Logo Daihatsu
Menu

Fungsi Crankshaft, Cara Kerja & Ciri Kerusakannya

Otomotif

2023-05-05

Fungsi Crankshaft, Cara Kerja & Ciri Kerusakannya

Sebagai pemilik mobil, sudah seharusnya mengetahui fungsi crankshaft, cara kerja, dan ciri kerusakannya agar dapat melakukan perawatan yang tepat. Seperti diketahui crankshaft juga merupakan komponen yang perlu diperhatikan dan dirawat secara rutin dan berkala.

Apabila hal tersebut diabaikan begitu saja, performa mobil akan menjadi kurang optimal. Yuk, langsung saja perhatikan ulasan di bawah ini agar Anda lebih memahami crankshaft lebih jauh lagi. 

Fungsi Crankshaft pada Mobil 

Crankshaft merupakan salah satu komponen yang memiliki peranan penting terhadap optimalisasi performa mobil. Komponen ini terletak pada bagian bawah silinder mesin dan berfungsi sebagai pengubah gerakan piston. Dengan adanya crankshaft maka gerakan piston yang naik turun akan diubah menjadi gerakan rotasi atau putaran. Gerakan rotasi tersebut nantinya digunakan untuk menggerakkan komponen lainnya sepeti flywheel agar lebih optimal. 

Tidak hanya, crankshaft juga memiliki fungsi lain yaitu menyalurkan energi transmisi dari timing belt untuk membuka katup (valve) mesin. Gerakan rotasi crankshaft juga berfungsi sebagai pendukung sistem kelistrikan pada mobil. Dengan begitu beberapa komponen sistem kelistrikan mobil seperti power steering, lampu mobil, hingga kompresor AC dapat berfungsi dengan optimal. 

Crankshaft juga berfungsi sebagai informan ECU mobil dalam beberapa hal. Mulai dari besaran RPM, sudut putaran crankshaft, hingga informasi mengenai kapan waktu yang pas melakukan pengapian dan injeksi bahan bakar. Fungsi ini khusus untuk mobil yang sudah menggunakan teknologi fuel injection

Cara Kerja Crankshaft

Crankshaft memiliki cara kerja yang bisa dibilang cukup kompleks. Komponen ini akan bekerja ketika proses pembakaran pada ruang pembakaran mesin berlangsung. Proses pembakaran tersebut akan menimbulkan ekspansi yang bisa dimanfaatkan sebagai energi mesin. Ekspansi tersebut akan menggerakkan piston ke bawah.

Kondisi ini akan dimanfaatkan oleh crankshaft untuk mengubah gerak naik turun piston menjadi gerak rotasi. Gerakan rotasi ini nantinya akan difungsikan untuk menggerakkan flywheel secara optimal. Agar flywheel dapat bergerak secara optimal, maka crankshaft membutuhkan bantuan komponen lainnya seperti small end, batang piston, hingga big end.

Baca Juga : Mengenal Fungsi Poros Engkol pada Kendaraan Roda Empat

Ciri Crankshaft Sudah Rusak

Mengingat fungsi crankshaft yang begitu penting, mengetahui ciri-ciri kerusakan pada komponen ini sangatlah penting. Dengan begitu, Anda bisa melakukan penanganan yang tepat ketika ciri-ciri kerusakan tersebut muncul. Berikut ciri-ciri kerusakan crankshaft yang perlu Anda ketahui.

1. Muncul suara berisik

Ciri pertama crankshaft rusak, dapat diketahui dari munculnya suara berisik dari bagian dalam mesin mobil. Bunyi tersebut tentu akan mengurangi kenyamanan Anda ketika berkendara sebab menjadi polusi suara.

2. Mesin mobil bergetar

Ciri kedua, mesin mobil menjadi bergetar ketika mobil berjalan. Kondisi tersebut diakibatkan oleh kondisi poros engkol yang rusak.

Baca Juga : Penyebab Mesin Mobil Bergetar Saat RPM Rendah, Yuk Ketahui!

3. Mobil kehilangan performa ketika melaju pada kecepatan tinggi

Ciri ketiga, mesin mobil akan mengalami penurunan performa ketika bermanuver. Kondisi ini dapat Anda rasakan dengan jelas ketika mobil sedang melaju pada kecepatan tinggi. Mobil terasa loyo dan sedikit tersendat-sendat. 

Secara umum, kerusakan yang terjadi pada crankshaft disebabkan oleh faktor usia, kebocoran mesin hingga penggunaan pelumas yang kurang berkualitas. Agar Anda dapat terhindar dari kondisi tersebut, sebaiknya Anda rutin mengecek komponen crankshaft.

Jika beberapa ciri di atas muncul pada mobil Anda, sebaiknya segera bawa mobil Anda ke bengkel Daihatsu. Di bengkel ini Anda akan mendapatkan pelayanan secara prima, karena ditangani oleh tenaga yang profesional, alat perbaikan yang mumpuni, dan suku cadang yang asli. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Ciri-Ciri Shockbreaker Depan Mobil Rusak dan Cara Memperbaikinya

2023-10-30

Shockbreaker merupakan komponen mobil yang berperan penting dalam meredam guncangan ketika mobil berjalan di jalanan rusak atau tidak rata. Dengan adanya komponen in

thumbnail

Pajak Progresif: Pengertian, Tarif dan Cara Menghitungnya

2024-02-26

Dalam konteks pembahasan mengenai pajak kendaraan bermotor, pikiran kita seringkali terarah pada pajak tahunan dan pajak lima tahunan. Namun, ternyata terdapat eleme

thumbnail

Cara Cek Pajak Kendaraan Kalsel Secara Online, Mudah!

2024-01-31

Cek pajak kendaraan Kalsel saat ini sudah dapat dilakukan secara online. Apakah Anda warga Kalsel sudah mengetahui caranya? Jika belum, mari perhatikan beberapa cara

thumbnail

Sistem Pelumasan: Komponen, Fungsi dan Cara Kerjanya

2022-11-22

Sistem pelumasan merupakan sistem yang digunakan untuk melumuri setiap komponen penggerak mesin dengan pelumas (oli). Tujuan pelumasan tersebut untuk meminimalkan be