Logo Daihatsu
Menu

Ini Berbagai Tempat Wisata di Manado yang Tidak Kalah Indahnya

Travel

2020-10-28

wisata manado

Jika berbicara Manado pasti pikiran Sahabat langsung tertuju pada pesona keindahan laut di Bunaken. Hal itu memang lumrah mengingat tempat wisata di Manado tersebut kerap menjadi ikon wisata Manado. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang kurang mengetahui tempat wisata lain di Manado selain hanya Bunaken. Padahal Manado kaya akan berbagai potensi wisata baik wisata alam, kuliner hingga budaya.

Tempat Wisata Tersembunyi di Manado

Bagi penyuka traveling, wisata bukan hanya tentang mendapatkan pengalaman saja tapi juga untuk eksistensi. Banyak anak muda yang menjadikan traveling ke tempat-tempat menarik sebagai salah satu daftar keinginan yang ingin dicapai. Oleh karena itu saat ini mulai banyak bermunculan berbagai influencer serta content creator yang menjadikan traveling sebagai sumber pendapatan. 

Hal ini juga berlaku di Manado, seiring dengan semakin intensnya penggunaan media sosial membuat banyak kaum muda berlomba-lomba menyajikan konten wisata di sekitar mereka dengan semenarik mungkin. Akibatnya, banyak masyarakat yang baru mengetahui keberadaan tempat wisata keren dan tersembunyi di Manado. Berikut beberapa contoh objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

1. Air terjun Ratahan Telu

Ekowisata memang menjadi andalan bagi pariwisata Manado. Tidak melulu soal pantai, ternyata Manado juga memiliki berbagai air terjun cantic yang sangat direkomendasikan untuk didatangi salah satunya adalah air terjun ini. Selain dikenal dengan nama Ratahan Telu, air terjun ini juga kerap disebut dengan nama air terjun desa Kali karena berada di desa Kali meskipun terletak cukup jauh di dalam hutan. 

Bagi yang menyukai fotografi, tempat ini bisa menjadi spot foto yang sangat artistic karena dipenuhi dengan tumbuhan hijau yang memberikan kesan segar dan alami. Suasana di sekitarnya yang masih asri dan tenang ditambah keberadaan jembatan batu yang dipenuhi tumbuhan membuat pemandangan tersebut sangat cocok untuk diposting di media sosial.

2. Pantai Patokan

Pantai yang sering disebut memiliki kemiripan dengan salah satu pantai terkenal di Yunani ini merupakan pantai yang cukup unik. Pantai ini berukuran cukup kecil dengan keberadaan 2 tebing batu terjal yang mengapit kedua sisinya. Pantainya berwarna putih kekuningan dan memiliki air yang berwarna biru kehijauan yang sangat jernih.

Sayangnya, pantai ini cukup tersembunyi sehingga tidak banyak yang tahu. Jaraknya dari pusat kota Manado cukup jauh sekitar 4-5 jam perjalanan sehingga Sahabat mungkin perlu menginap agar tidak terlalu kelelahan. Karena belum banyak diketahui sarana yang ada masih kurang mendukung. Untuk sampai kesana Sahabat masih harus menyewa perahu nelayan sekitar untuk mencapai pantai yang dimaksud.

3. Pulau Manado Tua

Jika mengunjungi Taman Nasional Laut Bunaken Ada sebaiknya menempatkan diri mengunjungi pulau satu ini. Pulau Manado Tua memiliki keunikan yang tidak dimiliki pulau lain di sekitarnya yaitu berupa keberadaan gunung ketinggian 656 mdpl yang penuh akan pepohonan rindang berwarna hijau. Uniknya walaupun selain di darat di dasar laut sekitar pulau tersebut juga terdapat gunung api yang masih aktif. Sahabat bisa menemukannya jika menyelam hingga kedalaman 150 meter. Oleh karena itu, selain sebagai wisata alam tempat ini bisa juga dijadikan sebagai wisata pendidikan atau sebagai tempat penelitian bagi para peneliti.

Selain gunung berapi dasar laut, pulau ini dikenal memiliki pemandangan yang indah serta memiliki keanekaragaman hayati yang cukup tinggi. Airnya yang jernih sangat cocok dijadikan tempat diving atau snorkeling karena Sahabat bisa bertemu dengan berbagai fauna unik yang pastinya belum pernah Sahabat lihat sebelumnya.

4. Pantai Pulisan

Pantai ini memiliki berbagai pemandangan yang indah dengan keberadaan pasir putih yang lembut serta bukit savanna yang penuh dengan rerumputan hijau. Walaupun akses jalan kesana masih cukup sulit namun keindahan pantai ini akan menjadi obat kelelahan yang mujarab. Selain jalan, tampaknya fasilitas penunjang lain juga belum ada di Pantai tersebut. Jika Sahabat ingin menjelajah lebih Sahabat harus berkoordinasi dulu dengan masyarakat sekitar karena informasi tentang tempat ini masih benar-benar minim.

Pantai ini sangat indah dengan airnya yang berwarna kehijauan terlihat sangat jernih dan cocok untuk olahraga air. Selain daratannya yang indah dengan keberadaan pepohonan rindang pemandangan bawah lautnya juga sangat menakjubkan dengan berbagai terumbu karang warna warni. Karena belum terlalu dikenal, keindahannya masih terjaga dan belum terlalu rusak.

5. Taman bunga Tomohon

Jika Sahabat sudah bosan dengan berbagai wisata pantai, Sahabat bisa mencoba tempat wisata di Manado Tomohon yang berupa taman bunga cantik. Saking indahnya, banyak yang berpendapat jika taman bunga ini tidak kalah cantiknya dengan taman bunga yang terdapat di kota-kota besar lainnya. Jaraknya dari kota Manado pun cukup dekat yaitu hanya sekitar 63 menit berkendara.

Di taman bunga ini selain disuguhi pemandangan bunga warna-warni yang indah Sahabat juga akan menemukan berbagai spot foto menarik dengan latar belakang gunung Lokon yang cocok diposting di media sosial. Salah satu tips jika Sahabat ingin berkunjung, sebaiknya berkunjunglah pada bulan Juni-Agustus karena di bulan-bulan tersebut merupakan waktu terbaik untuk melihat bunga. Selain itu, disini juga terdapat banyak kegiatan seperti festival, pertunjukan seni serta parade yang sangat sayang jika dilewatkan.

Itulah deretan tempat wisata di Manado yang layak dikunjungi. Walaupun masih cukup banyak yang belum diperhatikan pemerintah setempat sehingga banyak akses jalan serta fasilitas yang kurang tapi hal tersebut sebaiknya tidak mengurangi niat Sahabat berkunjung karena keindahan yang ditawarkan benar-benar sepadan dengan usaha yang Sahabat lakukan. Sungguh disayangkan jika seandainya pemerintah tidak segera memperbaiki sarana dan prasarana daerah untuk meningkatkan sektor pariwisatanya. Padahal, jika dikelola dengan baik sektor pariwisata bisa menjadi penyumbang pendapatan terbesar bagi pemerintah kota Manado.

Baca juga : 9 Tempat Wisata di Semarang Menarik untuk Dikunjungi 


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Fakta Menarik tentang Kisah KKN di Desa Penari, Kabupaten Banyuwangi

2020-12-15

Desa Penari adalah desa yang viral di kalangan netizen pada pertengahan 2019. Desa tersebut dikenal seiring tersebar utas mengenai cerita sekelompok remaja yang menjalan

thumbnail

5 Tips Liburan ke New Zealand Naik Campervan

2020-12-23

Liburan ke New Zealand naik campervan adalah cara berlibur viral setelah keluarga Agus Ringgo, Tarra Budiman, dan Ayudia Bing Slamet melakukannya akhir 2019 lalu.

thumbnail

Perbedaan Trekking dan Hiking: Ketahanan Fisik yang Terpenting

2020-11-20

Trekking dan hiking merupakan dua istilah dalam pendakian. Keduanya adalah kegiatan yang digemari oleh pecinta olahraga alam terbuka. Baik trekking maupun hiking memiliki kesamaan, yaitu kegiatan b

thumbnail

5 Aktivitas Wisata yang Bisa Dilakukan di Bukit Khayangan

2021-01-21

Bukit Khayangan adalah tujuan wisata alam yang relatif baru di salah satu area di Kabupaten Kerinci. Namun, fasilitas-fasilitas pendukung di sekitar lokasi wisata dekat