Tips Sahabat

Fungsi Mekanisme Katup dalam Mesin Mobil dan Jenisnya

09 April 2025
Fungsi Mekanisme Katup dalam Mesin Mobil dan Jenisnya

Memahami fungsi mekanisme katup beserta jenisnya pada mobil dapat menambah wawasan otomotif Anda. Hal tersebut dapat menjadi referensi tambahan ketika Anda hendak membeli mobil. 

Di bawah ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai jenis katup beserta mekanisme fungsinya. Untuk selengkapnya seperti berikut.

Fungsi Mekanisme Katup dalam Mobil Beserta Jenisnya 

Fungsi utama mekanisme katup dalam mobil, yakni untuk mengatur dan mengoptimalkan arus bahan bakar dan aliran udara pada ruang bakar sehingga kinerja mesin optimal. Pada umumnya fungsi mekanisme katup ditentukan oleh jenis katupnya. 

Berdasarkan Jenis Katupnya

Menurut jenisnya katup mesin mobil dibagi menjadi dua jenis seperti berikut.

1. Katup masuk atau In (Intake valve)

Sesuai dengan namanya, fungsi katup masuk atau In (Intake valve) ini mengontrol aliran udara dan bahan bakar yang berada di dalam ruang pembakaran. Katup ini akan menyesuaikan kadar bahan bakar dan udara agar sesuai dengan standar kadar proses pembakaran mesin. Katup masuk ini memiliki desain diameter yang lebih besar dibandingkan katup keluar. Hal ini dilakukan, untuk mengoptimalkan aliran bahan bakar agar sampai ke ruang bakar.

2. Katup keluar atau Ex (Exhaust valve)

Sedangkan untuk katup keluar memiliki fungsi kebalikan dari katup masuk, yakni mengontrol keluarnya emisi gas buang dari sisa proses pembakaran pada ruang bakar. Untuk diameter katup ini, sengaja dibuat lebih kecil dibandingkan katup masuk. Tujuan hal tersebut dilakukan, untuk meningkatkan tekanan gas buang sehingga piston mudah terdorong dan mengeluarkan emisi gas buang.

Berdasarkan Mekanisme Kerjanya

Selain jenis di atas, katup pada mesin mobil juga dibagi berdasarkan mekanisme kerjanya. Adapun jenisnya sebagai berikut.

1. Jenis OHV (Overhead Valve)

Pada jenis ini, katup berada di atas. Sedangkan bagian camshaft terletak di bawah. Untuk meneruskan gerakan camshaft menuju katup, mekanisme katup ini memerlukan bantuan push rod. Mekanisme katup jenis OHV memiliki beberapa keunggulan, yakni tenaga yang dihasilkan jauh lebih besar dan sangat efisien dibandingkan jenis lainnya. Hal tersebut terjadi karena posisi katup berdekatan dengan busi dan ruang pembakaran. Dengan begitu aliran udara dan bahan bakar dapat dikontrol dengan mudah dan akurat.

2. Jenis SOHC (Single Overhead Camshaft)

Pada jenis SOHC, jumlah camshaft hanya satu dan mekanisme katup terletak di atas bagian kepala silinder. Jenis SOHC memiliki keunggulan sendiri dibandingkan jenis OHV. Yakni, mampu meningkatkan revolusi mesin dan performa mesin menjadi jauh lebih maksimal. Hal tersebut terjadi, karena posisi camshaft berada di atas kepala silinder, sehingga jarak antara keduanya menjadi lebih dekat. Dengan begitu pergerakan katup menjadi lebih responsif dan mudah terkontrol. Keunggulan ini juga terjadi pada jenis DOHC.

Baca Juga : Perbedaan DOHC dan SOHC Pada Mobil, Mana yang Paling Irit?

3. Jenis DOHC (Double Overhead Camshaft)

Jenis DOHC, sebenarnya merupakan pengembangan dari jenis SOHC. Pada jenis DOHC, jumlah camshaft yang terletak di atas kepala silinder berjumlah dua buah. Kedua camshaft ini memiliki peran yang berbeda. Camshaft pertama berfungsi mengontrol masuknya bahan bakar dan udara. Sedangkan camshaft satunya berfungsi mengontrol emisi gas buang. Jenis DOHC, bisa terbilang memiliki mekanisme kerja yang lebih baik dibandingkan jenis OHV dan SOHC. Hal tersebut terjadi, karena DOHC mampu menghasilkan tenaga dan torsi mesin yang lebih tinggi. 

Demikian beberapa fungsi mekanisme katup mesin mobil yang perlu Anda ketahui. Mengingat fungsinya yang sangat vital, pastikan Anda selalu memperhatikan kondisi setiap komponen katup mesin. Segera kunjungi bengkel Daihatsu terdekat ketika katup mesin mobil Anda bermasalah. 

Tips Sahabat Lainnya
Kenali Fungsi Camshaft pada Mobil, Cara Kerja & Komponennya
Kenali Fungsi Camshaft pada Mobil, Cara Kerja & Komponennya
Dalam sistem kerja mesin mobil, Camshaft (sering disebut noken as atau poros nok) memegang peranan vital sebagai pengatur ritme pembakaran. Komponen yang terletak di bagian kepala silinder ini bekerja
Cara Cek Pajak Kendaraan NTB Secara Online. Mudah Banget!
Cara Cek Pajak Kendaraan NTB Secara Online. Mudah Banget!
Mengecek pajak kendaraan NTB kini semakin mudah karena dapat dilakukan secara online langsung dari HP. Masyarakat Nusa Tenggara Barat bisa mengetahui tagihan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tanpa harus
Jadwal Ganjil Genap Jakarta Hari Ini: Jam, Jalur & Peraturan Terbaru
Jadwal Ganjil Genap Jakarta Minggu Ini: Jam, Ruas Jalan, saat Long Weekend
Sistem ganjil genap Jakarta sudah ada sejak 2016 dan sampai saat ini tetap berlaku. Penerapan ganjil genap bertujuan untuk mengurangi kemacetan dan polusi di Jakarta. Aturan ini terbukti efektif karen
Cara Cek Pajak Kendaraan Jakarta Online Terbaru
5 Cara Cek Pajak Kendaraan Jakarta Online Terbaru
Cek pajak kendaraan di Jakarta kini semakin mudah berkat hadirnya layanan online yang praktis. Wajib pajak bisa memanfaatkan berbagai cara mulai dari website resmi Samsat DKI, aplikasi mo
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang @Hak Cipta 2025 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku
Kebijakan Privasi
Hubungi Kami