Logo Daihatsu
Menu

Ingin Tahu Syarat Dan Prosedur Cabut Berkas Mobil? Yuk, Lihat Infonya Di Sini

Otomotif

2021-02-16

pengertian lcgc dan keunggulannya

Bagi Anda yang memiliki kendaraan roda empat, suatu saat tentu akan melakukan serangkaian prosedur cabut berkas. 

Proses ini sebenarnya tidak merepotkan asalkan memahami persyaratannya dengan baik dan benar. Dari segi biaya juga cukup terjangkau jika dilakukan sendiri. 

Seperti apa syarat dan prosedur cabut berkas mobil? Simak informasinya berikut!

Mempersiapkan Dokumen Penting 

Sebelum melakukan serangkaian proses untuk mencabut berkas kendaraan roda empat, ada beberapa persyaratan yang harus diperhatikan. 

Persiapan yang harus diutamakan yaitu kelengkapan surat dan dokumen yang berkaitan dengan mobil tersebut. Hal ini sangat penting diperhatikan agar proses pengurusan berkas bisa berjalan dengan lancar. 

Dokumen yang harus Anda persiapkan pertama yaitu berupa BPKB asli beserta salinannya. Tidak lupa pula Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK asli dan juga fotokopi. 

Setelah itu, Anda juga perlu menyertakan KTP (Kartu Tanda Penduduk) pemegang kendaraan, bukannya KTP pemilik mobil sebelumnya untuk mengurus berkas ini. 

Jangan lupa juga sertakan bukti atau kwitansi pembayaran kendaraan roda empat yang Anda beli dengan tanda tangan penjual. Bukti ini juga harus sah dengan materai 6000 di dalamnya. 

Anda bisa menyiapkan dokumen yang satu ini baik dalam bentuk yang asli maupun fotokopi atau berupa salinannya sebagai bentuk syarat dan prosedur cabut berkas.

Baca juga: Lebih Praktis, Yuk Simak Cara Mutasi Kendaraan Online

Prosedur Untuk Mencabut Berkas Kendaraan Roda Empat

Syarat untuk melakukan proses ini memiliki beberapa prosedur yang cukup mudah dilakukan. Sebab, Anda hanya perlu menyiapkan dokumen penting, kemudian bisa mendatangi Samsat di wilayah BPKP Anda terdaftar. 

Dengan begitu Anda bisa melanjutkan kepengurusan berkas berkas yang berkaitan dengan mobil Anda. 

Setelah itu, mobil harus melakukan cek fisik kendaraan yang dilakukan oleh petugas Samsat. Dalam proses ini, petugas akan memeriksa nomor mesin kendaraan dan nomor rangka yang ada di mobil tersebut. 

Kemudian jika sudah selesai, maka petugas yang mencetak tadi akan memberikan hasilnya untuk diberikan ke loket. 

Jika sudah sampai ke loket, di sini Anda akan diberi formulir untuk diisi berupa informasi mengenai kendaraan. Apabila Anda sudah mengisi keseluruhan data tersebut, maka bisa langsung menyerahkan formulir ke loket tadi. Setelah itu, tunggu hingga nama Anda dipanggil. Sebab, Anda perlu menyelesaikan masalah biaya cabut berkas kendaraan. 

Pada proses ini, BPKB asli kendaraan roda empat yang Anda miliki akan ditahan sebentar. Hal ini dilakukan untuk pembaruan dari berkas yang lama. 

Jadi, Anda tidak perlu khawatir BPKB tidak ada ditangan, sebab petugas akan memberikan surat pengantar untuk mengambilnya kembali di Polres setempat atau wilayah yang Anda tinggali. 

Jika sudah melakukan serangkaian proses tersebut Anda hanya perlu menunggu berkas keluar. Hal ini bisa selesai apabila biaya mutasi telah dibayarkan sesuai ketentuan yang ada. 

Anda akan bisa mengambil STNK baru beserta plat nomor kendaraan roda empat yang baru. Jika keduanya sudah Anda dapatkan, maka proses ini sudah selesai dan otomatis berkas sudah upgrade. 

Biaya Cabut Berkas Mobil

Biaya yang dibutuhkan untuk mutasi berkas sudah ditetapkan sebesar 1% dari harga pembeliannya. Jadi Anda bisa menghitungnya berdasarkan harga kendaraan roda empat yang dimiliki. 

Biasanya, biaya cabut berkas yang akan dikenakan meliputi biaya mutasi masuk, fiskal, admin mutasi keluar atau masuk, penerimaan negara bukan pajak BPKB, dan STNK. 

Itulah beberapa informasi yang mengenai syarat, prosedur, hingga biaya yang harus dipersiapkan dalam cabut berkas. Untuk mengurusnya cukup mudah, asalkan Anda memenuhi persyaratannya dengan lengkap. 

Jika sudah begitu, maka proses mencabut berkas berkas kendaraan roda empat jadi lebih lancar dan mudah dilakukan. 

Baca juga: Samsat Online Pajak Kendaraan Bermotor – Cek Biaya dan Cara Bayar


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Berapa Biaya Mesin Fogging Mobil dan Apa Saja Manfaatnya?

2020-12-07

Istilah fogging tentu sudah tidak asing di telinga masyarakat, karena proses ini biasanya dilakukan untuk usir nyamuk. Tak hanya itu, pengasapan ini juga bermanfaat untu

thumbnail

Deretan Interior Mobil yang Perlu Dibersihkan Setelah Perjalanan Mudik

2022-05-06

Mudik lebaran merupakan salah satu kesempatan untuk kumpul bersama keluarga. Kendaraan yang digunakan untuk mudik haruslah dalam kondisi yang prima agar selamat sampai t

thumbnail

Mengintip Jenis Komponen Kepala Silinder Pada Mesin Mobil

2021-01-07

Untuk memaksimalkan kinerja pada sebuah mobil, maka terdapat banyak sekali komponen mesin yang memiliki fungsi berbeda. Salah satu bagian mesin mobil yang sangat penting

thumbnail

Cara Menambah Watt Power Amplifier Mobil agar Audio Jadi Lebih Berkualitas

2020-11-28

Selama berada dalam perjalanan kurang lengkap rasanya jika tidak mendengarkan musik dari audio. Berkat adanya speaker pada mobil, menjadi sebuah solusi terbaik.