Logo Daihatsu
Menu

Efek Negatif Ketika Minyak Rem Tercampur dengan Air

Otomotif

2022-06-24

Bahaya Minyak Rem Tercampur Air

Mobil merupakan salah satu kendaraan bermotor yang paling banyak peminatnya. Penggunaannya cukuplah beragam, mulai dari untuk kegiatan sehari-hari, berlibur bersama keluarga, dan masih banyak lainnya. Ketika menggunakan mobil, pastikan kondisinya benar-benar aman.

Lakukan pengecekan mendetail sebelum pergi berkendara menggunakan mobil. Mengecek kondisi minyak rem juga sangatlah penting. Karena bahaya minyak rem tercampur air sangatlah fatal dan bisa menyebabkan kecelakaan.

Fungsi Minyak Rem pada Mobil dengan Bahaya Minyak Rem Tercampur Air

Sebelum membahas bahaya yang bisa terjadi ketika minyak rem bercampur air, kami akan menjelaskan apa saja fungsi dari minyak rem. Agar Anda bisa berhati-hati dan menjaga kondisi minyak rem dengan lebih baik.

Minyak rem memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga keselamatan pengendara. Minyak rem berfungsi untuk melumasi komponen logam yang ada di dalam sistem rem, seperti cakram dan kampas.

Cakram dan kampas akan bergesekan dan menghasilkan panas ketika ada minyak rem yang melumasi kedua komponen logam tersebut. Saat panas terjadi maka mobil akan berkurang kecepatannya hingga berhenti.

Dalam proses pengereman tersebut, minyak rem tidak hanya berfungsi untuk melumasi komponen logam yang ada. Minyak rem juga berfungsi sebagai penyalur sistem hidrolik dengan sifatnya yang berupa fluida.

Agar sistem rem mobil Anda dalam keadaan yang baik, Anda bisa menggunakan jenis minyak rem yang sesuai dan direkomendasikan. Adapun beberapa jenis minyak rem yang bisa digunakan pada mobil, seperti DOT 3, DOT 4, dan DOT 5.

Inilah Bahaya Minyak Rem Tercampur Air pada Performa Mobil

Kecelakaan mobil cukup sering terjadi, terutama di jalan bebas hambatan (jalan tol). Rem yang blong adalah salah satu alasan dari terjadinya kecelakaan-kecelakaan tersebut. Saat rem blong terjadi, ada cukup banyak sebabnya.

Mulai dari kampas rem yang mulai habis dan aus misalnya, hingga tidak berfungsinya minyak rem dengan baik dalam mengoperasikan rem mobil. Minyak mobil memang merupakan salah satu komponen paling penting dalam mobil. Saat minyak rem tidak dalam keadaan yang baik, sudah jelas sistem pengereman dalam mobil juga tidak akan berfungsi sepenuhnya.

Minyak rem bertugas untuk mengkompres sistem pengereman saat dilakukannya pengereman oleh pengendara. Ketika minyak rem sudah tercampur dengan air, maka tugasnya untuk mengompres sistem pengereman pun tidak akan berjalan dengan baik, hingga bisa menyebabkan rem blong.

Air bisa masuk dan bercampur dengan mudah bersama minyak rem. Tidak hanya dari air yang masuk lewat tutup saja, uap yang ada di udara juga bisa diserap oleh minyak rem ketika tutupnya dibuka, karena cairan minyak rem memang mengandung bahan yang mampu menyerap air dari udara.

Saat minyak rem tercampur dengan air, bukannya mengompres sistem pengereman saat ketika rem diinjak, minyak rem malah mengompres air hingga menjadi uap. Sudah pasti akan berdampak bahaya pada keselamatan.

Maka dari itu Anda harus sering mengecek dan mengganti minyak rem pada mobil kesayangan. Minimal selama setahun sekali atau setiap jarak tempuh mencapai 20.000 kilometer. Anda bisa mempercayakan hal ini di bengkel Daihatsu.

Segera bawa mobil Anda ke bengkel kami, dan dapatkan layanan service terpercaya dengan hasil terbaik dari teknisi handal sekarang juga. Tak hanya mengatasi masalah minyak rem, kami juga bisa mengatasi segala macam masalah pada mobil Anda. Begitu pula dengan service rutin. Informasi menarik mengenai Daihatsu juga bisa Anda akses di laman berikut.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Perhatikan Ini Saat Melakukan Perawatan Mobil di Atas 5 Tahun

2022-06-24

Perlu Anda ketahui, perawatan mobil setelah 5 tahun menjadi kewajiban Anda sebagai pemilik mobil pribadi Anda. Hal ini dilatarbelakangi kemungkinan besar bahwa beberapa

thumbnail

Mengulik Penyebab Coil Panas pada Mobil dan Cara Mengatasinya

2022-06-24

Menjadi salah satu komponen terpenting dalam kendaraan roda empat, koil memang memiliki fungsi guna menciptakan listrik bertegangan mobil. Hasil listrik dari koil inilah

thumbnail

Begini Cara Kerja Starter Mobil

2022-06-24

Kehadiran starter mobil berguna untuk menghidupkan atau menyalakan mesin dalam kendaraan. Lantas bagaimana sebenarnya cara kerja starter mobil? Simak ulasannya berikut.

thumbnail

Apa Itu Pajak Karbon dan Efeknya pada Harga Jual Mobil?

2022-06-24

Sudahkah Anda mengetahui tentang pajak karbon? Banyak yang berpendapat bahwa pajak ini akan mempengaruhi perekonomian negara, khususnya Indonesia.Bukan hanya pada perekonomian, tetapi juga b