Logo Daihatsu
Menu

Kenali Fungsi Camshaft pada Mobil, Cara Kerja & Komponennya

Otomotif

2023-05-05

Kenali Fungsi Camshaft pada Mobil, Cara Kerja & Komponennya

Fungsi camshaft pada mobil tidak bisa dianggap remeh karena dapat mempengaruhi kinerja mesin. Oleh karena itu, sebagai pemilik mobil mengetahui seluk beluk mengenai camshaft sangatlah perlu. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai fungsi, cara kerja, beserta komponen di dalamnya secara terperinci. Berikut ulasan selengkapnya.

Fungsi Camshaft Mobil 

Camshaft mobil merupakan komponen yang terletak pada bagian silinder kepala mesin mobil. Komponen ini memiliki beberapa fungsi penting sebagai berikut.

1. Pengatur klep

Camshaft memiliki fungsi utama sebagai pengatur klep agar sesuai dengan urutan proses pengapian atau firing order. Di dalam camshaft terdapat cam lobe sebagai pembuka dan penutup katup. 

2. Pemutar poros distributor

Fungsi camshaft selanjutnya, sebagai pemutar poros distributor pada mesin mobil bersistem firing order dengan distributor.

3. Penggerak fuel pump

Fungsi selanjutnya, sebagai penggerak fuel pump pada mesin mobil yang masih menggunakan fuel pump berjenis mekanikal. 

4. Wadah sensor deteksi sudut putaran camshaft

Fungsi selanjutnya, camshaft berfungsi sebagai wadah sensor deteksi sudut putaran. Fungsi ini biasanya terjadi pada mobil yang sudah menggunakan mesin injeksi atau EFI. 

Cara Kerja Camshaft pada Mobil

Setelah Anda mengetahui beberapa fungsi dari camshaft, Anda juga perlu mengetahui bagaimana komponen ini bekerja. Untuk mekanisme kerjanya sendiri, camshaft terbagi menjadi dua cara. Berikut cara kerja selengkapnya.

1. Ketika posisi menekan

Camshaft memiliki cara kerja ketika posisi menekan dan tidak menekan. Pada mekanisme kerja menekan, maka katup dibuka dan ditutup oleh cam lobe dengan memanfaatkan kinerja camshaft beserta rocker arm. Proses ini biasanya terjadi pada mesin bertipe OHV dan OHC (DOHC atau SOHC). 

2. Ketika posisi tidak menekan

Sedangkan pada posisi tidak menekan, bagian camshaft yang datar bekerja dominan, sehingga cam lobe tidak melakukan penekanan pada rocker arm. Dengan begitu katup akan cenderung tertutup. 

Baca Juga : Fungsi Crankshaft, Cara Kerja & Ciri Kerusakannya

Komponen-Komponen Penting pada Camshaft Mobil

Agar camshaft bisa berfungsi dengan semestinya, komponen ini dibantu dengan komponen lain di dalamnya. Berikut beberapa komponen yang terdapat di dalam camshaft yang perlu Anda ketahui.

1. Intake camshaft

Komponen pertama yang ada di dalam camshaft yang perlu Anda ketahui ialah intake. Komponen ini juga sering dikenal dengan istilah poros nok atau noken as. Komponen ini terletak di ujung camshaft dan bentuknya lonjong. Komponen ini berfungsi sebagai pendorong katup agar rocker arm bisa terbuka. Dengan begitu maka bahan bakar dapat masuk ke dalam katup.

2. Exhaust camshaft

Komponen selanjutnya ada exhaust camshaft yang berfungsi sebagai penutup katup setelah proses intake. Dengan begitu bahan bakar tidak dapat masuk lagi, dan gas buang dari pembakaran mesin dapat dikeluarkan.

3. Drive gear

Komponen ini berfungsi sebagai pemutar poros nok agar sesuai tempo ketika mekanisme kerja camshaft berlangsung.

4. Gigi sentrik (Slot joint)

Komponen ini berfungsi sebagai komponen yang menghubungkan antara poros camshaft dengan distributor pengapian secara langsung.

5. Bearing journal

Komponen ini berfungsi mengurangi keausan mesin karena mengurangi gesekan antara camshaft dengan komponen lain. 

6. Timing pulley

Komponen ini berfungsi sebagai pengatur ritme atau besar kecilnya putaran camshaft agar sesuai dengan tempo. Dengan begitu, kinerja mesin dapat berjalan dengan baik dan tidak keluar dari susunan firing order. 

7. Fuel pump cam drive

Komponen ini berfungsi sebagai penggerak fuel pump supaya mesin dapat bekerja dengan baik. 

Setelah Anda membaca ulasan di atas, sekarang Anda lebih memahami cara kerja, fungsi, dan komponen-komponen camshaft secara menyeluruh. Segera bawa mobil Anda ke bengkel Daihatsu terdekat, apabila lampu check engine menyala, mesin mobil mati secara tiba-tiba, bahan bakar boros, akselerasi mobil menurun drastis. Kondisi tersebut merupakan ciri yang biasanya timbul ketika camshaft mobil bermasalah. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tips Servis Mobil di Bengkel Resmi Plus Keuntungannya

2021-08-15

Merawat kendaraan pribadi, seperti mobil, memang susah susah gampang. Jika Anda sudah memutuskan untuk membeli mobil, maka Anda harus siap dengan perawatan yang harus di

thumbnail

Cara Kerja Teknologi Mobil Hybrid dan Jenis-Jenisnya

2023-02-15

Mobil hybrid saat ini mulai digemari oleh masyarakat luas karena memiliki teknologi yang terbilang mumpuni. Cara kerja mobil hybrid bisa dibilang lebih kompleks dari

thumbnail

Mobil Bisa Distarter Tapi Tidak Nyala, Mengapa?

2021-01-11

Kendaraan bermotor seperti mobil, hendaknya memiliki waktu maintenance atau perawatan rutin. Pasalnya, dalam sebuah kendaraan roda empat terdapat banyak rangkaian mesin

thumbnail

5 Rekomendasi Mesin Steam Mobil Terbaik di 2024

2024-02-15

Memiliki mesin steam mobil sendiri sangat diperlukan karena Anda dapat membersihkan kotoran di mobil dengan maksimal. Selain itu, Anda juga dapat menghemat keuangan