Logo Daihatsu
Menu

Mengintip Jenis Komponen Kepala Silinder Pada Mesin Mobil

Otomotif

2021-01-07

komponen kepala silinder

Untuk memaksimalkan kinerja pada sebuah mobil, maka terdapat banyak sekali komponen mesin yang memiliki fungsi berbeda. Salah satu bagian mesin mobil yang sangat penting dan mempengaruhi kinerja sebuah mesin adalah komponen kepala silinder. 

Head cylinder ini   terdiri dari beberapa komponen vital. Untuk penjelasan lebih lanjut, berikut ulasan detailnya. 

1. Camshaft atau Poros Nok pada Head Cylinder

Bagian kepala silinder yang pertama adalah camshaft atau poros nok. Komponen yang satu ini memiliki fungsi untuk mengatur dan menekan valve lifter untuk mengatur katup agar terbuka dan tertutup. 

Hal ini bisa berfungsi pada katup buang ataupun katup hisap. Cara bekerja komponen ini menyesuaikan waktu dan laju mesin kendaraan sesuai dengan kebutuhan. 

Baca Juga: Kenali 5 Fungsi Blok Silinder pada Mobil

2. Valve Lifter atau Penumbuk Katup Head Cylinder

Untuk meneruskan tekanan dari bagian camshaft ke rocker arms, maka mesin mobil membutuhkan penumbuk katup atau yang dikenal dengan istilah valve lifter. Komponen ini memiliki bentuk yang menyerupai mangkuk dan terbuat dari bahan alumunium. 

Valve lifter pada komponen kepala silinder bekerja dengan gaya gesek rendah untuk mengurangi tenaga yang terjadi pada mesin.

3. Intake Valve dan Exhaust Valve Head Cylinder

Tidak kalah pentingnya dari komponen sebelumnya, ada juga intake valve dan juga exhaust valve yang masing masing bekerja sama pada mesin. 

Untuk intake valve atau katup hisap berfungsi sebagai pintu masuk udara yang mengarah pada komponen ruang bakar. Ukuran dari bagian ini cenderung lebih besar daripada yang lainnya karena untuk memasukkan udara dan bahan bakar. 

Sedangkan pada bagian exhaust valve atau sering disebut dengan katup buang, berfungsi sebagai pintu untuk keluar gas sisa pembakaran ke knalpot. 

Untuk bentuk komponen kepala silinder ini sendiri lebih kecil dari pada bagian katup hisap supaya campuran udara dan bahan bakar tidak ikut keluar pada proses pembuangan. Sehingga, bagian ini membantu kinerja mesin agar lebih optimal. 

4. Valve Seat dan Valve Keeper Head Cylinder

Sesuai dengan namanya, valve seat merupakan bagian kepala silinder mesin mobil yang berfungsi sebagai dudukan kepala katup. Kegunaan komponen tersebut dapat mencegah terjadinya beberapa hal, termasuk celah pada katup. 

Hal tersebut akan membuat kinerja mesin lebih maksimal karena tidak ada proses pembukaan sebelum dibutuhkan mesin. Sedangkan Valve keeper memiliki fungsi sebagai penahan posisi valve terhadap gaya pegas yang dihasilkan oleh mesin. 

Sesuai dengan namanya, katup ini akan berada diposisi yang sama, tidak bergerak kemana pun. Hal ini membuat katup akan tertarik ke arah atas dan menutup secara perlahan dengan tepat pada bagian valve seat di komponen kepala silinder. 

Itulah beberapa bagian head cylinder yang wajib anda tahu. Semua komponen saling bekerja sama untuk menghasilkan performa mesin lebih optimal. 

Mulai dari poros nok atau camshaft, penumbuk katup atau valve lifter, intake and exhaust valve, hingga valve seat dan valve keeper. Semua komponen sangat penting bagi kinerja mesin kendaraan roda empat.

Baca Juga: Sudah Tahu Fungsi Intake Manifold Mobil


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

AC Mobil Bunyi Mendesis? Ini Penyebabnya & Cara Mengatasinya

2023-05-09

AC mobil bunyi mendesis dapat terjadi secara tiba-tiba. Bahkan permasalahan ini sering membuat banyak pemilik mobil kebingungan. Kondisi tersebut tentunya membuat AC

thumbnail

Terlihat Sepele, Inilah Alasan Khusus Kerikil di Ban Mobil Harus Disingkirkan

2021-05-29

Ban mobil yang memang didesain dengan tekstur kasar bahkan terlihat jelas alurnya bertujuan sebagai celah air ketika mobil melewati genangan. Dengan begitu, mobil berjal

thumbnail

Apa Itu Posisi Duduk Ideal 3K?

2021-11-20

Ketika berkendara, Anda harus tahu bagaimana posisi duduk yang ideal demi menunjang kenyamanan. Hal ini biasa disebut dengan posisi duduk 3K, lalu apakah sudah mengetahui tentang konsep tersebut?

thumbnail

5 Cara Cek Pajak Kendaraan Riau Online Terbaru 2024, Mudah!

2024-02-15

Setiap kendaraan yang memasuki masa tenggang pembayaran pajak memiliki kewajiban untuk melunasi pajaknya. Salah satu syarat penting dalam proses pengecekan pajak adalah memasukkan nomor rangka kend