Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Daihatsu Charade Apakah Sudah Power Steering? Ini Jawabannya
21 Desember 2023
Daihatsu Charade Apakah Sudah Power Steering? Ini Jawabannya

Memahami Daihatsu Charade apakah sudah power steering atau belum sangatlah perlu. Terutama, jika Anda ingin memiliki mobil dengan nuansa klasik namun disertai dengan fitur power steering. Daripada Anda bertanya-tanya terus? Yuk ketahui jawaban selengkapnya dengan memperhatikan ulasan berikut. 

Apakah Daihatsu Charade Sudah Power Steering? 

Bicara mengenai mobil sedan atau hatchback dengan nuansa klasik di Indonesia, tentu Daihatsu Charade juaranya. Meski terbilang klasik, mobil ini dinilai memiliki fitur yang lebih modern daripada masanya. Bahkan bisa dibilang sebagai cikal bakal mobil sedan atau hatchback modern dari Daihatsu yang mengusung DNGA (Daihatsu New Global Architecture).

Di Indonesia sendiri, Daihatsu Charade sangat diminati oleh masyarakat Indonesia sehingga ada beberapa tipe yang dipasarkan. Namun, jika dilihat dari klasifikasi jenis mobil, Daihatsu Charade dibagi menjadi dua, yakni jenis hatchback (Charade Winner) dan jenis sedan (Charade Classy). 

Jika ditanya, apakah Daihatsu Charade sudah power steering? Jawabnya iya. Penggunaannya power steering pada Daihatsu Charade tentunya sudah dipikirkan dengan matang oleh pabrikan Daihatsu. Sebab power steering memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut.

1. Mudah dikendalikan

Mobil yang dilengkapi dengan power steering, tentu lebih mudah dikendalikan daripada mobil yang hanya menggunakan sistem kemudi manual. Hal tersebut dapat dilihat ketika mobil sedang berbelok pada laju kecepatan rendah. Dengan menggunakan power steering, pengemudi dapat memutar setir dengan mudah dan ringan tanpa perlu tenaga yang besar. Hal tersebut sangat diperlukan oleh para pengemudi ketika hendak memarkir mobil, ataupun kondisi mobil berbelok saat jalanan macet. 

2. Lebih responsif

Selain mudah dikendalikan, power steering juga membuat setir mobil menjadi lebih responsif. Hal tersebut terjadi karena power steering memanfaatkan tekanan elektrik atau tekanan hidrolik saat bekerja. Kondisi ini membuat manuver mobil menjadi lebih sempurna karena sangat presisi. Dengan begitu mobil dapat bermanuver dengan lancar tanpa adanya hambatan. 

Sedangkan pada mobil dengan sistem kemudi manual, manuver mobil ditentukan oleh besar kecilnya tenaga pengemudi ketika memutar setir. Hal tersebut tentu sangat mengurangi kenyamanan berkendara terutama di saat situasi yang memerlukan manuver cepat. 

3. Mobil bisa digerakkan meskipun kondisi mesin mobil mati

Keunggulan power steering selanjutnya, mobil bisa Anda gerakkan meskipun kondisi mesin mobil mati. Keunggulan ini dapat memudahkan pengemudi ketika hendak memarkir mobil dengan cepat di ruangan yang sempit. Kondisi tersebut tentunya tidak dapat dilakukan pada mobil dengan sistem kemudi manual. 

Baca Juga : Apa Itu Power Steering Pada Mobil? Ini Fungsi dan Jenisnya!

Tips Merawat Power Steering Agar Tidak Mudah Rusak

Agar power steering mobil Anda selalu terawat dan tidak mudah rusak, maka Anda perlu mengetahui beberapa tips berikut.

  1. Memeriksa cairan power steering secara rutin dan berkala agar power steering tidak kekurangan cairan.
  2. Menghindari memutar setir mobil terlalu keras agar pompa power steering tidak patah.
  3. Menghindari genangan air ketika berkendara.
  4. Memastikan aki mobil dalam kondisi prima. Kondisi ini diperlukan apabila mobil yang Anda gunakan menggunakan electric power steering.
  5. Hindari memutar setir ketika memarkir mobil.
  6. Hindari memarkir mobil dalam keadaan berbelok.
  7. Memeriksa drive belt secara rutin karena apabila komponen ini longgar dapat menyebabkan aliran cairan pada pompa power steering terganggu.
  8. Servis mobil secara berkala di bengkel resmi Daihatsu.

Setelah mengetahui Daihatsu Charade sudah menggunakan sistem kemudi power steering. Apakah Anda hendak berniat membelinya? Jika benar, maka Anda perlu menyiapkan dana sebesar Rp31 jutaan hingga Rp100 jutaan tergantung kondisi dan tahun keluarannya. 

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
Rekomendasi merk cat mobil dengan kualitas bagus sehingga bisa bertahan lama memang selalu dibutuhkan oleh pemilik mobil hingga pecinta otomotif. Hal itu dikarenakan memiliki mobil dengan warna mengil
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Kabin yang senyap merupakan salah satu kebutuhan penting bagi para pemilik mobil untuk bisa mendengarkan audio berkualitas. Namun sayangnya, tidak semua mobil memiliki kabin yang senyap. Hanya mobil y

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku