Logo Daihatsu
Menu

Fungsi Minyak Atsiri untuk BBM, Bisa Menghemat Penggunaan Hingga 50%

Otomotif

2021-01-20

minyak astiri

Minyak atsiri adalah salah satu minyak nabati yang belakangan ini banyak diperbincangkan. Hal tersebut dikarenakan salah satu fungsi minyak atsiri untuk BBM adalah menghemat penggunaannya hingga 30% dalam skala normal.

Dengan penghematan sebesar itu, penggunaan BBM tentu saja tidak ditekan sehingga bisa membantu perekonomian masyarakat. Pasokan BBM yang semakin hari semakin tinggi juga bisa ditekan sehingga tidak semakin langka.

Nah, sebenarnya bagaimana ya penggunaan minyak atsiri ini sehingga memiliki fungsi yang besar pada penggunaan BBM tersebut? Yuk langsung simak penjelasan berikut untuk tahu lebih banyak mengenai fungsi minyak atsiri untuk BBM!

Menyempurnakan Pembakaran

Menggunakan BBM oktan tinggi sudah jelas sangat efektif untuk melancarkan kinerja mesin kendaraan, bukan? BBM dengan nilai oktan tinggi tersebut memang terbukti ampuh dalam menyempurnakan pembakaran sehingga gas buangnya lebih sedikit sehingga polusi yang dihasilkan tidak terlalu berbahaya.

Akan tetapi, tahukah Sahabat jika fungsi minyak atsiri untuk BBM ternyata juga bisa menyempurnakan pembakaran? Terlebih, jika digunakan bersama BBM oktan tinggi.

Kinerja minyak atsiri yang bisa lebih menyempurnakan pembakaran tersebut dikarenakan minyak atsiri memiliki bahan aktif yang bersuhu panas. Bahan panas tersebut dapat mengikap kandungan di BBM untuk lekas menguapkan artikel yang menjadi lemah.

Percepatan penguapan pada bahan bakar tersebutlah yang membuat gas buang bisa menurun hingga 30%. Bahkan, dikatakan oleh Drs. Suwandi, M.Si., seorang peneliti sekaligus dosen di Telkom University, yang dikutip dari AntaraNews, dalam kondisi tertentu gas buang bisa menurun sampai 50% loh.

Telah Diteliti Selama 15 Tahun

Tidak main-main, penelitian mengenai fungsi minyak atsiri untuk BBM ini sudah dilakukan hingga 15 tahun lamanya. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa minyak atsiri bisa dicampur dalam BBM jenis pertamax, premium, hingga solar.

Ketika pengujian bahkan terbukti bahwa tidak masalah BBM dicampur dengan minyak atsiri untuk kendaraan yang menggunakan karburator ataupun injeksi. Semuanya bisa melakukan penghematan dan tidak terjadi hal yang merugikan pada mesin.

Jarak Tempuh Lebih Panjang

Ketika penggunaan BBM bisa dihemat, tentu saja pengguna tidak perlu cemas ketika melakukan perjalanan jauh, bukan? Biasanya, di beberapa daerah bisa saja tidak dijumpai penjual bahan bakar, baik SPBU maupun penjual BBM eceran sekalipun.

Penggunaan minyak atsiri yang bisa menekan gas buang sehingga BBM lebih dihemat penggunaannya tentu saja membuat kondisi di atas tidak lagi memusingkan. Hal tersebut dikarenakan BBM dengan tangki full bisa menambah jarak hingga belasan kilometer dari biasanya.

Akselerasi Mesin Lebih Cepat

Tidak hanya berfungsi untuk menghemat pemakaian BBM dengan pembakaran yang lebih sempurna, fungsi minyak atsiri untuk BBM bahkan bisa membuat laju kendaraan lebih cepat loh!

Hal tersebut dikarenakan mesin kendaraan lebih ringan dalam berfungsi sehingga lebih responsif. Dengan demikian, waktu akselerasi yang dilakukan oleh mesin bertambah cepat sekitar satu detik.

Tidak Korosif pada Mesin

Biasanya, ketika suatu hal memberikan fungsi, pasti ada celah negatifnya. Pada fungsi minyak atsiri untuk BBM belum ditemukan kelemahan. Bahkan, mencampurkan minyak nabati ini dipercaya tetap aman untuk mesin karena tidak bersifat korosif.

Minyak atsiri dengan merk Oktaniol sudah dipasarkan untuk umum. Harganya sebesar Rp30.000 untuk satu botol ukuran 12 mililiter.

Wah, hebat sekali ya ternyata fungsi minyak atsiri untuk BBM. Multifungsi, mulai dari menurunkan gas buang, menambah laju kendaraan, hingga mempercepat akselerasi. Jika demikian, mesin kendaraan tentu saja lebih terawat dan bisa berumur panjang juga sehingga perawatan mesin berkurang.

Bisa nih Sahabat terapkan untuk menghemat penggunaan BBM. Namun, jika belum sepenuhnya yakin dan mengerti bagaimana penggunaan minyak atsiri untuk dicampurkan di BBM, bisa ya konsultasi dengan bengkel langganan.

Penulis: Nisa Maulan Shofa


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Fungsi Bushing Arm Mobil yang Jarang Diketahui

2021-01-04

Fungsi bushing arm mobil adalah hal yang jarang diketahui, padahal sangat penting diketahui oleh para pemilik mobil. Dengan mengetahui fungsi tersebut, Sahabat bisa lebi

thumbnail

Cara Parkir Seri dan Paralel Berbeda, Lho! Ini Penjelasannya

2022-08-03

Cara parkir seri dan paralel menjadi salah satu pengetahuan yang harus dimiliki pengemudi. Parkir mobil dapat menjadi musuh besar bagi pengemudi. Walaupun terlihat sepele, tetapi h

thumbnail

Trik Mudah Merawat Dinamo Starter Mobil dan Motor

2020-12-04

Apabila Sahabat menggunakan mobil atau motor, untuk menghidupkannya agar mesin menyala, maka Sahabat harus menggunakan dinamo starter. Dimana bagian tersebut adalah komp

thumbnail

Inilah yang Harus Dilakukan Ketika Kampas Kopling Mobil Keluar Asap

2021-02-01

Kampas kopling adalah bagian mobil yang memiliki fungsi penting, terlebih untuk mobil manual, yaitu sebagai perpindahan dari transmisi satu ke transmisi selanjutnya. Lal