Logo Daihatsu
Menu

Fasilitas Lengkap nan Canggih Terminal 3 Soekarno Hatta serta Deretan Maskapainya

Travel

2021-05-10

terminal 3 soekarno hatta

Terminal 3 Soekarno Hatta merupakan terminal bandara yang berlokasi di timur-utara Bandara Internasional Soekarno Hatta. Desainnya yang modern, berbeda dengan 2 terminal lainnya, membuat terminal ini sempat ramai dibicarakan sejak pembukaan pertama, Agustus 2016 lalu.

Sebenarnya, seperti apa sih penampilan terminal 3 Soekarno Hatta yang diklaim jauh lebih luas dibanding terminal 3 Bandara Changi di Singapura ini? Yuk langsung simak beberapa penjelasan berikut supaya Sahabat lebih tahu mengenai terminal 3 kebanggaan Bandara Soekarno Hatta ini!

Desain dan Fasilitas Terminal 3 Soekarno Hatta

Saat baru selesai dibangun pada Juni 2016 lalu, pihak Angkasa Pura II sebagai klien yang turut andil dalam pembiayaan pembangunan, mengusulkan untuk memberi nama terminal ini sebagai Terminal 3 Ultimate loh, Sahabat. Namun, hal tersebut urung dilaksanakan karena mendapat banyak protes.

Tidak salah sih jika memang terminal ini digadang sebagai terminal ultimate karena memang memiliki banyak fasilitas. Terminal 3 Soekarno Hatta bahkan sudah memiliki penanganan bagasi otomatis dengan BHS level 5 sebagai pendeteksi peledak canggih.

Dekorasi di terminal ini sudah sangat eye-catching karena banyak terpasang lukisan-lukisan keren. Jika lapar tak perlu khawatir karena banyak terdapat restoran dan minimarket. Bahkan terdapat toko buku yang menyediakan buku-buku terjemahan hingga berbahasa Inggris loh.

Di terminal ini juga tersedia skytrain sejak September 2017 untuk memungkinkan penumpang berpindah dari terminal 3 ke terminal lainnya. Bahkan nih, Sahabat, di sini juga tersedia mobil golf untuk mengantar penumpang menuju pengambilan bagasi dan petugas yang siap membantu dengan sepatu rodanya loh.

Daftar Maskapai yang Tersedia

Sebenarnya, terminal 3 Soekarno Hatta sudah beroperasi sejak 2011 dengan pelayanan rute penerbangan internasional yang digunakan oleh Indonesia AirAsia. Namun, kapasitas terminal 3 yang lama hanya bisa menampung 4 juta penumpang per tahun, berbeda jauh dengan terminal 3 sekarang yang bisa menampung hingga 25 juta penumpang per tahun.

Maskapai yang terdaftar bisa melayani di terminal 3 juga semakin banyak. Lebih dari 30 maskapai yang bisa Sahabat pilih untuk berbagai tujuan penerbangan internasional, seperti Bangkok, Singapura, Kolombo, Seoul, Beijing, Tokyo, Jeddah, Dubai, dan lainnya.

Terminal 3 Soekarno Hatta juga masih melayani penerbangan domestik dengan menggunakan maskapai Garuda Indonesia. Berbagai kota di Indonesia tercakup sebagai tujuan penerbangan.

Rute Menuju Terminal 3

Bandara Soekarno Hatta yang terletak di Tangerang, Banten ini bisa dicapai menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum, seperti taksi, bus, hingga kereta api bandara.

Untuk bus, Sahabat bisa melakukan perjalanan ke terminal 3 menggunakan bus Damri Bandara Soekarno Hatta. Jadwal dan harga tiket bisa dicek juga melalui website bus. Harga tiket tentu saja beragam tergantung dari lokasi kalian berada.

Jarak yang perlu Sahabat tempuh untuk sampai di terminal 3 Soekarno Hatta adalah kurang lebih satu jam dari pusat Kota Jakarta. Jadi, Sahabat bisa mengira nih berapa lama perjalanan yang harus ditempuh dari lokasi Sahabat.

Sejak 2017 pula terdapat kereta khusus menuju Bandara Soekarno Hatta yang terhubung dari pusat kota. Total panjang jalur ke Stasiun Manggarai adalah 36,3 kilometer dengan total 6 kereta api dengan 122 perjalanan yang memiliki kapasitas hingga 35.000 penumpang per hari.

Itulah hal-hal yang harus kalian tahu mengenai terminal 3 Soekarno Hatta yang sempat viral di awal kemunculannya. Meskipun segala desain dan arsitekturnya canggih, tetapi ternyata terminal 3 pernah mengalami gangguan listrik hingga kebanjiran loh, Sahabat, pada Oktober 2017. Tak jarang juga beberapa penerbangan mengalami delay, meskipun cuaca sedang tidak buruk.

Penulis: Nisa Maulan Shofa


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

20 Makanan Khas Jambi yang Memikat Rasa

2021-01-31

Jambi merupakan sebuah daerah di Pulau Sumatera yang memiliki ragam kuliner khas penggoyang lidah. Kuliner khas Jambi dominan menggunakan ikan sebagai bahan utamanya.&nb

thumbnail

Candi Borobudur : Sejarah dan Hal Terkait Tentangnya

2020-11-05

Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di dunia yang dimiliki oleh Indonesia. Candi Borobudur terletak di Magelang yang jika ditempuh dari Yogyakarta akan memakan waktu sekitar satu seteng

thumbnail

5 Persiapan Perjalanan Bisnis yang Efisien dan Profesional

2021-01-07

Melakukan perjalanan bisnis adalah hal berbeda dengan perjalanan liburan pribadi. Selain harus dituntut harus berlaku secara profesional, perjalanan bisnis juga berkaita

thumbnail

17 Makanan Khas Gresik Yang Wajib Anda Coba

2021-02-26

Berlibur ke tempat baru tentu belum lengkap sebelum mencicipi kuliner khasnya terlebih dahulu, begitu pula jika bertandang ke kota Gresik.