Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Jadwal, Syarat, dan Alur Pemutihan Pajak Kendaraan Jakarta 2023
13 April 2023
Info Lengkap Pemutihan Pajak Kendaraan Jakarta 2023, Yuk Catat!

Pemutihan pajak kendaraan merupakan sebuah program yang memberikan keringanan kepada pemilik kendaraan bermotor yang memiliki tunggakan denda pajak. Dalam skema pemutihan pajak kendaraan, denda dihapuskan sebagai bentuk keringanan bagi pemilik kendaraan. Dengan demikian, pemilik kendaraan hanya perlu membayar pajak kendaraan tanpa beban denda.

Berita baiknya bagi anda warga Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah meluncurkan program pemutihan pajak kendaraan hingga akhir tahun 2023. Program ini memungkinkan warga Jakarta untuk melaporkan pajak kendaraan dengan hanya membayar pajak pokok, tanpa perlu khawatir akan denda atau sanksi administratif yang besar. Sebagai langkah inovatif, pembayaran pajak kini dapat dilakukan tidak hanya pada hari kerja Senin-Jumat, namun juga pada hari Sabtu, memberikan fleksibilitas tambahan bagi masyarakat.

Mengutip dari akun instagram resmi Badan Pendapatan Daerah DKI Jakarta (@humaspajakjakarta), pada hari Sabtu, Samsat DKI Jakarta tetap buka selama bulan Oktober-Desember 2023 dengan jam operasional khusus dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB di Samsat Induk. Meskipun kebijakan ini hanya berlaku di lima wilayah kota administrasi DKI Jakarta yang memiliki kantor Samsat Induk, penting untuk dicatat bahwa layanan ini tidak termasuk gerai dan Samsat keliling.

Sebagai informasi tambahan, Bapenda DKI Jakarta juga menyatakan bahwa pemutihan ini mencakup penghapusan denda pajak kendaraan atau penghapusan sanksi administrasi untuk Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama (BBNKB).

Menurut informasi dari laman tersebut, pemutihan ini melibatkan:

  1. Penghapusan sanksi administrasi secara otomatis untuk pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan.
  2. Penghapusan sanksi administrasi terkait bunga atau denda tanpa memerlukan permohonan khusus dari wajib pajak, dilakukan melalui penyesuaian sistem pajak daerah.
  3. Penghapusan sanksi administrasi diberikan kepada wajib pajak yang membayar pokok pajak mulai tanggal 22 Juni 2023.

Nah Bagi Anda warga kota Metropolitan yang ingin melakukan pemutihan, berikut kami sajikan informasi lengkap terkait pemutihan pajak kendaraan Jakarta di tahun 2023. 

Persyaratan Pemutihan Pajak Kendaraan

Persyaratan ini tidaklah rumit, karena para wajib pajak hanya perlu menyiapkan beberapa dokumen, yaitu:

  1. KTP asli dan salinan sesuai dengan STNK kendaraan.
  2. STNK asli dan salinan atas nama pemilik kendaraan.
  3. BPKB asli dan salinan, yang akan digunakan untuk pembayaran pajak tahunan.

Untuk program pembebasan denda balik nama kendaraan bermotor atau BBNKB II, terdapat dokumen tambahan yang harus dilampirkan, seperti:

  1. Hasil cek fisik kendaraan.
  2. Kuitansi jual beli kendaraan asli dan salinan, yang sudah ditandatangani di atas materai 10 ribu.

Dengan memenuhi persyaratan ini, pemilik kendaraan dapat dengan mudah mengikuti program pemutihan pajak kendaraan di Jakarta.

Alur Pemutihan Pajak Kendaraan

Berikut merupakan tahapan umum program pemutihan pajak kendaraan:

1. Melengkapi persyaratan dokumen yang diperlukan

Sebelum memulai proses pemutihan denda pajak, penting untuk menyiapkan semua berkas persyaratan yang telah disebutkan sebelumnya. Pastikan untuk melengkapi semua persyaratan sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya.

2. Mengunjungi kantor Samsat terdekat, datang ke loket lalu serahkan seluruh persyaratannya 

Langkah kedua adalah mengunjungi kantor Samsat terdekat setelah semua persyaratan terpenuhi. Saat tiba di kantor Samsat, segera menuju loket untuk menyerahkan seluruh berkas persyaratan.

3. Pihak petugas akan melihat kelengkapan berkas

Petugas akan melakukan pengecekan kelengkapan berkas persyaratan Anda. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin diminta untuk mencabut berkas jika melakukan balik nama kendaraan dengan alamat luar wilayah atau provinsi tempat tinggal Anda. Sebagai contoh, jika kendaraan sebelumnya dibeli di luar tempat tinggal Anda seperti Surabaya, meskipun Anda tinggal di DKI Jakarta.

4. Petugas akan melakukan cek fisik kendaraan seperti memeriksa nomor rangka dan mesin kendaraan

Setelah berkas dinyatakan lengkap, langkah berikutnya adalah melakukan pengecekan fisik kendaraan. Petugas akan memeriksa nomor mesin dan nomor rangka kendaraan Anda. Pastikan untuk meminta bukti hasil pengecekan fisik kepada petugas.

5. Mengunjungi loket pengesahan membawa berkas persyaratan untuk pengesahan kepemilikan kendaraan

Selanjutnya, kunjungi loket pengesahan cek fisik kendaraan untuk proses balik nama. Pastikan untuk mengunjungi loket pengesahan balik nama kendaraan dengan melampirkan persyaratan yang telah dijelaskan sebelumnya.

6. Melakukan pembayaran BPKB dan STNK

Setelah tahap-tahap sebelumnya selesai, langkah terakhir adalah melakukan pembayaran pajak atau denda di loket saat mengambil STNK. Pastikan untuk membawa BPKB asli dan persyaratan lainnya. Setelah semuanya selesai, tunggu hingga nama Anda dipanggil oleh petugas, dan Anda akan diberikan STNK baru.

Apa Tujuan Pemutihan Pajak Kendaraan?

Setelah mengetahui pengertian pemutihan pajak kendaraan, selanjutnya mari membahas apa tujuan diadakannya program ini.

Tujuan untuk Instansi

  • Menambah pemasukan melalui jalu wajib pajak kendaraan bermotor.
  • Dapat meningkatkan kepatuhan dan ketaatan khususnya kepada para wajib pajak agar nantinya tidak akan menunda kewajibannya membayar pajak kendaraan.
  • Menambah pemasukan khususnya di daerah penyelenggara pemutihan pajak kendaraan.
  • Dapat mendorong pihak wajib pajak untuk segera membayar pajak kendaraan yang tertunda atau yang telah jatuh tempo. 

Tujuan untuk Wajib Pajak

  • Meringankan wajib pajak khususnya dalam pembayaran biaya yang dibebankan kepada mereka. 
  • Melegalkan kendaraan tanpa harus merasa khawatir terkait legalitas.
  • Meringankan dan membuat nyaman para wajib pajak ketika mengurus biaya yang nantinya wajib dibayarkan. Terlebih program ini juga dapat membersihkan nama dari pihak wajib pajak tersebut apabila terjerat kasus penyalahgunaan pajak mati.

Itulah informasi pemutihan pajak kendaraan Jakarta 2023. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Cara Mengetahui Pajak Kendaraan Diblokir atau Tidak, Cek di Sini!

Tips Sahabat Lainnya
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku