Logo Daihatsu
Menu

Deretan Interior Mobil yang Perlu Dibersihkan Setelah Perjalanan Mudik

Otomotif

2022-05-06

membersihkan interior mobil setelah mudik

Mudik lebaran merupakan salah satu kesempatan untuk kumpul bersama keluarga. Kendaraan yang digunakan untuk mudik haruslah dalam kondisi yang prima agar selamat sampai tujuan. Setelah mudik memungkinkan kendaraan khususnya mobil dalam kondisi yang cukup kotor.

Tidak hanya bagian luar mobil saja yang kotor, namun bagian interiornya juga. Perjalanan mudik memang membutuhkan waktu yang tidak singkat. Apalagi semua aktivitas banyak dilakukan di dalam mobil, wajar saja jika bagian Anda perlu membersihkan interior setelah mudik.

Lakukan Hal Ini untuk Membersihkan Interior Setelah Mudik

Membersihkan mobil bisa dilakukan dengan cukup mudah. Terdapat banyak cara mudah yang bisa Anda lakukan agar interior mobil bisa kembali bersih. Inilah beberapa komponen interior yang perlu dibersihkan pasca mudik.

Dasbor Mobil

Bagian yang perlu dibersihkan adalah dasbor mobil. Dasbor mobil lebih memungkinkan terlihat kotor akibat debu dan juga kotoran. Untuk membersihkan dasbor mobil memanglah tidak terlalu sulit. Cukup bersihkan debu yang menempel menggunakan kemoceng atau sapu kecil.

Jika terdapat sisa kotoran yang menempel, bisa menggunakan lap yang sudah dibasahi terlebih dahulu. Campurkan juga sabun agar debu dan kotoran yang membandel bisa segera menghilang.

Jok Mobil

Membersihkan interior setelah mudik yang paling penting adalah bagian jok mobil. Terlebih lag saat Anda membawa anak kecil saat melakukan perjalanan. Mungkin saja bagian jok mobil terkena tumpahan sisa makanan yang menjadikan terlihat kotor. Jika sudah begini, maka haruslah segera dibersihkan agar noda dapat menghilang.

Bersihkan bagian jok mobil menggunakan vacuum cleaner ataupun kain lap basah dengan bahan yang halus. Sedot debu yang menempel terlebih dahulu, khususnya pada sela jok. Kemudian gosok dengan lembut permukaan jok menggunakan lap basah tersebut.

Bagian Plafon

Bagian plafon mobil juga jangan lupa untuk dibersihkan. Pada saat membersihkan plafon, maka siapkan cairan pembersih khusus dengan kain lap microfiber dengan bahan yang halus. Cairan untuk membersihkan bagian plafon memang tidak boleh dipilih secara asal-asalan.

Bagian plafon yang terbuat dari wol ini seringkali tidak cocok dengan campuran air biasa. Justru bisa saja membuat plafon mobil menjadi rusak dna tampilannya kurang menarik. Untuk itu pilihlah cairan khusus untuk membersihkan bagian plafon mobil.

Bagian Karpet

Bagian terakhir yang perlu dibersihkan setelah mudik adalah karpet. Karpet yang ada di mobil memang harus sering dibersihkan karena rawan terkena kotoran dan debu dari alas kaki Anda. Tenang saja, untuk membersihkan karpet di dalam mobil sangatlah mudah untuk dilakukan. Cukup angkat karpet tersebut dan keluaran dari mobil.

Jangan lupa untuk menggoyang-goyangkan karpet tersebut agar semua debu dan kotoran yang menempel bisa terlepas semua. Setelah itu, siapkan air dan sikat untuk mengangkat kotoran yang masih membandel. Lalu karpet tersebut bisa digosok menggunakan sikat agar semua kotoran terangkat. Gunakan sabun agar lebih mudah untuk mengangkat kotoran.

Itulah beberapa komponen interior yang perlu dibersihkan setelah mudik. Jangan menunda waktu untuk membersihkan mobil Anda. Hal tersebut justru bisa membuat kotoran menempel dan susah untuk dibersihkan. Tentunya hal seperti ini jangan sampai terjadi, karena bisa saja menyusahkan Anda.

Membersihkan interior setela mudik memang wajib dilakukan. Semakin cepat dilakukan, maka semakin mudah untuk membersihkannya. Tentunya jangan lupa untuk melakukan service mobil secara rutin di dealer terdekat. Dapatkan informasi bermanfaat lainnya dari kami.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail
New

5 Penyebab Lampu Jauh Mobil Tidak Nyala

2022-05-06

Lampu mobil untuk menyorot jarak jauh sering kali dibutuhkan di saat darurat, seperti meminta jalan atau memberi tanda bahwa sedang dalam kecepatan tinggi. 

thumbnail
New

Cara Mudah Mengetahui Fan Belt Harus Diganti Baru

2022-05-06

Setiap komponen yang ada pada kendaraan pastinya memiliki fungsi tertentu. Bahkan setiap komponen ini memiliki masa kadaluarsa. Hal seperti ini juga berlaku pada kompone

thumbnail
New

Bahaya Bila Suhu Rem Cakram Mobil Terlalu Panas

2022-05-06

Pada saat berkendara, sudah seharusnya Anda memeriksa semua komponen mobil. Terlebih lagi fungsi remnya haruslah bisa bekerja secara optimal. Rem mobil haruslah pakem ag

thumbnail
New

Fungsi Mobil SUV Beserta Kelebihannya

2022-05-06

Fungsi Mobil SUV Beserta Kelebihannya - Salah satu jenis mobil yang kini tengah digandrungi adalah mobil Sport Utility Vehicle alias SUV. Mobil ini seperti sebuah offroa