Logo Daihatsu
Menu

Fungsi Ground Clearance pada Mobil dan Ukurannya

Otomotif

2022-11-24

Fungsi Ground Clearance pada Mobil dan Ukurannya

Ketika musim hujan tiba, sering kali menimbulkan banyak genangan air di jalanan bahkan banjir. Hal tersebut membuat laju mobil terkadang terhambat. Kondisi inilah yang membuat ground clearance (jarak kolong mobil dengan aspal) selalu diperhatikan sebelum membeli mobil.

Lantas berapa jarak yang pas untuk mengatasi masalah tersebut? Dan apa fungsi dari ground clearance? Selengkapnya perhatikan ulasan berikut.

Fungsi Ground Clearance pada Mobil

Sebelum membeli mobil biasanya orang akan memperhatikan spesifikasi mobil yang akan mereka beli. Baik dari kondisi mesin, kondisi komponen-komponen yang terpasang dalam mobil, jarak tempuh mobil hingga jarak antara kolong mobil dengan aspal. 

Ground clearance atau sering disebut dengan jarak kolong mobil dengan aspal memiliki fungsi yang sangat krusial dalam memberikan kenyamanan berkendara. Berikut fungsi ground clearance pada mobil :

1. Mengoptimalkan suspensi mobil

Sistem suspensi mobil bertanggung jawab atas kenyamanan pengendara atau penumpang mobil ketika mobil sedang melaju. Kenyamanan tersebut terjadi karena sistem suspensi mobil mampu menciptakan gaya sentrifugal saat mobil sedang berbelok.

Selain itu sistem suspensi membantu mobil menghindari atau meredam guncangan yang ada ketika melewati jalanan yang berlubang. 

Jika jarak antara kolong mobil dengan aspal terlalu rendah dikhawatirkan gaya sentrifugal yang dihasilkan ketika berbelok kurang baik. Hal tersebut menyebabkan pengemudi mobil harus melakukan banting setir. 

Baca Juga : Pengertian Body Roll dan Dampaknya Bagi Kendaraan

2. Menghindari air dari genangan air masuk ke dalam mobil

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ketika musim hujan kerap kali menimbulkan banyak genangan air. Apabila jarak antara aspal dan kolong mobil terlalu rendah maka berpotensi air dari genangan air masuk.

Akibat dari air tersebut masuk ke dalam mesin dapat berpotensi merusak water hammer dan mengganggu kinerja mesin. Oleh karena itu, dibutuhkan jarak yang cukup tinggi untuk menghindari permasalahan tersebut.

3. Mampu melewati jalanan yang rusak dan tidak rata dengan baik

Seperti diketahui kondisi jalanan di Indonesia banyak memiliki polisi tidur, terkadang juga ada yang rusak. Apabila jarak kolong mobil terlalu rendah maka bisa dipastikan mobil sulit melewati jalanan yang tidak rata, rusak, atau ada polisi tidurnya. 

Jika mobil Anda masih dalam kondisi normal maka melewati jalanan yang tidak rata bukanlah suatu masalah. Karena jarak kolong mobil normal tanpa modifikasi berada di kisaran 1-2 meter. Sedangkan mobil dengan modifikasi biasanya jarak kolong mobil yang dimiliki 10-15cm. 

Berapa Ukuran Standar Ground Clearance yang Baik?

Berbicara soal berapa jarak kolong mobil yang baik, sebenarnya tidak boleh terlalu rendah atau tinggi dari aspal. Sebaiknya jarak tersebut ditentukan dari jenis mobil yang Anda gunakan.

Jika Anda menggunakan sedan, Anda tidak boleh menggunakannya untuk melewati jalanan dengan medan berat. Sedan lebih cocok digunakan di perkotaan dengan kondisi jalanan mulus karena jarak kolong mobil sedan hanya 120 mm di atas aspal.

Jarak tersebut sengaja dibuat agar sedan dapat bermanuver dengan baik ketika digunakan dalam kecepatan tinggi. Seperti diketahui sedan merupakan mobil semi sport. 

Sedangkan untuk mobil jenis SUV biasanya memiliki jarak 150 mm di atas aspal. Jarak tersebut juga sudah di pertimbangkan oleh pabrikan mobil SUV dan tidak asal-asalan.

Mobil SUV memang didesain untuk mobil keluarga yang tidak mungkin digunakan untuk balapan. Namun, lebih digunakan untuk mengatasi jalanan dengan tanjakan dan turunan yang terjal.

Baca Juga : Jenis-Jenis Mobil di Indonesia, Yuk Ketahui Disini!

Apabila Anda hendak membeli mobil dengan spesifikasi terbaik, termasuk soal ground clearance-nya, Anda bisa mengunjungi dealer Daihatsu terdekat. Di sana Anda akan mendapatkan mobil sesuai kebutuhan Anda. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Deretan Marketplace Rental Mobil

2021-03-12

Marketplace rental mobil adalah tempat menjual jasa sewa mobil yang mampu menaikkan pendapatan pemilik mobil dengan mempromosikan mobilnya ke pengguna marketplace terseb

thumbnail

Tips Memilih Mobil Box Terbaik

2021-01-05

Mobil box merupakan tipe kendaraan niaga yang fungsinya sebagai alat transportasi yang dikhususkan untuk mengangkut barang. Kehad

thumbnail

Ini Bonus dan Aksesoris Ketika Beli Mobil Baru

2020-12-08

Dealer akan memberi bonus hadiah berupa aksesoris bila Sahabat membeli mobil baru. Bonus aksesoris mobil baru ini bisa berupa barang-barang yang bermanfaat dalam penggun

thumbnail

Mengurus Balik Nama Mobil Sendiri Itu Gampang!

2020-11-05

Apa yang ada di pikiran Sahabat kalau dengar istilah balik nama? Kalau bukan repot, prosesnya berbelit-belit dan sangat menyita waktu. Padahal apa yang Sahabat bayangkan itu belum tentu kejadian lh