Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Rekomendasi 20 Tempat Wisata di Malang Jawa Timur
09 Juni 2020
malang

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, seseorang pastinya memerlukan waktu untuk melakukan liburan. Liburan memiliki fungsi yang beraneka ragam. Tentu saja fungsi utamanya untuk digunakan sebagai cara melepas rasa stres akibat beban kerja yang harus ditanggung setiap hari. selain itu, liburan juga bisa digunakan sebagai sarana bonding atau mempererat hubungan antar anggota keluarga. Bersyukurlah karena di Indonesia ada banyak sekali tempat wisata yang bisa dijadikan tujuan, termasuk Malang. Di bawah ini akan dijelaskan 10 tempat wisata di Malang. Setelah mengunjungi 10 tempat wisata di Malang, dijamin Sahabat akan langsung merasa senang dan kembali siap menghadapi pekerjaan.

Tempat Wisata di Malang yang Wajib Dikunjungi

1. Pantai Balekambang

Bila Sahabat sedang berada di Kota Malang dan ingin merasakan suasana liburan layaknya berada di Tanah Lot, Sahabat harus pergi menuju Pantai Balekambang. Pantai ini memiliki suasana yang mirip dengan tempat liburan di Tanah Lot. Hal itu menjadikan Pantai Balekambang mendapat label “Tanah Lot Malang”. Pemberian label tersebut bukanlah tanpa alasan. Sama seperti di Tanah Lot, di Pantai Balekambang juga terdapat sebuah pura yang terletak di pulau karang di sekitar pantai, yaitu Pura Amerta Jati di Pulau Ismoyo. Tempat wisata pantai ini sudah bisa dinikmati oleh para pengunjung sejak tahun 1985. Dari pusat kota, anda hanya perlu menempuh jarak sejauh 60 km dan membayar harga tiket masuk sebesar 10 sampai 15 ribu rupiah saja (biaya tergantung hari saat anda datang) untuk menikmati keindahan yang terhampar di sana.

2. Pantai Goa Cina

Pantai lain di Kota Malang, Jawa Timur yang patut untuk Sahabat kunjungi bernama Pantai Goa Cina. Selain keindahan alam yang ditawarkan, pantai ini juga menawarkan hiburan berupa cerita sejarah yang pernah terjadi di sana. Sebelum diberi nama menjadi Pantai Goa Cina, tempat wisata ini memiliki nama Pantai Rowo Indah. Namun, konon katanya dahulu kala sempat ada seorang tionghoa yang meninggal ketika sedang bertapa. Sejak saat itu, nama Pantai Goa Cina menjadi nama tempat wisata tersebut. Pantai ini terletak di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, tepatnya di Dusun Tumpak Awu. Namun, sayangnya pengunjung tidak diperbolehkan berenang di pantai ini karena memiliki ombak yang cukup besar sehingga dapat membahayakan pengunjung. Untuk menikmati keindahan yang tersedia, Sahabat bisa membayar 5 ribu rupiah sebagai biaya masuk.

3. Coban Rais

Wisata alam memang selalu menawarkan kenyamanan. Wisata alam selanjutnya yang bisa anda datangi ketika ada di Kota Malang adalah Coban Rais. Coban Rais merupakan salah satu tempat wisata alam yang memiliki bentuk air terjun. Hijaunya lingkungan sekitar air terjun membuat tempat wisata ini sangat sejuk. Suasana tersebut sangat tepat digunakan bagi anda yang ingin melepas penat. Tinggi air terjun Coban Rais adalah 20 m. Dari ketinggian itu, mengalir air yang sangat sejuk. Sahabat bisa bermain air di tepi aliran air terjun, tapi tidak diperbolehkan untuk menuju ke titik sumber karena berbahaya. Untuk menikmati keindahan alam ini, anda perlu membayar biaya sebanyak 10 ribu rupiah.

4. Omah Kayu

Pernahkah Sahabat membayangkan menghabiskan waktu liburan di ketinggian sehingga bisa menikmati gemerlap Kota Malam? Hal itu bisa anda lakukan dengan menginap di salah satu gubuk yang tersedia di Omah Kayu. Omah Kayu terletak di Bumiaji, Batu, tepatnya berada di Jalan Gunung Banyak. Penginapan ini berada di ketinggian 1340 meter di atas permukaan laut. Tarif yang harus anda bayar per malam untuk menginap di sini adalah sebesar 350 ribu rupiah. 

5. Bakso Presiden

Selesai menikmati berbagai macam tempat wisata alam, inilah saatnya bagi anda dan keluarga untuk menikmati berbagai macam kuliner yang tersedia di Kota Malang. Pertama, Sahabat bisa mencoba Bakso President yang cukup terkenal. Hal unik yang ditawarkan oleh warung bakso ini adalah tempatnya yang berdampingan langsung dengan rel kereta. Suasana ini akan menjadi pengalaman yang cukup unik bagi keluarga yang anda ajak liburan. Bakso President ada di Jalan Batanghari nomor 5. Harga bakso yang dijual pun tidak terlalu mahal atau masih terjangkau, yaitu berada di kisaran harga 10 sampai 20 ribu saja.

6. Pecel Kawi

Bila Sahabat ingin memakan santapan berat, sangat tepat bila Sahabat mencicipi kuliner bernama Pecel Kawi. Berbagai macam sayuran yang diletakkan di atas nasi putih hangat, ditambah dengan beragam lauk yang siap untuk dimakan dan akan semakin nikmat bila diberi kuah kacang dengan rasa yang cukup khas dan unik. Lauk yang bisa dipilih pun beraneka rupa, mulai dari telur, lele hingga bakwan jagung, semua bebas untuk anda pilih. Sama seperti Bakso President, Sahabat hanya perlu merogoh kocek antara 10 hingga 20 ribu rupiah saja.

7. Toko Oen Malang

Setelah menikmati berbagai macam makanan, kini tibalah bagi Sahabat untuk mengisi perut dengan makanan penutup. Sahabat bisa mengunjungi Toko Oen Malang yang terkenal dengan es krimnya yang legendaris. Sejak dulu hingga sekarang, Toko Oen selalu menjaga kualitas rasa yang ada pada es krim. Meski sudah mengalami berbagai macam perkembangan dalam hal rasa, tapi kualitasnya masih tetap sama. Salah satu varian rasa yang memiliki banyak peminat adalah rasa buah-buahan dan kopi. Dijamin semua anggota keluarga sangat bisa menikmati kudapan di toko es krim ini.

8. Alun-Alun Malang

Di malam hari, Sahabat tetap bisa pergi berwisata. Salah satu destinasi yang bisa Sahabat kunjungi adalah Alun-Alun Malang. Saat malam hari, anda bisa menikmati hiburan berupa air mancur menari yang dilengkapi dengan berbagai macam lampu hias yang dapat memikat perhatian Sahabat.

9. Taman Kunang-Kunang

Sembari anak-anak sibuk berlarian, para orang tua bisa memberi pengawasan dengan duduk di tempat yang telah disediakan. Taman Kunang-Kunang merupakan sebuah taman yang cukup luas, terbentang dari Jalan Jakarta sampai Simpang Ijen Bakorwil. Di taman ini, terdapat beberapa bagian yang disebut dengan Plaza. Lampu LED ditata sedemikian rupa sehingga sangat menarik perhatian banyak orang. Sahabat dan keluarga bisa menghabiskan waktu bersama dengan bermain atau mengabadikan momen dengan cara foto bersama.

10. Alun-Alun Batu

Tidak hanya Alun-Alun Malang, Sahabat juga bisa berkunjung ke Alun-Alun Batu yang memiliki hiburan yang lain. Di tempat ini anda bisa naik ke bianglala raksasa. Keindahan kota Batu dan Kota Malang saat malam hari bisa anda nikmati di sana.

11. Kampung Warna-warni Malang

Selain 10 tempat wisata Malang yang sudah disebutkan di atas, Sahabat bisa mencoba mengunjungi Kampung Warna-warni Jodipan Malang. Kampung Jodipan ini juga terkenal dengan sebutan Kampung Pelangi. Kampung Jodipan ini terletak di pinggir Kali Brantas, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur.

Kampung ini kerap kali dikunjungi oleh wisatawan loh. Bagaimana tidak, Sahabat bisa menemukan banyak spot unik dan cocok untuk dijadikan selfie dan bahan unggahan di Instagram. Sahabat bisa menemukan spot Lorong Payung, Lukisan 3D di dinding-dinding rumah warga, Tangga Warna-warni, dan Jembatan Waca yang terbuat dari kaca. Menarik, bukan?

Kampung Pelangi ini juga sangat mudah dijangkau jika Sahabat pergi ke Malang. Sahabat bisa menempuh jalan kaki karena cuma 500 meter dari stasiun. Kalau haus, Sahabat bisa membeli minuman di sekitar kampung ini. Banyak yang warung dan kios yang berjualan di sana.

12. Eco Green Park

Tempat keren yang perlu Sahabat kunjungi ketika Sahabat di Malang adalah Eco Green Park. Tempat wisata yang satu ini menawarkan banyak spot keren. Sahabat bisa menemukan spot yang berisi banyak barang bekas yang dibentuk seperti hewan. 

Ada juga rumah terbalik yang di dalamnya ada ruang yang berisi banyak kaca seperti di dalam salah satu episode kartun Naruto. Seru banget di dalam sana, Sahabat harus bisa menemukan jalan keluarnya.

Selain itu, Sahabat bisa menemukan museum serangga dan burung. Banyak sekali jenis serangga dan burung yang belum Sahabat lihat sebelumnya. Hewan-hewan tersebut berasal dari wilayah Indonesia ujung Barat hingga ujung Timur. Dan masih banyak spot lainnya yang akan membuat Sahabat kagum.

Oh ya, harga tiket masuk Eco Green Park ini untuk satu orang adalah 70 ribu rupiah. Namun, jika Sahabat datang di hari-hari biasa, bukan akhir pekan, maka harganya akan lebih murah dari itu.

13. Museum Angkut Malang

Masih berkutat di Malang, Sahabat bisa mengunjungi Museum Angkut. Tempat yang satu ini sangat seru. Sahabat akan disuguhkan dengan berbagai model mobil dari zaman dulu hingga zaman now. Ya Sahabat bisa bayangkan sendiri bagaimana serunya.

Di Museum Angkut Malang ini ada beberapa spot yang menarik untuk Sahabat kunjungi. Yang pertama adalah Zona Hall Utama. Di spot ini Sahabat akan dimanjakan dengan model mobil zaman dulu yang sangat artistik dan klasik. Wajar saja begitu karena zaman dulu mobil hanya dimiliki oleh orang-orang yang benar-benar kayak saja.

Selain Zona Hall Utama, Sahabat bisa mengunjungi Zona Edukasi, Zona Batavia dan Pecinan, Zona Gangster dan Broadway Street, Zona Eropa, dan zona lainnya. Banyak sekali zona yang bakal Sahabat bisa nikmati saat Sahabat berada di Museum Angkut.

Harga tiket masuknya cukup murah yaitu 100 ribu saja. Sangat worth it lah yah, Sahabat bisa tahu banyak hal tentang dunia otomotif dengan cuma bayar 100 ribu saja.

14. Selecta Malang

Bagi Sahabat yang sangat menyukai bunga dan taman, cocok sekali untuk mengunjungi Selecta saat di Malang. Sahabat akan disuguhi dengan berbagai bunga yang berbeda di setiap petak yang ada di taman tersebut. Sangat cocok untuk rekreasi dan melepas kepenatan dengan melihat alam yang indah.

Harga tiket masuk Selecta ini tergolong murah loh, Sahabat hanya perlu bayar 25 ribu saja. Murah, bukan?

15. Kebun Petik Apel Malang

Sudah bukan rahasia lagi jika Malang adalah surganya apel. Dan apel Malang pun sangat berbeda dengan apel lainnya. Rasanya asam dan manis, lebih seru ketika digigit karena agak keras.

Nah bagaimana ya rasanya petik apel Malang langsung dari pohonnya? Sahabat bisa mengunjungi Kebun Petik Apel yang ada di Malang. Sahabat bisa menemukan banyak sekali pohon apel dan tentu saja boleh dipetik. Tapi, tidak boleh sembarang petik yah, karena Sahabat harus membayar dulu saat di pintu masuk.

Untuk harga tiket sendiri sih sekitar 30 ribu hingga 50 ribu. Namun, ada harga paket sendiri untuk pentik apelnya. Sahabat bisa pilih paket yang sesuai dengan kebutuhan.

16. Outbound Malang Batu

Selain tempat wisata yang sudah disebutkan sebelumnya, Sahabat bisa mengikuti Outbound Malang Batu. Biaya yang perlu dikeluarkan untuk mengikuti outbound ini adalah mulai 150 ribuan untuk satu orang yah.

Sahabat bisa memilih bentuk outbound yang akan diikuti. Ada outbound team building, paint ball, ice breaking, rafting, dan masih banyak bentuk outbound lainnya. Di Malang, Sahabat bisa menemukan banyak agensi yang menawarkan outbound, tentunya tempat outbound-nya menarik dan mendukung untuk kegiatan.

17. Dino Park Jatim Park 3 Malang

Cerita mengenai Dinosaurus memang tak pernah lekang oleh waktu. Bahkan anak kecil suka sekali dengan Dino. Ketika Sahabat di Malang, Sahabat bisa mengajak anak Sahabat untuk mengunjungi Dino Park Jatim Park 3. Tempat wisata yang satu ini, selain bisa meregangkan kepenatan juga bisa menjadi ajang edukasi untuk anak.

Banyak sekali wahana yang bisa Sahabat kunjungi di Dino Park Jatim Park 3 ini. Beberapa wahana tersebut adalah: Jelajah 5 Zaman, The Rimba, Ice Age, Kerangka Dino, Life with Dino, Jembatan Akar, dan lainnya.

Tiket masuk untuk per orang untuk Dino Park Jatim Park 3 ini adalah 100 ribu. Cukup murah yah jika dibandingkan dengan edukasi yang didapatkan di sana.

18. Museum Tubuh Malang

Masih berkutat tentang edukasi anak. Tempat wisata Malang yang sangat menarik dan edukatif untuk anak adalah Museum Tubuh. Sahabat bisa mengajak anak Sahabat yang masih duduk di Sekolah Dasar untuk mengunjungi Museum Tubuh ini. Manfaatnya jelas agar anak bisa lebih mudah memahami tubuhnya sendiri dan berkata “Oh ternyata seperti ini yang tubuh kita”.

Di Museum Tubuh ini, Sahabat akan disuguhi dengan replika tubuh manusia yang diperbesar hingga beberapa kali dan bisa dijelajahi. Ada beberapa zona yang bisa dijelajahi seperti zona gigi, zona telinga, zona hidung, zona otak, zona mata, zona pembuluh darah, dan masih banyak lagi zona lainnya. Penasaran ‘kan bagaimana serunya zona-zona tersebut? Tiket masuk untuk Museum Tubuh adalah 70 ribu per orang.

19. Air Panas Cangar Malang

Tempat melepas penat lainnya di Malang adalah Air Panas Cangar. Di Malang yang cukup dingin, ternyata Sahabat bisa menemukan pemandian air panas loh. Selain pemandian air panasnya, Cangar ini juga menyuguhi pemandangan alam yang tak kalah indahnya.

Sahabat bisa menikmati indahnya alam, sambil berendam di air panas, ditemani dengan kicauan burung. Sahabat bisa merasakan betapa asrinya. Untuk tiket masuk ke Air Panas Cangar ini cukup murah, hanya 15 ribu saja loh.

20. Tandem Paralayang Malang

Jika tempat wisata lainnya lebih ke ketenangan dan edukasi, wisata yang satu ini lebih ke arah ke tantangan. Sahabat bisa mencoba bermain paralayang di Tandem Paralayang Malang. Untuk tiket masuk sendiri 15 ribu. Untuk paket mencoba paralayangnya sendiri mulai 450 ribu. Cukup mahal? Hmm, tidak juga yah. Karena memang wisata ini penuh resiko dan tentu saja Sahabat butuh guide untuk mengurangi resiko tersebut.

Harga segitu sebenarnya akan terasa murah bagi Sahabat jika Sahabat benar-benar menikmati olahraga paralayang ini di tempat dengan pemandangan yang menakjubkan seperti di Malang.

Itulah 20 tempat wisata yang ada di Malang yang bisa Sahabat coba. Jika Sahabat kebetulan lewat atau mampir di kota Malang, jangan lupa berkunjung ke beberapa tempat di atas yah.

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Kabin yang senyap merupakan salah satu kebutuhan penting bagi para pemilik mobil untuk bisa mendengarkan audio berkualitas. Namun sayangnya, tidak semua mobil memiliki kabin yang senyap. Hanya mobil y

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku