh informasi menarik seputar mobil lainnya, Anda dapat mengunjungi website kami Daihatsu.

Tips Sahabat Lainnya
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor