Logo Daihatsu
Menu

Fungsi Menggunakan Cut-off pada Lampu LED Mobil

Otomotif

2022-06-26

Fungsi Cut-off pada Lampu LED Mobil

Dalam menggunakan lampu LED untuk mobil Anda, jangan membelinya secara sembarangan. Anda perlu memperhatikan berbagai hal ketika memilihnya, seperti pada bagian cut-off lampu LED mobil. Cut-off merupakan sorot cahaya atau titik fokus yang dihasilkan dari lampu LED dan memiliki bentuk seperti garis melintang. Fungsi cut-off pada lampu LED mobil ini akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan cahaya lampu yang maksimal ketika berkendara sehingga dapat meningkatkan keselamatan. Oleh karena itu penting halnya bagi Anda untuk memperhatikan apakah lampu LED mobil yang dipilih telah menggunakan cut-off atau tidak. 

Namun sayang disayangkan, meskipun sangat penting tetapi masih banyak dari Anda yang meremehkan cut-off pada lampu LED ini. Sehingga banyak yang menggunakan lampu LED mobil tanpa menggunakan cut-off. Lalu sebenarnya apa saja fungsi dari cut-off pada lampu LED mobil ini sehingga menjadi salah satu faktor yang sangat penting diperhatikan ketika membelinya? Simak fungsinya di bawah ini. 

Fungsi Cut-off pada Lampu LED Mobil

Mengapa Anda harus menggunakan cut-off pada lampu LED mobil? Dengan menggunakan cut-off pada lampu LED mobil, Anda akan mendapatkan berbagai manfaat yang tidak hanya menguntungkan Anda tetapi juga pengendara lain. Untuk mengetahui lebih dalam, berikut kami sajikan fungsi cut-off pada lampu LED mobil di bawah ini.  

Tidak Menyilaukan Pengendara Lain

Salah satu fungsi cut-off pada lampu LED mobil yaitu tidak akan membuat pengendara lain menjadi silau ketika melihat cahaya lampu mobil Anda. Hal tersebut disebabkan karena pada garis di bagian atas lampu LED tampak lebih gelap tetapi memiliki fokus di bagian bawah garisnya. Sehingga cahaya yang dihasilkan dengan menggunakan cut-off ini akan sangat terang pada bagian bawah garis cahaya sehingga akan memudahkan Anda dalam melihat jalan dengan baik. 

Meskipun cahaya yang dihasilkan berwarna putih dan terang, tetapi lampu yang menggunakan cut-off ini tidak akan menyilaukan dan mengganggu pengendara lain. Sehingga akan sangat aman digunakan untuk lampu LED mobil Anda. 

Memiliki Titik Fokus Cahaya Yang Baik

Lensa pada lampu LED mobil yang menggunakan cut-off, berfungsi untuk menyempitkan pembiasan cahaya yang dihasilkan sehingga akan menjadi lebih fokus. Jika Anda tidak menggunakan cut-off pada lampu LED, lampu akan menyorot  ke seluruh permukaan jalan di depan mobil. Jika hal tersebut terjadi, dapat mengganggu pandangan pengendara di sisi lawan arah. Sehingga dapat membahayakan pengendara lain hingga menimbulkan terjadinya kecelakaan. 

Namun untuk mobil yang menggunakan lampu LED aftermarket atau custom, perlu melengkapinya dengan lenas atau projector agar menghasilkan sorot cahaya dengan titik fokus yang tepat.  

Karena pentingnya fungsi cut-off pada lampu LED mobil, maka ketika membelinya jangan hanya memperhatikan cahaya terang yang dihasilkannya saja. Namun perhatikan juga terkait cut-off yang dimiliki lampu LED mobil agar tidak membahayakan pengendara lain. Selain itu, lampu LED mobil yang menggunakan cut-off memiliki ketahanan lebih lama dapat digunakan hingga lima tahun. Untuk mengetahui apakah lampu LED yang Anda gunakan menggunakan cut-off atau tidak, perhatikan pada bagian ujung dekat titik diode pijar atau lumens LED. Jika terdapat lensa kecil, maka lampu LED tersebut menggunakan cut-off. 

Bagi Anda yang sedang mencari penyedia jasa yang memproduksi mobil dengan kualitas lampu LED terbaik, gunakan saja jasa kami Daihatsu. Produk mobil kami telah dilengkapi dengan lampu LED bagian depan dengan pencahayaan putih terang yang dapat meningkatkan keamanan dan fokus saat Anda berkendara terutama di malam hari. Selain itu, pada beberapa model dan tingkatan lampu LED mobil kami, telah dilengkapi dengan fungsi perataan yang otomatis akan menyesuaikan proyeksi vertical lampu sesuai dengan berat penumpang dan bagasi.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Jangan Sembarangan, Berkendara di Jalan Tol Juga Ada Etikanya Loh

2021-09-30

source gambar : palu.tribunnews.com/Sangat penting bagi semua pengendara kendaraan beroda 4

thumbnail

Cara Parkir Mobil Aman Tanpa Merusak Transmisi Otomatis Mobil

2022-03-16

Parkir mobil aman tanpa merusak transmisi otomatis mobil wajib diketahui pemilik kendaraan. Mobil transmisi otomatis atau matic, merupakan jenis mobil yang paling banyak

thumbnail

Fungsi Menggunakan Cut-off pada Lampu LED Mobil

2022-06-26

Dalam menggunakan lampu LED untuk mobil Anda,

thumbnail

Komponen Sistem Kemudi Mobil, Fungsi dan Cara Kerjanya

2022-10-21

Sistem kemudi mobil bisa dibilang sistem yang paling penting karena berfungsi sebagai pengatur arah gerak roda mobil. Oleh karena itu, Anda wajib memahami komponen s