Logo Daihatsu
Menu

Fungsi Exhaust Valve pada Mobil dan Cara Kerjanya

Otomotif

2023-01-17

Fungsi Exhaust Valve pada Mobil dan Cara Kerjanya

Mengetahui lebih dini mengenai fungsi exhaust valve sangat bermanfaat. Dengan begitu Anda bisa membedakan dengan fungsi valve lainnya. Berikut fungsi selengkapnya, beserta cara kerjanya.

Fungsi Exhaust Valve

Seperti Anda ketahui valve mobil tidak hanya terdiri dari exhaust valve, namun juga terdiri dari intake valve. Kedua valve tersebut berguna untuk mengontrol aliran fluida, baik itu berupa gas ataupun cairan. Namun jika diperinci lagi, exhaust valve berfungsi sebagai pengatur sisa gas buang yang hendak dikeluarkan dari ruang pembakaran mesin. 

Sedangkan pada intake valve, memiliki fungsi yang berlawanan dengan exhaust valve. Yaitu, sebagai pengatur kapasitas udara dan bahan bakar yang hendak masuk ke ruang pembakaran mesin. 

Exhaust valve sengaja di desain memiliki ukuran diameter yang lebih kecil dibandingkan intake valve. Desain tersebut bertujuan agar proses pembuangan gas buang dari ruang pembakaran mesin bisa lebih mudah ketika piston bergerak.

Cara Kerja Exhaust Valve

Cara kerja valve mobil sangat bergantung pada kinerja piston silinder. Ketika terjadi pergerakan piston dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB) maka intake valve secara otomatis terbuka. Kondisi ini menandakan bahwa valve mobil melakukan proses pengisapan. Pada proses ini, bahan bakar dan campuran udara akan diisap oleh intake valve dan akan dialirkan ke ruang pembakaran. 

Namun sebaliknya, ketika pergerakan piston dari titik mati bawah (TMB) bergerak menuju titik mati atas (TMA) maka intake valve akan tertutup secara otomatis. Kondisi ini menandakan bahwa terjadi kompresi mesin. Dengan begitu, piston akan memulai proses pembakaran mesin. Selanjutnya, exhaust valve akan terbuka dan memulai proses pembuangan sisa gas buang dari ruang pembakaran.

Baca Juga : Fungsi Selenoid Valve pada Mobil dan Cara Kerjanya, Yuk Ketahui!

Dampak Buruk Apabila Valve Mobil Bermasalah

Mengingat fungsi dan cara kerja exhaust valve di atas, Anda harus rajin mengecek kondisi komponen ini. Apabila komponen ini bermasalah, maka dapat menimbulkan dampak buruk seperti berikut.

1. Oli mesin mudah habis

Dampak buruk dari valve mesin yang bermasalah dapat membuat kapasitas oli mesin cepat habis. Kondisi ini disebabkan karena terlalu panasnya ruang pembakaran mesin. Panas yang berlebihan tersebut dapat menyebar ke area kepala silinder dan batang katup sehingga membuat seal katup mudah getas atau aus. 

Kondisi ini dapat menyebabkan kebocoran oli mesin sehingga oli bisa masuk ke ruang pembakaran mesin. Akibatnya kinerja pembakaran mesin menjadi kurang optimal.

2. Penurunan tekanan kompresi

Valve yang bermasalah dapat membuat bahan bakar dan campuran udara masuk ke saluran pembuangan ketika proses kompresi sedang berlangsung. Kondisi ini dapat menyebabkan tekanan kompresi mesin menjadi menurun.

3. Penurunan performa mesin

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, valve mesin yang bermasalah dapat menyebabkan oli mesin masuk ke ruang pembakaran. Kondisi ini dapat mengganggu proses pembakaran mesin sehingga kurang optimal. Akibatnya mesin mobil menjadi gampang panas, berpotensi overheating dan menurunkan performa mesin

Agar fungsi dari exhaust valve mobil dapat berjalan dengan baik, Anda perlu mengecek kondisi valve secara rutin. Apabila ada masalah, segera lakukan penyetelan valve. Anda bisa melakukan penyetelan secara mandiri dengan menggunakan bantuan alat kunci pas dan ring, serta feeler gauge untuk mengatur celah katup. 

Jika Anda kurang memahaminya, Anda bisa membawa mobil Anda ke bengkel atau dealer Daihatsu terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Bahaya Memakai Ban Mobil untuk Perjalanan Jauh

2022-06-24

Anda sering melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil? Apakah Anda sudah mengecek kondisi mobil dengan menyeluruh sebelum melakukan perjalanan tersebut? Kondisi mobil

thumbnail

Penyebab Starter Dinamo Mobil Rusak!

2020-11-18

Pada mobil, tentunya starter merupakan salah satu komponen yang keberadaannya sangat penting. Starter mobil merupakan bagian yang berfungsi untuk menggerakan dinamo mobi

thumbnail

Perbedaan Mobil LCGC dengan Mobil Biasa, Wajib Tahu!

2024-02-22

Apakah Anda sudah mengetahui perbedaan mobil LCGC dengan mobil biasa? Jika belum, Anda wajib mengetahui perbedaannya agar pas dengan kebutuhan Anda. Lantas apa saja

thumbnail

Tingkatkan Performa, Ini 5 Sensor Penting di Sistem Bahan Bakar Injeksi

2020-11-17

Kini banyak pabrikan otomotif memproduksi kendaraan bermotor dengan menerapkan sistem bahan bakar injeksi. Apakah anda tahu bahwa motor bermesin injeksi ternyata telah d