Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Apa itu Pemutihan Pajak Kendaraan? Ini Syarat dan Cara Terbaru
02 Januari 2023
Apa itu Pemutihan Pajak Kendaraan? Ini Syarat dan Cara Terbaru

Pemutihan pajak kendaraan merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia terutama bagi mereka yang menunggak pajak. Mengapa demikian? Untuk memahaminya, perhatikan ulasan lengkap mengenai apa itu pemutihan pajak, syarat pengajuannya, dan cara mengurusnya seperti berikut.

Apa itu Pemutihan Pajak Kendaraan?

Anda pasti pernah mendengar istilah program pemutihan pajak. Lantas sebenarnya apa yang dimaksud dengan program pemutihan pajak tersebut? Pemutihan pajak merupakan program di mana denda pajak kendaraan bermotor yang menunggak diberikan keringanan. 

Kondisi tersebut bisa dibilang sebagai suatu pengampunan terhadap penunggak pajak kendaraan sehingga meringankan beban masyarakat ketika membayar pajak. Tujuan program tersebut diadakan agar masyarakat bisa taat pajak dan tidak menunggak pembayaran denda.

Baca Juga : Biaya Cabut Berkas Mobil, Syarat dan Prosedur Terbaru

Syarat Mendapatkan Pemutihan Pajak Kendaraan

Program pemutihan pajak di Indonesia sendiri diselenggarakan di beberapa wilayah Indonesia. Lantas apa saja syarat untuk mendapatkan pemutihan pajak tersebut? Untuk selengkapnya, perhatikan syarat-syarat berikut ini.

  1. Melampirkan KTP asli yang sesuai dengan STNK kendaraan, beserta fotokopinya.
  2. Melampirkan STNK asli pemilik kendaraan beserta fotokopinya.
  3. Melampirkan BPKB asli dan fotokopinya yang nantinya digunakan untuk keperluan pembayaran pajak tahunan.
  4. Melampirkan kuitansi pembelian atau hak milik kendaraan asli yang sudah dibubuhi materai dan tanda tangan, beserta fotokopinya.
  5. Melampirkan bukti telah melakukan tes fisik kendaraan bermotor.

Cara Mengurus Pemutihan Pajak Kendaraan

Berikut beberapa cara yang perlu Anda perhatikan ketika hendak mengurus pemutihan pajak.

1. Melengkapi persyaratan

Cara pertama, Anda perlu melengkapi persyaratan pengurusan pemutihan pajak. Anda wajib melengkapi persyaratan yang sudah dijelaskan sebelumnya.

2. Mengunjungi kantor Samsat terdekat

Setelah semua persyaratan sudah lengkap, Anda bisa mengunjungi kantor Samsat yang berada di lokasi tempat Anda tinggal. Setelah sampai di kantor Samsat, segera kunjungi bagian loket, untuk menyerahkan seluruh persyaratannya. 

Petugas akan langsung mengecek semua kelengkapan berkas persyaratan Anda. Biasanya Anda akan disuruh mencabut berkas, apabila Anda melakukan balik nama kendaraan yang memiliki alamat di luar wilayah atau provinsi Anda. Misal, Anda tinggal di DKI Jakarta, tetapi pemilik mobil Anda sebelumnya, membeli mobil tersebut di Surabaya. 

Baca Juga : Cara Mutasi Kendaraan Online Cepat dan Mudah, Simak Disini!

3. Melakukan cek fisik kendaraan bermotor

Jika seluruh berkas atau persyaratan Anda dinyatakan lengkap oleh petugas loket Samsat. Maka, tindakan Anda selanjutnya, melakukan pengecekan fisik kendaraan Anda.

Petugas akan mengecek nomor mesin dan nomor rangka kendaraan Anda. Jangan lupa untuk meminta bukti hasil telah melakukan pengecekan fisik ke petugas. Selanjutnya, Anda bisa mengunjungi loket pengesahan cek fisik kendaraan proses balik nama.

4. Lakukan pengesahan kepemilikan mobil atau daftar balik nama

Selanjutnya, Anda bisa mengunjungi loket pengesahan balik nama kendaraan, dengan melampirkan persyaratan yang sudah dijelaskan sebelumnya.

5. Lakukan pembayaran pajak atau denda pada waktu pengambilan STNK

Selanjutnya, Anda perlu melakukan pembayaran pajak atau denda tunggakan pajak ke loket. Jangan lupa bawa BPKB asli, beserta persyaratan lainnya. Jika semuanya sudah selesai, Anda tunggu sebentar hingga nama Anda disebut oleh petugas dan diberikan STNK baru. 

Setelah Anda membaca ulasan di atas, ternyata syarat dan cara mengurus pemutihan pajak kendaraan pajak tidak sesulit yang Anda pikirkan. Yuk, segera gunakan kesempatan ini untuk membayar pajak kendaraan Anda yang menunggak. Untuk selanjutnya, pastikan Anda membayar pajak kendaraan tepat waktu, agar tidak terkena denda yang dapat menguras kantong Anda. 

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Jalan-jalan ke luar negeri butuh paspor. Buat Sahabat yang belum memiliki paspor tapi berencana liburan ke luar negeri, kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Sekarang ini kita semakin dimudahkan

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor