Logo Daihatsu
Menu

Apa Kepanjangan DOHC? Ini Fungsi dan Cara Kerjanya

Otomotif

2023-07-31

Apa Kepanjangan DOHC? Ini Fungsi dan Cara Kerjanya

Istilah DOHC mungkin tidak asing bagi masyarakat, karena kerap kali tertera pada motor maupun mobil. Meski begitu, tidak semua masyarakat memahami apa maksud dari istilah tersebut. DOHC merupakan sebuah singkatan dari salah satu jenis mesin yang digunakan kendaraan. Kepanjangan dari DOHC adalah Double Overhead Camshaft atau poros kemudi atas ganda. DOHC sendiri saat ini banyak diadopsi oleh pabrikan mobil dunia terutama pada produksi mobil-mobil keluaran terbaru. 

Lantas apa fungsi DOHC sebenarnya? Dan bagaimana cara kerjanya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, langsung saja perhatikan penjelasan berikut ini.

Apa Itu DOHC?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Double Overhead Camshaft merupakan kepanjangan dari DOHC. DOHC sendiri merupakan jenis mesin baru yang dikembangkan oleh ahli otomotif, sebagai tandingan jenis mesin SOHC.

Fungsi DOHC

DOHC sendiri memiliki beberapa fungsi yang cukup vital pada mobil. Berikut fungsi selengkapnya.

1. Penggerak utama pada mobil

Fungsi utama DOHC pada mobil bisa dibilang sebagai penggerak utama dalam menghasilkan putaran roda dan tenaga.

2. Meningkatkan pembakaran bahan bakar

Fungsi selanjutnya dari DOHC, dapat meningkatkan pembakaran bahan bakar agar lebih efisien. Hal tersebut tentu berdampak besar pada pengurangan emisi gas buang sehingga mobil lebih ramah lingkungan. Kondisi tersebut bisa terjadi karena pada mesin mobil DOHC, terdapat dua poros kemudi (camshaft) yang mengendalikan katup pembukaan di setiap silinder mesin sehingga pembakaran bahan bakar efisien.

3. Meningkatkan kinerja mesin

Mesin DOHC mampu memberikan daya yang jauh lebih besar dan lebih responsif pada kinerja mesin. Hal tersebut dapat terjadi karena terdapat banyak katup pembukaan serta komponen yang lebih presisi dan akurat. Akibatnya performa mesin akan meningkat.

4. Meningkatkan kecepatan

Tidak hanya performa mesin saja yang meningkat, DOHC juga dapat membuat kecepatan mobil meningkat. Bahkan mobil bisa meraih RPM dan top speed yang lebih tinggi. Kondisi tersebut dapat terjadi karena pada DOHC terdapat empat klep atau katup (2 katup bahan bakar dan 2 katup pembuangan gas) dan dua noken as. 

Cara Kerja DOHC

Mesin DOHC pada mobil memiliki cara kerja sendiri, dan terbilang lebih kompleks daripada cara kerja pendahulunya yaitu mesin SOHC (mesin dengan dua katup dan satu noken as). Mekanisme kerja mesin DOHC pada mobil, dimulai ketika piston bergerak dari TMA (Titik Mati Atas) menuju TMB (Titik Mati Bawah) pada saat kondisi katup (klep) masuk terbuka dan katup (klep) keluar tertutup. Dengan begitu, katup masuk dapat menghisap udara dan membawanya masuk ke dalam ruang pembakaran. 

Selanjutnya, piston akan bergerak dari TMB (Titik Mati Bawah) ke TMA (Titik Mati Atas) pada saat kondisi katup (klep) keluar dan masuk dalam posisi tertutup secara bersamaan. Kondisi membuat udara yang terdapat dalam ruang pembakaran mengalami proses kompresi. 

Sebelum piston tersebut naik ke TMA (Titik Mati Atas 0, maka terjadi proses timing ignition. Proses tersebut ditandai dengan busi yang menyala dan membakar udara (gas) yang terdapat pada ruang bakar. Akibatnya tekanan udara pada ruang bakar semakin meningkat sehingga mendorong piston dari TMA ke TMB. Pada saat inilah, tenaga untuk menggerakkan mesin diperoleh. 

Melihat dari cara kerja DOHC yang begitu kompleks, wajar jika mesin ini dinilai lebih unggul daripada jenis mesin lainnya. Namun, jika mesin DOHC bermasalah tentu biaya perawatannya terbilang lebih mahal karena banyaknya komponen yang terpasang dan proses reparasi terbilang lebih rumit. Bicara soal perawatan mobil, sebaiknya Anda bawa mobil Anda ke bengkel Daihatsu terdekat agar mendapatkan perawatan yang tepat. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

6 Rekomendasi Kamera 360 Mobil Terbaik dan Harganya

2023-04-10

Kamera 360 mobil merupakan aksesori mobil yang wajib dimiliki oleh semua pemilik mobil. Selain menambah gaya, juga mampu menjaga

thumbnail

Cuci Mobil Pagi dan Malam, Lebih Disarankan

2022-05-27

Mencuci mobil menjadi sebuah keharusan untuk Anda pemilik kendaraan roda empat. Mencuci mobil sudah termasuk ke dalam perawatan kendaraan yang hukumnya wajib. Sebagian o

thumbnail

Biaya Balik Nama Mobil Bekas 2023, Ini Syarat dan Caranya!

2023-11-23

Balik nama mobil adalah langkah formal yang melibatkan perubahan resmi kepemilikan kendaraan bermotor. Proses ini mencakup perubahan nama pemilik yang terdaftar dalam dokumen resmi seperti Surat Ta

thumbnail

Cara Cek Nomor Surat Izin Mengemudi dengan Cepat & Akurat

2023-07-31

Cara cek nomor surat izin mengemudi merupakan hal yang mudah. Lantas, bagaimana cara mengecek nomor SIM tersebut? Untuk selengkapnya, perhatikan beberapa cara beriku