Logo Daihatsu
Menu

Deretan Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2020

Family

2021-01-12

ipb

Universitas terbaik di Indonesia adalah tempat impian para anak SMA yang akan lulus dari SMA dan menuju ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Penulis yakin, Sahabat sejak kelas 11 SMA sudah menata rencana kira-kira mau kuliah di mana.

Banyak sekali universitas yang ada di Indonesia. Bahkan banyak anak yang rela berkelana ke luar pulau demi mendapatkan universitas terbaik yang bisa dia dapatkan. Misalkan orang Sulawesi rela ke Jawa hanya untuk kuliah di UI, ITB, atau IPB.

Berikut ini adalah beberapa universitas terbaik di Indonesia tahun 2020 menurut Dirjen Dikti Kemendikbud. Kira-kira universitas impianmu masuk juga kah Sahabat dalam daftar berikut?

1. Institut Pertanian Bogor (Skor 3.648)

Siapa yang tidak kenal Institut Pertanian Bogor (IPB). Dari namanya sudah jelas fokus besarnya adalah di teknik yang berhubungan dengan pertanian. Namun, buat Sahabat yang ingin mencoba kuliah di IPB selain fakultas teknik ada loh. Di sana juga ada kedokteran, ilmu matematika dan ilmu alam, bisnis, dan sebagainya.

Singkatan: IPB

Didirikan: 1 September 1963

Lokasi: Bogor, Jawa Barat

2. Universitas Indonesia (Skor 3.414)

Selain IPB, universitas terbaik Indonesia yang menduduki posisi kedua adalah Universitas Indonesia (UI). Saya yakin jika Sahabat ingin masuk kedokteran, pasti inginnya bisa masuk kedokteran UI kan?

Singkatan: UI

Didirikan: 1849 (dengan nama Dokter-Djawa School Batavia) dan 1954 (dengan nama Universitas Indonesia) 

Lokasi: Depok, Jawa Barat

3. Universitas Gadjah Mada (Skor 3.315)

Posisi ketiga diduduki oleh Universitas Gadjah Mada (UGM). Kuliah di sini sangat diminati karena memang termasuk tiga besar Indonesia dan biaya hidup di Yogyakarta yang relatif murah dibandingkan tempat lainnya. Jurusan favorit di UGM yang paling diminati adalah kedokteran dan farmasi. 

Singkatan: UGM

Didirikan: 19 Desember 1949

Lokasi: Sleman, Yogyakarta

4. Universitas Airlangga (Skor 3.299)

Di posisi keempat, universitas terbaik di Indonesia diduduki oleh Universitas Airlangga (Unair). Universitas ini sangat populer di kalangan masyarakat Jawa Timur. Rata-rata yang ingin kuliah kedokteran, masuknya ya ke Unair. Selain kedokteran, farmasi juga termasuk jurusan favorit di Unair.

Singkatan: Unair / UA

Didirikan: 10 November 1954

Lokasi: Surabaya, Jawa Timur

5. Institut Teknologi Bandung (Skor 3.275)

Buat Sahabat yang ingin kuliah teknik, Sahabat harus ke Institut Teknologi Bandung (ITB). Lulusan ITB sangat banyak dikenal di dunia kerja. Tidak hanya itu sih, beberapa pendiri startup Bukalapak juga jebolan ITB.

Singkatan: ITB

Didirikan: 3 Juli 1920 (sebagai Technische Hoogeschool te Bandoeng) dan 2 Maret 1959 (sebagai Institut Teknologi Bandung)

Lokasi: Bandung, Jawa Barat

6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (Skor 3.218)

Jika Sahabat ingin kuliah di teknik namun tidak jauh-jauh dari Jawa Timur, Sahabat bisa memilih Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Fakultas yang favorit di sana adalah Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FTEIC / ELECTICS) dan Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan, dan Kebumian (FTSPK / CIVPLAN).

Singkatan: ITS

Didirikan: 10 November 1957

Lokasi: Surabaya, Jawa Timur

7. Universitas Hasanuddin (Skor 3.161)

Di posisi ketujuh ada Universitas Hasanuddin (Unhas). Universitas yang satu ini punya jurusan favorit antara lain: pendidikan kedokteran, kesehatan masyarakat, teknik sipil, dan farmasi. Untuk Sahabat yang berdomisili di Sulawesi, Unhas ini juga bisa menjadi pilihan tempat kuliah yang bagus.

Singkatan: Unhas

Didirikan: 10 September 1956

Lokasi: Kota Makassar, Sulawesi Selatan

8. Universitas Brawijaya (Skor 3.161)

Buat Sahabat yang berdomisili di sekitar Malang, Jawa Timur, Sahabat bisa memilih kuliah di Universitas Brawijaya (UB). UB ini merupakan universitas yang seringkali menang di perlombaan PKM yang dibuat oleh Dikti. Jurusan favorit di sana antara lain adalah agroekoteknologi, farmasi, kedokteran, dan teknik informatika.

Singkatan: UB

Didirikan: 5 Januari 1963

Lokasi: Malang, Jawa Timur

9. Universitas Diponegoro (Skor 3.111)

Untuk Sahabat yang berdomisili di Semarang, Sahabat bisa memilih Universitas Diponegoro (Undip). Awalnya, Undip ini bernama Universitas Semarang, lalu berubah menjadi Undip di tahun 1960. Jurusan favorit di Undip adalah kedokteran, ilmu gizi, teknik sipil, dan arsitektur.

Singkatan: Undip

Didirikan: 9 Januari 1957 (sebagai Universitas Semarang) dan 1960 (sebagai Universitas Diponegoro)

Lokasi: Semarang, Jawa Tengah

10. Universitas Padjadjaran (Skor 3.007)

Selain ITB, Sahabat bisa memilih kuliah di Universitas Padjadjaran (Unpad). Di Unpad, Sahabat bisa masuk ke beberapa jurusan favoritnya seperti kedokteran, psikologi, teknik informatika, dan farmasi.

Singkatan: Unpad

Didirikan: 11 September 1957

Lokasi: Bandung, Jawa Barat

11. Universitas Sebelas Maret (Skor 2.930)

Ketika mendengar UNS, pasti Sahabat berpikir bahwa UNS adalah Universitas Negeri Solo atau Universitas Semarang. Namun, yang benar adalah Universitas Negeri Surakarta, atau sekarang menjadi Universitas Sebelas Maret. Hal ini sangat wajar, seperti kebanyakan orang yang menyebut ITS sebagai Institut Teknologi Surabaya, padahal yang benar adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Bagi Sahabat yang tinggal di Surakarta (Solo), Sahabat bisa kuliah di sini yah. Jurusan yang favorit di UNS adalah kedokteran, hukum, farmasi, dan teknik sipil.

Singkatan: UNS

Didirikan: 11 Maret 1976

Lokasi: Surakarta, Jawa Tengah

12. Universitas Negeri Yogyakarta (Skor 2.908)

Selain UGM, di Yogyakarta Sahabat dapat memilih Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Jurusan favorit di UNY adalah pendidikan teknik informatika, pendidikan teknik sipil dan perencanaan, biologi, dan kimia.

Singkatan: UNY

Didirikan: 21 Mei 1964

Lokasi: Sleman, Yogyakarta

13. Universitas Andalas (Skor 2.860)

Jika Sahabat berdomisili di sekitar Sumatera Barat, Sahabat bisa berkuliah di Universitas Andalas. Jurusan favorit di Unand antara lain: farmasi, pendidikan dokter, dan peternakan.

Singkatan: Unand

Didirikan: 23 Desember 1955

Lokasi: Padang, Sumatera Barat

14. Universitas Sumatera Utara (Skor 2.792)

Di posisi ke-14, ada Universitas Sumatera Utara (USU). Jurusan favorit di USU antara lain: ilmu kesehatan masyarakat, agribisnis, dan farmasi.

Singkatan: USU

Didirikan: 20 November 1957 (Diresmikan) dan 20 Agustus 1952 (Hari Jadi/Dies Natalis)

Lokasi: Medan Sumatera Utara

15. Universitas Negeri Malang (Skor 2.747)

Selain UB, di Malang Sahabat bisa menemukan universitas terbaik Indonesia yaitu Universitas Negeri Malang (UM). Universitas ini terletak di dua tempat, pusatnya di Malang, dan cabangnya adalah di Blitar, Jawa Timur. Jurusan favorit UM antara lain: manajemen, pendidikan guru SD, psikologi, dan akuntansi.

Singkatan: UM

Didirikan: 18 Oktober 1954

Lokasi: Malang, Jawa Timur

Itulah 15 universitas terbaik di Indonesia yang bisa menjadi pilihan Sahabat dalam menentukan jenjang pendidikan Sahabat ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk bisa masuk ke universitas terbaik Indonesia tersebut, Sahabat harus banyak belajar, berjuang, dan berdoa. Jangan pernah patah semangat, karena Sahabat tidak akan tahu kemampuan Sahabat sampai mana sebelum Sahabat mencoba. Semoga sukses yah dan bisa masuk universitas terbaik Indonesia favorit Sahabat.

Penulis: Iskael


Tag

Family

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

15 Daftar Perabotan Rumah Tangga Minimalis Beserta Fungsinya

2021-01-22

Mengisi perabot rumah sering kali jadi hal yang gampang-gampang susah. Saat rumah masih kosong, sahabat mungkin juga merasa bingung menentukan barang yang pertama harus

thumbnail

7 Ciri Hubungan yang Harus Diakhiri dengan Pasangan

2021-03-12

Menjalin hubungan dengan seseorang memang bukan hal yang mudah. Tidak sedikit pasangan yang mengalami konflik hebat untuk beradaptasi dengan pasangan. Bukan tidak mungki

thumbnail

5 Pekerjaan di Bidang Sosial Media yang Menghasilkan Gaji Tinggi

2020-12-02

Sejak munculnya sosial media, seolah membuat semua orang tersihir untuk aktif dalam dunia online tersebut. Tak hanya digunakan sebagai alat sosialisasi online saja, namu

thumbnail

Cerita Inspiratif: Perjalanan Mewujudkan Mimpi Seorang Oprah Winfrey

2020-12-02

Ketika membicarakan mengenai sosok inspiratif maka rasanya tidak lengkap jika Kita tidak memasukkan Oprah Winfrey dalam cerita tersebut. Dikenal sebagai salah satu seleb