Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Ini Lho 22 Makanan Khas Pekalongan yang Banyak Dicari
27 Februari 2021
makanan khas pekalongan

Selain terkenal dengan wisatanya, Pekalongan juga kaya akan kulinernya. Ada berbagai macam hidangan yang bisa disantap sembari mengunjungi destinasi wisatanya. Mulai dari makanan dari nasi, kudapan manis, dan juga camilan gurihnya. 

Daripada penasaran, yuk simak 22 makanan khas Pekalongan yang dijamin memanjakan lidah pecinta kuliner!

1. Pindang Tetel 

Ketika berkunjung ke daerah yang satu ini, jangan lupa untuk menyantap hidangan khasnya yaitu pindang tetel. 

Meskipun memiliki nama pindang, kuliner yang satu ini tidak menggunakan ikan pindang sebagai bahan utamanya. 

Pindang tetel menyajikan makanan yang dibuat dari olahan daging sapi dan diberi bumbu kluwek. 

Rempah inilah yang membuat tampilan makanan ini menjadi berwarna hitam pekat. Makanan ini akan lebih lengkap jika disantap dengan nasi panas dan olahan lauk lainnya. 

2. Nasi Megono

Nasi Megono menjadi makanan khas yang juga tidak boleh dilewatkan begitu saja. Hidangan ini dilengkapi dengan berbagai lauk yang lengkap, seperti sayur nangka muda  dengan bumbu sambal kelapa, lalapan pete, dan ikan goreng. 

3. Garang Asem 

Tidak berhenti sampai di situ saja, selain Nasi Megono, ada juga hidangan paten yang wajib dicoba ketika di Pekalongan. Salah satunya yaitu garang asem yang bercita rasa khas. 

Makanan ini terdiri dari jeroan sapi, telur ayam, dan disiram dengan kuah segar yang berwarna kecoklatan. 

Baca juga: Selain Batik! Ini 5 Oleh-oleh Khas Pekalongan Ini Tak Kalah Menarik

4. Lontong Lemak 

Kuliner yang termasuk dalam 22 makanan khas Pekalongan ini merupakan hidangan yang terbuat dari bahan utama yaitu lontong dan ayam kampung. 

Setelah itu, potongan lontong akan diberi suwiran ayam kampung dan diberi siraman kuah berbumbu kental yang khas. 

5. Kluban 

Kluban menjadi salah satu hidangan khas Pekalongan yang bisa dibilang mirip dengan Urapan yang ada di Jawa Timur. 

Bedanya, dalam makanan ini terdiri dari berbagai macam sayuran, seperti kacang panjang, tauge, kol, bayam, kangkung, serta parutan kelapa sebagai penambah rasa. 

6. Tauto

Makanan selanjutnya yang dijamin bikin ketagihan penikmat kuliner yaitu Tauto. Makanan ini merupakan olahan soto yang diberi tambahan tauco dalam bumbunya. 

Karena alasan tersebut, Tauto menjadi kuliner unik khas Pekalongan yang tidak boleh dilewatkan. 

Isian dari makanan ini terdiri dari daging ayam, daging sapi dengan tambahan sayuran kol dan kecambah. 

Setelah itu, penyajiannya akan disiram dengan menggunakan kuah tauco yang panas. Hidangan ini akan lebih lengkap jika diberi tambahan sambal dan kerupuk. 

7. Cumi Ireng 

Seperti namanya, kuliner ini disajikan dengan bahan utama cumi yang dibumbui dengan beberapa rempah pilihan khas Pekalongan. 

Cumi ini akan dimasak sekaligus dengan tintanya sehingga berwarna ireng atau hitam. Rasanya gurih dan nikmat jika disantap sebagai makan siang. 

8. Sapitan 

Selain cumi ireng, pecinta kuliner juga bisa mencoba kuliner yang masuk dalam daftar 22 makanan khas Pekalongan seperti sapitan. 

Hidangan ini termasuk lauk pauk yang terbuat dari daging sapi yang ditumbuk dan diberi bumbu khusus. Dengan begitu teksturnya empuk dan memiliki rasa manis seperti dendeng. 

9. Mie Kenyol

Kuliner lainnya yang dapat dicicipi di Pekalongan yaitu Mie Kenyol. Makanan ini terbuat dari kerupuk mie basah yang ditumis layaknya mie goreng. Untuk rasanya, tentu Mie Kenyol memiliki cita rasa gurih dan bertekstur kenyal. 

10. Pecak Panggang 

Pecak Panggang merupakan ikan asap yang kemudian disajikan dengan sambal merah yang membakar lidah. Rasanya yang pedas dan lezat dijamin membuat pecinta kuliner pedas ketagihan menyantapnya. 

11. Nasi Uwet 

Makanan Pekalongan yang begitu khas selanjutnya yaitu Nasi Uwet. Kuliner ini terbuat dari bahan utama daging kambing yang dimasak dengan bumbu gulai. 

Menariknya dari hidangan ini, meskipun terbuat dari rempah tajam namun memiliki kuah yang segar dan tentunya lezat. 

12. Pepes Kolor

Bagi Anda yang suka menyantap hidangan dengan bungkusan daun pisang, maka sebaiknya mencoba Pepes Kolor. 

Hidangan yang masuk dalam list rekomendasi 22 makanan khas Pekalongan ini terbuat dari sumsum tulang belakang sapi. Setelah itu, diberi tambahan bumbu kuat yang membuat rasanya makin enak. 

Baca juga: Rekomendasi 20 Tempat Wisata di Malang Jawa Timur

13. Ongol-Ongol

Setelah puas menyantap makanan yang gurih gurih, Anda bisa mencoba kudapan manis khas Pekalongan. Salah satu kudapan yang bisa Anda cicipi yaitu ongol ongol. 

Makanan ini terbuat dari bahan dasar tepung sagu yang dicampur dengan gula merah sebagai pelengkapnya. 

14. Kue Lumpang 

Rekomendasi kudapan manis selanjutnya yaitu Kue Lumpang. Makanan ini diolah dengan santan kelapa dan air, kemudian ditambah dengan pewarna hijau. Sebagai pelengkap, kue ini diberi taburan kelapa. 

15. Apem Kesesi

Apem Kesesi menjadi salah satu kue tradisional khas Pekalongan yang wajib dicoba. Kue ini terbuat dari bahan kombinasi antara gula aren dan tepung beras yang kemudian dicetak di atas daun pisang. 

16. Glundung 

Kue manis selanjutnya yang dapat dicicipi ketika di Pekalongan yaitu Glundung. Jajanan ini terbuat dari  ketela pohon yang dihaluskan. Kemudian, dibentuk bulat dan diberi isian gula Jawa di Tengahnya. 

17. Growol

Selain Glundung, ada juga makanan tradisional khas Pekalongan yang terbuat dari singkong yaitu Growol. Hidangan yang termasuk dalam daftar 22 makanan khas Pekalongan ini terkadang juga menjadi pengganti nasi bagi sebagian masyarakat yang ada di Pekalongan. 

18. Nasi Kebuli Khas Pekalongan 

Tidak hanya kuliner khas tradisionalnya saja, Pekalongan juga memiliki nasi ala Timur Tengah yang lezat. Sajian Nasi Kebuli Khas Pekalongan ini terbuat dari nasi, sate kambing, dan gulai kambing. 

19. Keripik Tahu 

Jika Anda ingin menyantap camilan khas Pekalongan, Anda bisa mencoba Keripik Tahunya. Camilan ini terbuat dari tahu yang diberi bumbu, kemudian digoreng hingga kering. Karena alasan tersebut, cemilan ini memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang renyah. 

20. Iwel-Iwel 

Iwel Iwel menjadi kudapan tradisional khas dari Pekalongan. Bentuknya unik menyerupai limas dan dibungkus menggunakan daun pisang. Kue basah ini terbuat dari ketan yang diisi dengan serundeng di dalamnya. 

21. Limun Oriental

Jika Anda bosan dengan olahan makanannya, Anda bisa mencicipi yang segar segar dari Pekalongan bernama Limun Oriental. Kuliner legendaris ini terbuat dari racikan sari buah, gula asli, asam sitrat, dan karbon dioksida untuk membuat limunnya. 

22. Kopi Tahlil

Kopi hidangan menjadi salah satu hidangan kopi khas yang hanya bisa ditemukan di Pekalongan. Kopi ini diseduh dengan pala, pandan, serai, kayu manis, jahe, cengkeh, dan kapulaga. Sehingga, rasanya sangat kuat dan memiliki aroma khas. 

Baca juga: Rekomendasi 30 Makanan Khas Jawa yang Menggugah Selera

Tips Sahabat Lainnya
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
Rekomendasi merk cat mobil dengan kualitas bagus sehingga bisa bertahan lama memang selalu dibutuhkan oleh pemilik mobil hingga pecinta otomotif. Hal itu dikarenakan memiliki mobil dengan warna mengil
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Kabin yang senyap merupakan salah satu kebutuhan penting bagi para pemilik mobil untuk bisa mendengarkan audio berkualitas. Namun sayangnya, tidak semua mobil memiliki kabin yang senyap. Hanya mobil y
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku