Logo Daihatsu
Menu

Nama-Nama Bagian Eksterior Mobil & Tips Merawatnya

Otomotif

2023-03-05

Nama-Nama Bagian Eksterior Mobil & Tips Merawatnya

Eksterior mobil merupakan daya tarik pertama yang dapat memikat semua orang yang memandangnya. Oleh karena itu, perlu dirawat dan dibersihkan selalu agar penampilan eksterior selalu bersih dan menawan. Berikut ini akan dijelaskan mengenai tips merawat eksterior pada mobil dengan benar.

Nama-Nama Bagian Eksterior Mobil dan Cara Merawatnya

Sama seperti interior mobil, eksterior pada mobil terdiri dari beberapa bagian dan setiap bagiannya memiliki perawatan yang khusus. Di bawah ini akan diajarkan beberapa tips merawat eksterior yang bisa Anda contoh. Berikut tips selengkapnya.

1. Bodi mobil

Bodi mobil merupakan eksterior mobil yang paling besar karena menutupi semua rangka mobil. Bodi mobil ini kerap kali rawan terhadap goresan atau baret. Baik terkena goresan saat memarkir mobil, tertabrak atau tergores kendaraan lain, maupun kejatuhan ranting pohon. 

Selain itu, bodi mobil juga dapat menjadi kusam karena lamanya penggunaan mobil di area yang terlalu panas. Agar bodi mobil selalu bersih dan berkilap, serta terhindar dari baret, Anda perlu memperhatikan tips perawatan berikut ini.

  • Hindari memarkir mobil sembarangan seperti memarkir di lahan parkir yang tidak memiliki atap. Atau terkena sinar matahari yang terlalu panas dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal ini dapat menyebabkan warna cat bodi mobil menjadi kusam.
  • Rajin mencuci mobil setidaknya minimal seminggu sekali agar bodi mobil terhindar dari kotoran, lumpur, atau debu yang menempel.
  • Gunakan sabun khusus untuk mencuci mobil agar tidak merusak warna cat bodi mobil.
  • Gunakan kanebo ketika hendak mengeringkan mobil yang telah dicuci.
  • Gunakan pemoles khusus mobil agar warna cat bodi mobil berkilau.
  • Jika terdapat goresan Anda bisa menggunakan wax khusus menyamarkan baret. Pastikan produk yang Anda pilih tidak bersifat terlalu abrasif.

2. Velg mobil

Bagian eksterior selanjutnya ialah velg mobil. Eksterior ini akan menambah kesan mewah pada mobil. Eksterior ini juga kerap kali sering di modifikasi oleh penggemar modifikasi. Kondisi velg mobil juga perlu diperhatikan karena rentan kotor.

Untuk merawatnya cukuplah mudah, Anda hanya perlu membersihkannya dengan rutin seminggu sekali. Anda bisa membersihkan velg ketika mencuci mobil. Gunakan sikat gigi untuk membersihkan partikel kotoran, atau lumpur yang menempel di sela-sela bagian velg.

Baca Juga : 6 Rekomendasi Warna Velg Mobil yang Keren dan Kekinian

3. Spoiler mobil

Penggunaan spoiler mobil sebagai eksterior pemanis mobil saat ini memang kerap kali digunakan. Selain menambah manis penampilan mobil, fungsi spoiler mobil juga dapat meningkatkan kecepatan mobil ketika bermanuver.

Dengan komponen ini mobil menjadi lebih aerodinamik ketika melaju. Untuk perawatannya sendiri, sama dengan perawatan bodi mobil, yaitu perlu dicuci dan diberikan wax untuk mempercantik spoiler.

4. Kaca film mobil

Bagian eksterior ini berfungsi melapisi bagian kaca mobil agar pengemudi tidak terkena radiasi panas saat mengemudikan mobil. Selain itu, komponen ini dapat mencegah serpihan kaca mengenai pengemudi ketika terjadi kecelakaan.

Cara perawatan komponen ini terbilang cukup mudah, Anda hanya perlu rajin membersihkannya minimal seminggu sekali. Gunakan sabun atau sampo khusus mobil, gunakan lap berbahan dasar microfiber ketika mengelap agar tidak menimbulkan goresan pada kaca.

Baca Juga : Cara Mudah Membersihkan Bagian Interior Mobil

5. Bemper mobil

Bagian eksterior ini berfungsi melindungi mobil dari benturan ketika kecelakaan. Untuk merawat komponen ini, Anda perlu memarkir mobil dengan posisi yang benar. Serta selalu menjaga jarak dengan kendaraan lain yang berada di depan mobil Anda.

Selain itu, Anda perlu membersihkannya dengan cara mencucinya, gunakan shampo khusus mobil. Hindari pemakaian deterjen saat membersihkannya karena dapat merusak warna bemper mobil dan menyebabkan korosi. 

Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan perawatan seperti di atas, Anda bisa membawa mobil Anda ke salon mobil terdekat. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Cek Pajak Kendaraan Batam Secara Online, Terbaru 2024

2024-02-15

Pada tahun 2023, Indonesia mengalami lonjakan signifikan dalam era digitalisasi, mencakup hampir semua sektor, termasuk proses pengecekan dan pembayaran pajak kendaraan motor. Khususnya di wilayah

thumbnail

Plat BP Daerah Mana? Cek Info Lengkapnya di Sini

2023-12-14

Kode plat BP merujuk pada kendaraan yang terdaftar di wilayah Kepulauan Riau, Indonesia. Ini mencakup kota-kota seperti Tanjung Pinang, Batam, dan masih banyak lagi. Penggunaan kode ini penting unt

thumbnail

Begini Prosedur Serah Terima Mobil Baru dari Dealer yang Benar dan Aman bagi Konsumen

2021-12-20

Membeli mobil dari dealer bukan jaminan bahwa kemudian urusan Anda selesai. Namun, masih ada beberapa hal yang harus diperhatikan terjadi prosedur serah terima

thumbnail

Waspada! 5 Hal Penyebab Mobil Terbakar Yang Patut Dihindari

2021-01-12

Mobil yang terbakar dengan sendirinya tentu menjadi permasalahan yang bisa membahayakan jiwa. Sebagian dari Anda mungkin hanya mengira jika mobil hanya dapat terbakar ak