Logo Daihatsu
Menu

Efek Angin Palsu Di Sistem Pendingin Pada Mesin Mobil

Otomotif

2022-05-06

angin palsu di sistem pendingin mobil

Saat ini semua mobil keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan sistem pendingin. Adanya sistem pendingin ini sudah pasti bisa membuat penggunanya akan merasa nyaman saat berkendara.

Namun apa jadinya jika sistem pendingin mobil Anda mengalami kerusakan. Salah satu kerusakan yang bisa saja terjadi adalah adanya efek seperti angin palsu di sistem pendingin. Padahal di sistem pendingin ini tidak boleh ada angin palsu yang terjebak di dalamnya.

Efek Angin Palsu Di Sistem Pendingin Bisa Menyebabkan Overheat

Angin palsu yang terjebak di dalam sistem pendingin ternyata bisa menyebabkan mobil mengalami masalah yang cukup serius. Apalagi jika tidak mengalami overheat? Air radiator yang ada pada mobil sebagai media penghantar panas tidak bekerja secara maksimal untuk mendinginkan mesin.

Inilah yang menjadi penyebab mesin mengalami overheat. Adanya angin palsu yang terjebak pada sistem pendingin ini bisa membuat suhu mesin menjadi semakin tinggi. Ini bisa terjadi karena adanya udara yang terjebak di water jacket.  Suhu yang semakin panas ini yang menyebabkan overheat.

Anda bisa mengatasi masalah efek angin palsu di sistem pendingin dengan cara bleeding ulang. Tentunya proses bleeding ulang ini harus dilakukan secara baik dan benar. Sudah pasti harus dilakukan oleh orang yang berpengalaman dalam bidang ini. Jika proses bleeding yang dilakukan salah, maka angin palsu tidak bisa keluar dari sistem pendingin.

Untuk itu lebih baik Anda memilih orang yang profesional, agar proses bleeding bisa dilakukan dengan baik dan angin palsu bisa segera keluar. Proses bleeding ini harus segera dilakukan agar mobil Anda tidak sering mengalami overheat. Pastinya overheat ini dapat merugikan Anda. mesin yang overheat bisa membuat semua komponennya menjadi rusak atau jebol.

Apalagi jika mesin overheat dan Anda tidak segera melakukan perbaikan. Mesin yang overheat bisa saja membuat turun mesin atau mobil harus melakukan service besar. Tentunya service besar yang dilakukan ini Anda harus siap merogoh kocek yang relatif besar. Mungkin masalah angin palsu di sistem pendingin ini terdengar sepele.

Bisa Merusak Mesin

Namun siapa sangka efek angin palsu ini jika tidak segera diatasi bisa menimbulkan kerusakan pada komponen mobil. Efek angin palsu berupa overheat ini bisa terjadi kapan saja saat mobil sedang Anda gunakan. Pada saat mesin overheat akibat angin palsu, maka Anda bisa menepikan mobil Anda di pinggir jalan.

Jangan lupa untuk mematikan mesin mobil, kemudian buka kap mesin mobil agar panas pada mesin bisa keluar. Pastikan Anda tidak membuka tutup radiator untuk mengecek level air. Ini dilakukan agar tangan Anda tidak terluka akibat tutup radiator yang memiliki suhu panas. Lebih baik tunggu beberapa saat untuk membuka tutup radiatornya.

Jika sudah pernah mengalami mesin overheat seperti ini, maka segera periksa bagian sistem pendinginnya. Bisa saja keadaan seperti ini merupakan pertanda terdapat angin palsu di sistem pendingin mobil Anda. Apabila penyebab mesin overheat adalah adanya angin palsu, pastinya harus segera dilakukan bleeding ulang yang dilakukan oleh orang profesional.

Jangan lupa untuk melakukan pengecekan dan service mobil secara berkala. Hal ini wajib dilakukan agar mobil bisa aman dan nyaman saat digunakan. Anda bisa mendapatkan berbagai informasi bermanfaat dan terupdate seputar otomotif untuk mobil Daihatsu di Tips Sahabat Daihatsu. Semoga informasi ini bisa membantu mengatasi masalah pada mobil Anda.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tiga Cara Beli Mobil Bekas dari Jepang

2020-11-26

Setiap orang memiliki selera berbeda soal mobil pilihan. Ada yang suka mobil lawas, sedan, city car, SUV, MPV sampai mobil mewah. Bahkan tak heran jika model mobil yang ada di Indonesia nggak memua

thumbnail

Cara Parkir Mobil Aman Tanpa Merusak Transmisi Otomatis Mobil

2022-03-16

Parkir mobil aman tanpa merusak transmisi otomatis mobil wajib diketahui pemilik kendaraan. Mobil transmisi otomatis atau matic, merupakan jenis mobil yang paling banyak

thumbnail

Cara Menghitung Penyusutan Mobil Bekas

2020-11-21

Menghitung penyusutan mobil bekas adalah prosedur perhitungan nilai aset selama masa penggunaan. Setiap pemilik mobil atau perusahaan harus tahu soal perhitungan ini agar lebih paham tentang penyus

thumbnail

Cara Cek SIM Asli atau Palsu Dengan Akurat, Ini Ciri-Cirinya!

2022-10-19

Bagaimana cara cek SIM asli atau palsu? Sebenarnya caranya sangat mudah dilakukan dengan mengikuti panduan dibawah ini sampai selesai. Apalagi kini keberadaan SIM bagi