Logo Daihatsu
Menu

Efek Angin Palsu Di Sistem Pendingin Pada Mesin Mobil

Otomotif

2022-05-06

angin palsu di sistem pendingin mobil

Saat ini semua mobil keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan sistem pendingin. Adanya sistem pendingin ini sudah pasti bisa membuat penggunanya akan merasa nyaman saat berkendara.

Namun apa jadinya jika sistem pendingin mobil Anda mengalami kerusakan. Salah satu kerusakan yang bisa saja terjadi adalah adanya efek seperti angin palsu di sistem pendingin. Padahal di sistem pendingin ini tidak boleh ada angin palsu yang terjebak di dalamnya.

Efek Angin Palsu Di Sistem Pendingin Bisa Menyebabkan Overheat

Angin palsu yang terjebak di dalam sistem pendingin ternyata bisa menyebabkan mobil mengalami masalah yang cukup serius. Apalagi jika tidak mengalami overheat? Air radiator yang ada pada mobil sebagai media penghantar panas tidak bekerja secara maksimal untuk mendinginkan mesin.

Inilah yang menjadi penyebab mesin mengalami overheat. Adanya angin palsu yang terjebak pada sistem pendingin ini bisa membuat suhu mesin menjadi semakin tinggi. Ini bisa terjadi karena adanya udara yang terjebak di water jacket.  Suhu yang semakin panas ini yang menyebabkan overheat.

Anda bisa mengatasi masalah efek angin palsu di sistem pendingin dengan cara bleeding ulang. Tentunya proses bleeding ulang ini harus dilakukan secara baik dan benar. Sudah pasti harus dilakukan oleh orang yang berpengalaman dalam bidang ini. Jika proses bleeding yang dilakukan salah, maka angin palsu tidak bisa keluar dari sistem pendingin.

Untuk itu lebih baik Anda memilih orang yang profesional, agar proses bleeding bisa dilakukan dengan baik dan angin palsu bisa segera keluar. Proses bleeding ini harus segera dilakukan agar mobil Anda tidak sering mengalami overheat. Pastinya overheat ini dapat merugikan Anda. mesin yang overheat bisa membuat semua komponennya menjadi rusak atau jebol.

Apalagi jika mesin overheat dan Anda tidak segera melakukan perbaikan. Mesin yang overheat bisa saja membuat turun mesin atau mobil harus melakukan service besar. Tentunya service besar yang dilakukan ini Anda harus siap merogoh kocek yang relatif besar. Mungkin masalah angin palsu di sistem pendingin ini terdengar sepele.

Bisa Merusak Mesin

Namun siapa sangka efek angin palsu ini jika tidak segera diatasi bisa menimbulkan kerusakan pada komponen mobil. Efek angin palsu berupa overheat ini bisa terjadi kapan saja saat mobil sedang Anda gunakan. Pada saat mesin overheat akibat angin palsu, maka Anda bisa menepikan mobil Anda di pinggir jalan.

Jangan lupa untuk mematikan mesin mobil, kemudian buka kap mesin mobil agar panas pada mesin bisa keluar. Pastikan Anda tidak membuka tutup radiator untuk mengecek level air. Ini dilakukan agar tangan Anda tidak terluka akibat tutup radiator yang memiliki suhu panas. Lebih baik tunggu beberapa saat untuk membuka tutup radiatornya.

Jika sudah pernah mengalami mesin overheat seperti ini, maka segera periksa bagian sistem pendinginnya. Bisa saja keadaan seperti ini merupakan pertanda terdapat angin palsu di sistem pendingin mobil Anda. Apabila penyebab mesin overheat adalah adanya angin palsu, pastinya harus segera dilakukan bleeding ulang yang dilakukan oleh orang profesional.

Jangan lupa untuk melakukan pengecekan dan service mobil secara berkala. Hal ini wajib dilakukan agar mobil bisa aman dan nyaman saat digunakan. Anda bisa mendapatkan berbagai informasi bermanfaat dan terupdate seputar otomotif untuk mobil Daihatsu di Tips Sahabat Daihatsu. Semoga informasi ini bisa membantu mengatasi masalah pada mobil Anda.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail
New

4 Cara Memasang Kaca Film Mobil dengan Benar

2022-05-06

Penggunaan kaca film di mobil dirasa menjadi salah satu kebutuhan oleh pemilik kendaraan roda empat. Selain kesan estetik, kaca ini juga mampu meningkatkan privasi dan k

thumbnail
New

Dampak Buruk Merokok di Dalam Mobil bagi Interior

2022-05-06

Merokok adalah aktivitas yang biasa dilakukan oleh seorang perokok dalam kesehariannya, namun bagaimana dampaknya jika Anda merokok dalam mobil?Sebagai seorang perokok aktif, sebaiknya Anda

thumbnail
New

Beberapa Penyebab Kerusakan Fuel Pump Mesin Mobil Diesel

2022-05-06

Mobil mesin diesel semakin diminati Sering bermunculan kendaraan baru yang memiliki jenis mesin yang sama. Namun, masih banyak yang meragukan kemampuannya karena tidak mengetahui penyebab kerusakan

thumbnail
New

Ciri-ciri Sasis Mobil Bekas Tabrakan

2022-05-06

Bagi Anda yang sedang mencari mobil bekas, maka Anda perlu cermat dan teliti untuk melihat mobil yang Anda pilih bekas tabrakan atau tidak. Salah satu hal yang paling mencolok adalah bagian sasis.