Logo Daihatsu
Menu

Fakta Menarik tentang Kisah KKN di Desa Penari, Kabupaten Banyuwangi

Travel

2020-12-15

kkn di desa penari

Desa Penari adalah desa yang viral di kalangan netizen pada pertengahan 2019. Desa tersebut dikenal seiring tersebar utas mengenai cerita sekelompok remaja yang menjalani KKN. Utas yang digaungkan pada pertengahan tahun 2019 tersebut memang terbilang menarik sehingga banyak yang membagikan ulang.

Utas yang bercerita tentang kejadian mistis yang dialami oleh mahasiswa selama KKN. Mereka terjebak di sebuah desa di salah satu wilayah berinisial B. Di desa tersebut terdapat banyak kejadian menyeramkan, terutama tentang penari dan suara-suara alat musik khas jawa yang kerap muncul ketika malam.

Kisah horor tersebut menarik perhatian para netizen sehingga banyak dibicarakan di mana-mana. Penulis bahkan sempat diundang oleh Raditya Dika dalam tayangan Youtube-nya untuk membicarakan hal tersebut dalam kanal Paranormal Experience-nya, tentu saja dengan tetap menutupi identitas pribadi.

Nah, bagi teman-teman yang juga mengikuti utas cerita KKN Desa Penari tersebut, bisa sekali menyimak 4 fakta menarik berikut. Kisahnya diangkat menjadi sebuah film dan sudah diterbitkan loh. Bahkan, filmnya juga sudah diproduksi dan akan segera tayang.

Berawal dari Utas Cerita di Twitter

Kisah KKN Desa Penari berawal dari utas cerita di Twitter yang dibagikan oleh akun dengan username @SimpleM81378523. Utas tersebut ditulis dari 24 Juni hingga 5 Juli 2019.

Cerita di dalam utas yang menarik membuat kisah yang dibagikan oleh akun tersebut banyak di retweet dan disukai oleh banyak pengguna Twitter lainnya. Bahkan tidak jarang akun-akun di media sosial lain seperti Facebook hingga Instagram yang membagikan ulang cerita sehingga semakin viral.

Kisah Nyata Tahun 2009

Pemilik akun dengan username @SimpleM81378523 tersebut mengklaim bahwa cerita yang dibaginya di utas Twitter tersebut adalah fakta. Cerita asli terjadi pada 2009 dan dialami oleh sekelompok mahasiswa yang sedang menjalani kegiatan KKN.

Kisah mistis yang dialami oleh sekelompok mahasiswa tersebut banyak menarik perhatian netizen sehingga banyak yang berspekulasi. SimpleM merahasiakan semua data cerita asli, seperti nama-nama mahasiswa, nama lokasi, hingga nama kampus. Namun, spekulasi-spekulasi yang dilakukan oleh netizen membuat semua orang percaya bahwa kisah ini dialami oleh mahasiswa yang berkuliah di salah satu kampus di Jawa Timur. Inisial kota B yang ditulis oleh SimpleM bahkan diartikan sebagai Banyuwangi oleh para netizen.

Daerah di Banyuwangi

Konon, cerita KKN Desa Penari ini terjadi di Banyuwangi. Terlebih, Kabupaten Banyuwangi terkenal dengan kisah-kisah mistisnya, apalagi mengenai hal yang berbau dengan santet. Ya, masyarakat sana masih kental akan budaya tersebut.

Akibat dari utas cerita KKN tersebut membuat Banyuwangi mendadak banyak dikunjungi wisatawan di pertengahan akhir 2019. Banyak netizen yang menerka desa mana yang dimaksud. Tak jarang, beberapa foto sebuah desa viral karena disangka sebagai lokasi sesungguhnya.

Terbit hingga Difilmkan

Saking viralnya utas Twitter mengenai KKN di Desa Penari tersebut bahkan membuat salah satu penerbit di Indonesia tertarik untuk mengajak bekerja sama si penulis untuk menuliskannya ulang menjadi sebuah buku loh, Sahabat. Buku tersebut berjudul sama dan sudah terbit.

Tidak hanya diterbitkan dalam bentuk novel dan tersebar di seluruh toko buku Indonesia, kisah KKN di Desa Penari juga dilirik salah satu production house, yaitu MD Picture. Filmnya sudah digarap. Awalnya, film tersebut direncanakan tayang pada Maret 2020. Namun, karena pandemi dan bioskop tutup, pihak rumah produksi menyatakan siap menayangkan film ketika bioskop di buka di tahun 2021.

Bagaimana? Tertarik untuk menonton film KKN Desa Penari yang akan tayang ketika bioskop sudah dibuka? Mungkin, Sahabat bisa baca ulang utas atau novelnya lagi supaya ingat kembali bagaimana alur ceritanya ya.

Penulis: Nisa Maulan Shofa


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tak Hanya Baturraden, ini Deretan Tempat Wisata di Purwokerto yang Tidak Kalah Hits

2020-10-28

Jika berbicara tentang Purwokerto maka bayangan Sahabat mungkin akan langsung tertuju pada bahasanya yang sering dianggap lucu. Padahal, jika mau mencari info lebih lanj

thumbnail

7 Tempat Wisata Surabaya Instagramable, Dijamin Menarik untuk Medsos Kamu

2020-12-11

Tempat-tempat wisata di Surabaya yang instagramable memang tidak bisa diremehkan, loh, Sahabat. Banyak sekali lokasi yang harus disambangi karena memang memiliki pemanda

thumbnail

Tempat Makan Murah dan 5 Tips Makan Hemat di Singapura

2021-03-24

Sebagai salah satu destinasi wisata yang terkenal dengan modernisasi budayanya, sahabat mungkin ragu saat ingin pergi ke Singapura. Kalau mau jalan-jalan hemat di Singap

thumbnail

7 Hotel Mewah di Sekitar Puncak Bogor dengan Pemandangan Memesona

2020-11-20

Mengunjungi Puncak Bogor seakan menjadi kegiatan menyenangkan untuk dilakukan ketika libur. Keadaannya yang sejuk bisa membuat pikiran kembali segar setelah didera kegiatan kantor yang melelahkan.