Logo Daihatsu
Menu

Mengenal Sejarah, Spek, dan Keunggulan Daihatsu Charade Beserta Harganya

Otomotif

2021-03-15

daihatsu charade

Daihatsu merupakan salah satu pabrikan mobil asal Jepang yang bisa diandalkan. Selain harganya yang terjangkau, Daihatsu juga dikenal sebagai produsen mobil mungil sejak 1977. Sudah banyak seri mobil yang diluncurkan Daihatsu dan dipercaya sebagai mobil andalan di Indonesia. Salah satu produk andalannya yang sangat klasik adalah seri Daihatsu Charade.

Hingga saat ini, Daihatsu masih memproduksi mobil sedan yang irit dan juga diandalkan sebagai mobil keluarga. Ya, dengan perjalanannya yang cukup bersejarah di Indonesia, sahabat mungkin sudah tidak asing lagi dengan mereknya. Hingga saat ini juga banyak seri mobil klasik dari Daihatsu yang masih dicari konsumen untuk kebutuhan koleksi.

Sejarah Daihatsu Charade

Daihatsu Charade adalah mobil sedan dengan bodi dan sasis supermini pada tahun produksi 1977 – 2000. Apakah sahabat tahu bahwa Daihatsu Charade juga diproduksi di Tiongkok dengan merek dagang yang berbeda? Ya, Daihatsu Charade dikenal sebagai Xiali dan terdaftar dengan merek “China FAW” karena diproduksi oleh FAW Tianjin.

Pada World Rally Championship 1982, pabrikan mobil yang berpartisipasi dalam formula Group B harus memenuhi regulasi baru. Pabrikan mobil harus membuat mobil dengan batas berat minimum dan ukuran mesin yang ditentukan. Saat itu, Daihatsu ikut terjun di kelas 1.300 cc dengan Daihatsu Charade-nya.

Setelah seri pertama Daihatsu Charade G10 dijual pada 1977, generasi kedua Daihatsu Charade CX G100 dibuat dengan bodi yang lebih modern pada 1988. Generasi terakhir Daihatsu Charade G102 menjadi basis Daihatsu Charade Winner dan Daihatsu Charade Classy yang diproduksi hingga 1998, tepatnya berakhir pada krisis ekonomi.

Daihatsu Charade Turbo seri G11R menjadi salah satu versi mobil sedan yang lebih bertenaga, tapi unitnya sangat jarang. Perbedaan versi Turbo G11R adalah penggunaan mesin CB60 Turbo keluaran IHI dengan tenaga yang dihasilkan hingga 5.500 rpm.

Fitur dan Spesifikasi Daihatsu Charade

Selama tujuh tahun diproduksi di Indonesia, Daihatsu Charade dikeluarkan dalam beberapa seri dengan fitur dan spesifikasi berbeda. Nah, berikut inilah spesifikasi dan fitur Daihatsu Charade yang rilis dan menjadi produk ikonik Daihatsu hingga saat ini.

Daihatsu Charade G10

Sebagai generasi pertama yang muncul, hal yang paling ikonik dari mobil ini adalah dua lampu bulat di bagian depannya. Daihatsu Charade G10 di Indonesia memiliki empat pintu penumpang, berbeda dengan versi di negara Asia lain yang hanya dua pintu.

Daihatsu Charade G10 menggunakan sistem bahan bakar karburator dengan mesin CB-10 993 cc dengan konfigurasi 3 silinter. Tenaga yang dihasilkan mobil ini bisa mencapai 55 Ps pada 55 rpm dan torsi 77 Nm @ 2800 rpm. Mobil ini menggunakan transmisi manual 4 speed dengan wheelbase 2.300 mm.

Daihatsu Charade G20

Mobil yang diproduksi sekitar 1983 ini memiliki tampilan yang lebih segar, biarpun Daihatsu hanya menambahkan sedikit sentuhan. Bagian bodinya memang masih terkesan serupa sampai sahabat melihat pada bagian lampu depannya. Pembaruan pada bagian spion sehingga versi Daihatsu Charade menjadi lebih sempurna. Selain itu, spesifikasi Daihatsu Charade G20 masih menggunakan jeroan spek mesin yang sama dengan G10.

Daihatsu Charade G11/CS

Tipe mobil ini adalah versi yang masih mudah dicari dengan perawatan yang mudah. Nah, berbeda dengan seri-seri sebelumnya Daihatsu Charade CS memiliki bodi gemuk dengan tampilan depan yang lebih modern. Bagian depan mobil yang memiliki jenis lampu kotak disandingkan dengan griller sarang lebah. Seri Daihatsu Charade G11/CS menggunakan mesin CB23 yang bisa menghasilkan tenaga 52 Ps @5600 rpm dan torsi 75 Nm @3200.

Daihatsu Charade Turbo

Perbedaan seri mobil Daihatsu Charade Turbo adalah bagian jeroan mesin CB23 dengan turbo IHI. Kekuatan besar yang dimiliki mobil ini membuat Daihatsu Charade Turbo menjadi mobil mungil bertenaga besar. Meskipun tampilan fisiknya tidak jauh berbeda dengan seri G11, tambahan jeroan mesin membuat banyak orang tetap mengincarnya. Namun, mobil ini karena sudah sangat jarang di pasaran sehingga butuh usaha keras untuk mencarinya

Kelebihan Daihatsu Charade

Sebagai salah satu mobil sedan favorit, Daihatsu Charade tentu memiliki keunggulan yang dinanti oleh para peminatnya. Selain memberikan kesan trendi, sahabat juga bisa menikmati berbagai keunggulan dari Daihatsu Charade berikut ini.

1. Akselerasi baik

Di balik bodinya yang mungil, Daihatsu Charade mampu menghasilkan tenaga hingga 4.000 rpm dengan kapasitas mesin 1.300 cc. Mobil mungil ini dapat berlari kencang berkat bobotnya yang hanya 800 kg. Akselerasi mobil sedan ini sangat baik sehingga jadi andalan para pecinta otomotif yang ingin memiliki mobil trendi.

2. Irit bahan bakar

Saat ingin membeli mobil, sahabat pasti mempertimbangkan penggunaan bahan bakar sebagai hal utama. Hal ini juga jadi keunggulan Daihatsu Charade yang jadi favorit semua pengguna. Mobil Daihatsu Charade dibekali dengan mesin 1.300 cc dengan penggunaan 4 silinder 16 garis yang sekatup. Pembakaran mesinnya lebih efektif dan membuat irit bahan bakar, deh. Tidak heran kalau mobil ini juga cocok untuk penggunaan keluarga.

3. Jaminan sparepart

Sebagai salah satu pabrikan mobil yang tepercaya, Daihatsu juga menyediakan berbagai suku cadang resmi untuk Daihatsu Charade. Komponen suku cadangnya mudah didapatkan sehingga para pengguna tidak perlu kesulitan jika memerlukan penggantian. Jadi, penggunaan mobil akan lebih tahan lama dengan penggantian komponen resmi.

4. Perawatan mesin murah

Kemudahan mencari suku cadang mesin juga akan ikut berpengaruh pada biaya perawatan mesin. Sahabat tidak perlu mencari suku cadang yang mahal dan langka dengan biaya pemasangan mahal. Dengan berbagai kemudahan dari pabrikan Daihatsu, mobil ini akan awet untuk digunakan dalam waktu lama dan mudah dirawat mesinnya.

5. Harga terjangkau

Pada masanya, Daihatsu Charade dibanderol dengan kisaran harga Rp20 – 40 jutaan. Tak hanya menarik bagi para pecinta otomotif yang ingin tampil trendi, mobil sedan ini memang menggiurkan banyak pengguna kendaraan di dalam kota. Berbagai keunggulan mesin mobil sedan ini membuat harganya terjangkau untuk penggunaan jangka panjang.

Harga Daihatsu Charade Baru dan Bekas

Sahabat yang memiliki mobil legendaris ini mungkin punya dua pilihan yaitu merawat dan mempertahankan atau menjual dengan harga mobil bekas. Harga baru Daihatsu Charade pada saat masih diproduksi pada era 90-an adalah Rp20 – Rp40 jutaan. Namun, sekarang harga Daihatsu Charade bekas bisa lebih tinggi dari harga beli karena kelangkaannya.

Bagi sahabat yang ingin membeli atau menjual seri Daihatsu Charade bekas, berikut ini kisaran harga berdasarkan tahun produksinya.

Harga Daihatsu Charade bekas (1997) Rp 44 juta

Harga Daihatsu Charade bekas (1996) Rp 26 juta

Harga Daihatsu Charade bekas (1995) Rp 31 juta

Jika dari serinya, kisaran harga Daihatsu Charade bekas saat ini berkisar dari harga Rp13 – Rp135 jutaan. Kisaran harga ini tentu akan sangat dipengaruhi oleh kondisi mobil dan tambahan aksesorisnya.

Jika sahabat berminat untuk mendapatkan Daihatsu Charade ini, sebaiknya sahabat benar-benar melakukan perawatan yang tepat. Selain itu, sahabat juga perlu mengetahui kondisi mobil dengan baik agar tidak salah mendapatkan harga yang tepat.

Penulis : Rizkita Darajat


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

STNK Diblokir ETLE? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

2023-11-17

Penerapan ETLE sebagai sistem tilang terbaru saat ini sudah merata di Indonesia. Meski sistem tilang ETLE tidak langsung menyertakan polisi lalu lintas di jalanan se

thumbnail

Cara Membaca Avometer dengan Benar

2021-01-04

Avometer termasuk salah satu perangkat yang membantu Anda mengetahui besaran listrik yang ada pada rangkaian baik arus, tegangan, maupun nilai hambatan. 

thumbnail

8 Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

2023-01-06

Anda pasti pernah mengalami mesin mobil tiba-tiba cepat panas ketika dikendarai. Apabila kondisi tersebut terjadi pada mobil Anda, maka dipastikan mobil Anda sedang

thumbnail

Penyebab Oli Mobil Berkurang & Cara Mengatasinya

2022-08-16

Apakah Anda pernah mengalami oli mesin mobil berkurang secara tiba-tiba meski jarang menggunakan mobil. Lalu apa penyebab oli mobil berkurang tersebut dan bagaimana cara mengatasin