Logo Daihatsu
Menu

Apa itu Wax Mobil? Inilah Fungsi dan Cara Membuatnya

Otomotif

2022-10-25

Apa itu Wax Mobil? Inilah Fungsi dan Cara Membuatnya

Ada berbagai macam perawatan yang harus dilakukan oleh pemilik kendaraan agar bodi mobilnya tetap berada dalam kondisi yang baik. Pemilik kendaraan bukan hanya harus rajin mencuci, tetapi sesekali harus melakukan wax mobil. 

Namun, hingga sekarang tidak sedikit pemilik kendaraan yang salah kaprah memahami wax. Banyak yang menganggap jika wax merupakan hal yang kurang penting. 

Apa itu Wax Mobil? 

Wax mobil adalah lapisan yang memiliki bentuk sintetis serta dibuat dari bahan carnauba wax, petroleum distillates, natural oil, serta beeswax. Pengaplikasiannya ada di bagian permukaan bodi kendaraan. Jika sudah diaplikasikan, wax akan membentuk lapisan tipis. 

Wax dapat memberi pertahanan pada kilau cat serta warna mobil sehingga mobil tidak akan mudah kusam. Umumnya, wax diaplikasikan di mobil yang masih baru agar dapat mempertahankan kilapnya. Dengan menggunakannya, mobil akan terlihat selalu baru. 

Pengaplikasian wax ini juga harus terus dilakukan bila mobil sudah melewati tahapan polish. Beda dengan wax, polish merupakan cairan yang memiliki sifat abrasive sehingga bisa mengikis permukaan cat. Penggunaan polish sendiri untuk mengembalikan kondisi cat yang sudah kusam. 

Bukan hanya itu, polish juga digunakan untuk menghilangkan baret mobil karena bisa mengikis bagian yang cacat dan membuat tampilan mobil mengkilap kembali. Dengan mengetahui fungsinya, Anda tidak akan keliru dalam penggunaannya. 

Baca Juga :  Jenis dan Rekomendasi Compound Mobil yang Bagus

Fungsi Wax Mobil

Tentu saja perawatan seperti wax pada mobil ini memiliki sejumlah fungsi. Berikut beberapa diantaranya, antara lain:

Dapat Menghilangkan Goresan

Ketika mobil digunakan, biasanya goresan tipis akan muncul. Bahkan, sebagai pemilik kendaraan, terkadang kita tidak menyadari, kapan goresan tersebut muncul. Salah satu fungsi yang dimiliki wax ialah menghilangkan goresan. 

Melindungi Cat

Wax juga bisa melindungi cat dari berbagai kotoran. Terkadang, kotoran mobil dapat menyebabkan cat mengelupas. Wax dapat melindungi mobil dari kotoran seperti hujan asam, kotoran burung, korosi, serangga dan lainnya. 

Mengantisipasi Biaya Perbaikan Bodi Mobil

Ketika melihat goresan tipis pada bodi mobil, pasti akan membuat Anda menjadi tidak nyaman, terutama dari segi tampilan. Untuk mengatasinya, wax dapat dijadikan sebagai andalan. Tampilan mobil akan tetap mulus ketika menggunakan wax. 

Memberi Perlindungan UV

Sinar UV memang tidak bisa kita hindari saat menggunakan mobil. Tetapi, bukan berarti mobil tidak dapat dilindungi dari bahaya UV yang bisa membuat warna kendaraan pudar. Untuk melindungi mobil dari bahaya UV, Anda dapat menggunakan wax. 

Baca Juga : 6 Rekomendasi Penghilang Baret Mobil Terbaik & Ampuh

Cara Membuat Wax

Setelah mengetahui fungsinya, apakah Anda ingin membuat wax sendiri? Sebenarnya, Anda dapat membeli produk Wax di pasaran. Tetapi, jika ingin membuatnya sendiri, Anda dapat menyiapkan lilin lebah, carnauba wax pure, linseed oil, minyak esensial, kain lembut dan double boiler. Cara membuatnya, yaitu:

  1. Masukkan air dalam double boiler dan panaskan dengan menggunakan api kecil.
  2. Masukkan bahan-bahan lain dan aduk sampai semua bahan meleleh.
  3. Setelah semua tercampur dengan sempurna, tuangkan dalam kaleng penyimpanan.
  4. Biarkan selama 10 hingga 24 jam, nantinya wax akan menjadi padat dan dapat digunakan untuk memoles mobil.
  5. Sebelum memoles mobil, Anda harus mencuci mobil dengan bersih serta membiarkannya sampai kering.
  6. Aplikasikan wax dengan menggunakan kain lembut. Agar hasil maksimal, Anda juga dapat menggunakan mesin poles. 

Wax mobil memang dapat membuat tampilan kendaraan terjaga dengan baik. Namun, selain memperhatikan tampilan kendaraan, pastikan Anda juga memperhatikan masalah mesin mobil. Untuk melakukan perawatan berkala, pastikan membawa bengkel ke bengkel resmi Daihatsu. Anda dapat booking perawatan secara online, sehingga tidak akan membutuhkan banyak waktu untuk menunggu antrian. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

6 Penyebab Kipas Radiator Mobil Tidak Berputar & Solusinya

2022-08-19

Anda pasti pernah mengalami masalah kipas radiator mobil yang tidak bisa berputar. Masalah tersebut menyebabkan mesin mobil overheat dan membuat suhu di dalam mobil terasa panas.

thumbnail

GIIAS 2022 : Jadwal, Lokasi, Harga Tiket dan Mobil Terbaru

2022-08-08

Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) kembali dihelat tahun 2022 ini. Seperti tahun sebelumnya, GIIAS tahun ini juga akan mengusung tema positif untuk masa depan industri otomot

thumbnail

Jalur Kabel Dinamo Starter Mobil dan Fungsinya

2023-07-28

Sebagai pemilik mobil perlu rasanya mengetahui letak dan memahami jalur kabel dinamo starter mobil beserta fungsinya. Sebab jalur tersebut, sangat berpengaruh terhad

thumbnail

Jenis Marka Jalan dan Fungsinya

2021-11-20

Marka jalan atau rambu-rambu lalu lintas memiliki peran pe