Logo Daihatsu
Menu

Jenis dan Rekomendasi Compound Mobil yang Bagus

Otomotif

2022-09-06

compound mobil yang bagus dan terbaik

Bicara tentang perawatan mobil, salah satu perawatan yang tidak boleh dilupakan adalah perawatan cat mobil. Mobil dengan cat yang mulus dapat membuat mobil terlihat lebih elegan dan enak dipandang. Untuk mewujudkan hal tersebut Anda perlu membeli compound mobil yang bagus untuk menghilangkan baret pada mobil.

Namun, saat ini banyak sekali produk compound yang beredar. Agar Anda tidak bingung dan tidak salah pilih, berikut rekomendasi merk compound terbaik yang bisa Anda gunakan. Sebelum membahas merk produk compound terbaik, sebaiknya Anda mengetahui apa itu compound, fungsi, dan jenisnya.

Apa itu Compound untuk Mobil? Kenali Disini!

Ketika membahas tentang compound untuk mobil, tidak semua pemilik mobil mengetahui hal ini, terutama seseorang yang baru memiliki mobil.

Compound adalah bahan yang bersifat abrasif yang digunakan sebagai bahan untuk memoles guna menyamarkan goresan atau baret pada permukaan cat kendaraan.

Fungsi Menggunakan Compound pada Mobil

Berikut beberapa fungsi jika Anda menggunakan compound pada mobil:

  1. Mengatasi masalah baret atau goresan pada mobil dengan menyamarkannya.
  2. Melicinkan dan membuat permukaan bodi kendaraan berkilap.
  3. Dapat menghilangkan jamur di permukaan cat kendaraan.
  4. Membersihkan percikan aspal saat mobil melaju.

Baca Juga : 5 Cara Ampuh Menghilangkan Jamur Pada Kaca Mobil

Jenis-jenis Compound Mobil

Ketika Anda ingin menggunakan compound untuk pemakaian mandiri, sebaiknya Anda perhatikan jenisnya. Berikut jenis-jenis compound yang wajib Anda ketahui.

1. Compound Merah

Jenis compound ini merupakan compound dengan tingkatan abrasif yang tinggi dan dapat mengikis cat. Biasanya jenis ini digunakan mengatasi baret yang parah dan digunakan di kaca mobil dengan bantuan mesin poles. 

2. Compound Putih

Jenis compound ini digunakan setelah penggunaan compound halus apabila bekas baret masih belum bisa dihilangkan.

3. Compound Halus

Jenis compound ini merupakan compound yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat.

Rekomendasi Merek Compound yang Bagus dan Terbaik

Setelah mengetahui apa itu compound hingga jenis-jenisnya, berikut ini 5 rekomendasi compound mobil terbaik :

1. Turtle Wax

Turtle Wax compound

Siapa sih yang tidak kenal dengan merk legendaris ini. Turtle Wax merupakan merk compound yang sudah dikenal oleh pecinta otomotif lebih dari 71 tahun. 

Ada beberapa produk dari merk ini yang laris di pasaran seperti Turtle Wax Rubbing Compound Heavy Duty Cleaner (Compound untuk menghilangkan baret ringan hingga berat), dan Turtle Wax Clean Finish Polishing Compound. Produk yang satu ini berfungsi untuk menghilangkan goresan halus, menghilangkan baret pada cat mobil agar berkilau seperti baru.

2. Meguiar’s

Merk Compound ini sudah tidak asing bagi Anda. Jika Anda sering melakukan perawatan mobil di salon mobil, produk ini sering menjadi andalan, yaitu Meguiar’s Ultimate Compound. Produk compound yang diklaim memberikan hasil terbaik menghilangkan goresan mobil dengan waktu yang singkat. Sangat cocok digunakan bagi Anda yang memiliki kesibukan tinggi.

3. Mothers

Merk terbaik selanjutnya adalah Mothers. Salah satu rekomendasi produk compound terbaiknya adalah Mothers California Gold Scratch Remover. Produk ini sangat ampuh menghilangkan baret secara singkat karena bersifat tinggi abrasif.

4. Carlack 68

Rekomendasi selanjutnya adalah Carlack 68. Salah satu produknya yang terkenal adalah Carlack 68 Polish Compound. Produk ini diformulasikan tidak hanya dapat menghilangkan baret pada cat mobil. Namun, dapat digunakan pada kaca mobil yang baret. 

Produk ini juga terbilang sangat aman karena tidak mengandung silikon sehingga tidak membuat warna cat mobil menjadi pudar. 

Baca Juga : Begini 3 Cara Mudah Mengkilapkan Cat Mobil

5. Kit

Merk yang satu ini pasti Anda sudah mengenalnya. Kit merupakan merek yang sangat terkenal di Indonesia dalam hal memoles bodi kendaraan. Salah satu produk compound mobil andalannya adalah Kit Rubbing Compound. 

Produk ini sangat cocok untuk menghilangkan baret yang tidak terlalu besar. Karena produk ini memiliki kemasan yang ekonomis dan hemat di kantong.

Nah, itulah 5 rekomendasi merk compound mobil yang bagus dan terbaik yang bisa Anda pilih. Setelah mengetahui beberapa merk tersebut, merk mana yang akan Anda jadikan pilihan? Dapatkan juga info perawatan mobil dengan ahlinya dengan mengunjungi bengkel Daihatsu terdekat.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Amankah Mengemudi Sambil Mendengarkan Musik? Ini Tipsnya!

2022-09-06

Mendengarkan musik telah menjadi rutinitas setiap orang yang ingin berkendara terlebih untuk menempuh jarak yang cukup jauh. Musik membuat perjalanan menjadi lebih menye

thumbnail

Fungsi Glasswool Saat Mobil Memakai Knalpot Racing

2022-09-06

Bagi pengguna knalpot racing, mungkin tidak asing dengan istilah glasswool. Glasswool pada knalpot racing, memiliki material insulasi yang terbuat dari fib

thumbnail

Mengenal Mesin Mobil Hybrid dan Kelebihannya

2022-09-06

Seiring dengan berkembangnya inovasi dunia otomotif, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan mesin mobil hybrid. Mesin hybrid adalah mesin yang sumber pengg

thumbnail

Penyebab Piston Mobil Diesel Baret

2022-09-06

Sebagai pemilik mobil diesel, tentu Anda harus memperhatikan berbagai komponennya agar tetap terawat dan bekerja dengan baik. Bahkan kesalahan-kesalahan dalam perawatan