Logo Daihatsu
Menu

Fungsi Tatakan Plat Nomor Mobil dan Tips Memilihnya

Otomotif

2023-07-04

Fungsi Tatakan Plat Nomor Mobil dan Tips Memilihnya

Tatakan plat nomor mobil saat ini sudah banyak dijual baik secara offline ataupun online. Aksesoris yang satu ini banyak diminati masyarakat karena mampu menghilangkan bunyi berisik yang ditimbulkan plat nomor ketika mobil melewati permukaan jalan yang kurang rata. Jika Anda tertarik menggunakan aksesoris ini, sebelum membelinya Anda perlu mengetahui fungsi dari aksesoris ini serta tips memilihnya. Untuk selengkapnya perhatikan ulasan berikut ini.

Fungsi Tatakan Plat Nomor Mobil

Ada beberapa fungsi yang perlu Anda ketahui ketika Anda menggunakan tatakan plat nomor mobil. Berikut fungsi selengkapnya. 

1. Eksterior mobil terlihat lebih rapi

Selain interior, eksterior mobil juga perlu dijaga agar penampilan mobil lebih enak dipandang. Salah satu cara sederhana yang bisa membuat eksterior mobil Anda lebih enak dipandang ialah dengan menggunakan tatakan plat nomor. Aksesoris ini akan membuat eksterior mobil menjadi lebih elegan, sederhana, dan rapi. Plat nomor yang dipasang tanpa tatakan mobil membuat eksterior mobil kurang rapi, dan terkesan biasa saja ketika dipandang.

2. Melindungi tangan dari luka ketika mencuci mobil

Seperti diketahui, plat nomor mobil terbuat dari material bahan plat logam dengan ukuran tipis. Ujung plat nomor bisa dibilang memiliki permukaan yang kurang rata dan sedikit tajam. Hal ini tentu berbahaya jika tidak ditutupi dengan benda tumpul. Ujung plat nomor tersebut bisa melukai tangan Anda ketika mencuci mobil. Oleh karena itu, Anda perlu memasang tatakan plat nomor pada mobil Anda, agar aman ketika mencuci mobil.

3. Memperpanjang usia kerusakan plat nomor

Meski plat nomor terbuat dari material bahan logam, plat nomor bisa dibilang mudah rusak. Kerusakan plat nomor sendiri bisa terjadi akibat tergores benda, sehingga merusak cat dari plat nomor hingga penyok. Hal ini tentunya akan membuat penampilan mobil Anda buruk dan tidak enak dipandang mata. Oleh karena itu, Anda perlu tatakan plat nomor untuk mencegah goresan atau benturan yang bisa merusak kondisi plat nomor.

Baca Juga : Biaya Ganti Plat Mobil, Syarat, dan Prosedur Terbaru 2023

Tips Memilih Tatakan Plat Nomor Mobil

Jika Anda berniat untuk membeli tatakan plat nomor untuk mobil kesayangan Anda, ada beberapa tips memilih yang perlu Anda ketahui. Berikut tips selengkapnya.

1. Pilih tatakan yang sesuai dengan ukuran plat

Tips pertama, Anda perlu mengukur panjang dan lebar plat nomor mobil Anda sebelum membeli tatakan. Hal ini agar tatakan sesuai dengan ukuran plat nomor mobil Anda. Ukuran plat nomor polisi saat ini memiliki panjang 46 cm, dan lebar 13,5 cm. 

2. Perhatikan kualitas material bahan tatakan plat nomor

Di pasaran sendiri, tatakan plat nomor untuk mobil terbuat dari berbagai macam bahan, mulai dari plastik, akrilik, hingga logam. Pastikan Anda memilih material bahan yang tidak mudah berkarat, dan mudah patah, seperti akrilik. Tatakan mobil akrilik akan memberikan kesan yang modis dan kekinian karena jenis ini memiliki banyak pilihan warna.

3. Pilih model tatakan plat mobil sesuai dengan selera

Saat ini model tatakan plat mobil sangat beragam, mulai dari model JDM (Japanese Domestic Market), hook, dan loop. Pastikan Anda memilih sesuai dengan selera Anda.

4. Perhatikan keasliannya

Tips terakhir, Anda perlu membeli tatakan plat nomor yang asli. Untuk menghindari produk palsu, Anda bisa membeli tatakan dengan merek ternama di outlet resminya atau di variasi mobil ternama.

Demikian tips memilih tatakan plat nomor mobil yang bisa Anda contoh. Saat ini tatakan mobil sudah ada yang digital dan dapat dipasang lampu. Jadi ketika mobil di rem, plat nomor dan tatakan plat nomor dapat menyala sesuai dengan warna lampu yang dipilih. Jika Anda berniat membeli tatakan model ini, Anda perlu bantuan mekanik profesional seperti mekanik bengkel Daihatsu untuk melakukan pemasangan. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

3 Jenis Mesin Mobil Berdasarkan Konfigurasinya

2020-12-04

Jenis mesin mobil adalah hal yang begitu penting jika berbicara tentang transportasi roda empat ini. Jika hendak mencari mobil terbaik, tentu yang tak luput untuk diperh

thumbnail

Fungsi Lampu Rem Belakang Mobil dan Komponennya

2023-01-16

Lampu rem belakang mobil merupakan komponen penerangan mobil yang dapat mengurangi risiko kecelakaan. Namun, lampu tersebut sering kali dianggap sepele sehingga kera

thumbnail

5 Cara Cek Pajak Kendaraan Riau Online Terbaru 2024, Mudah!

2024-02-15

Setiap kendaraan yang memasuki masa tenggang pembayaran pajak memiliki kewajiban untuk melunasi pajaknya. Salah satu syarat penting dalam proses pengecekan pajak adalah memasukkan nomor rangka kend

thumbnail

Letak Kode Sekring Klakson Mobil, Arti & Cara Membacanya

2022-08-09

Beberapa orang pasti pernah mengalami sekring mobil meleleh atau mati secara tiba-tib