Logo Daihatsu
Menu

Inilah Daftar Nomor Darurat Polisi Indonesia, Yuk Catat!

Otomotif

2023-05-08

Inilah Daftar Nomor Darurat Polisi Indonesia, Yuk Catat!

Nomor darurat polisi Indonesia sudah semestinya disimpan oleh semua kalangan masyarakat Indonesia. Pasalnya hal tersebut dapat membantu Anda ketika sedang melakukan perjalanan. Sebab peristiwa yang tidak diinginkan di jalanan bisa saja terjadi begitu saja tanpa bisa diprediksi sebelumnya. Lantas berapa nomor darurat tersebut? Daripada Anda penasaran, yuk perhatikan ulasan selengkapnya di bawah ini.

Inilah Daftar Nomor Darurat Polisi Indonesia yang Perlu Diketahui

Nomor darurat untuk memanggil pihak kepolisian ketika berada di tengah-tengah perjalanan memang terbilang baru di Indonesia. Pasalnya layanan ini mulai diterapkan pada tahun 2015 oleh pemerintah dan pihak kepolisian Indonesia. Untuk menggunakan panggilan darurat tersebut Anda cukup menghubungi nomor 112. 

Nomor tersebut bisa Anda gunakan untuk mencari bantuan pihak kepolisian apabila kondisi sedang genting. Mulai dari gangguan keamanan dan ketertiban lalu lintas, tindak kriminal di tengah jalan, kecelakaan yang membutuhkan pertolongan medis, kerusuhan, kebakaran, hingga bencana alam. 

Layanan panggilan darurat ini bisa Anda gunakan, mulai dari Provinsi Jakarta, Kota Surabaya, Kota Bandung, Kota Makassar, Kota Denpasar, Kota Batam, Kota Tangerang, Kota Surakarta, Kota Mataram, Kota Bogor, hingga Kota Depok. Namun, jika Anda membutuhkan bantuan pihak kepolisian secara langsung, Anda bisa menghubungi nomor 110. 

Tips Tepat Ketika Melakukan Panggilan Darurat Polisi Indonesia

Ketika Anda berada di situasi yang genting dan membutuhkan pertolongan pihak kepolisian. Anda perlu mengetahui tips panggilan darurat polisi berikut ini.

1. Jangan panik

Tips pertama Anda tidak boleh panik. Pastikan Anda dalam kondisi tenang ketika menghubungi pihak kepolisian meski dalam kondisi darurat. Hal tersebut perlu Anda lakukan agar Anda bisa menjelaskan kronologi kejadian dengan jelas ke pihak kepolisian sehingga pertolongan segera datang dengan cepat dan tepat.

2. Serius ketika menjelaskan kondisi

Saat Anda berada dalam kondisi terancam, Anda perlu memberikan nada yang serius ketika menghubungi pihak panggilan darurat.

3. Perhatikan arahan dari operator

Ketiak Anda menelepon dalam kondisi genting, Anda perlu memperhatikan arahan dari operator. Hal tersebut perlu Anda lakukan, agar Anda tidak salah langkah dan membahayakan kondisi Anda. Sebaiknya Anda dengarkan dengan tenang, dan fokus apa saja arahan yang disarankan oleh operator.

4. Selalu waspada

Tips terakhir, Anda perlu selalu waspada ketika hendak menghubungi pihak layanan darurat. Pastikan Anda berada di lingkungan yang aman untuk meminimalisir kemungkinan terjadi hal buruk yang tidak diinginkan. 

Baca Juga : 7 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Berkendara Agar Aman Dan Nyaman

Daftar Nomor Darurat di Indonesia

Selain 112 dan 110, di Indonesia sendiri terdapat beberapa nomor darurat lainnya yang bisa Anda hubungi sesuai dengan permasalahan yang terjadi. Berikut nomor selengkapnya.

  1. Nomor darurat pemadam kebakaran: hubungi nomor 113 dan 1131.
  2. Nomor darurat Basarnas: hubungi nomor 115.
  3. Nomor darurat BNPB (Badan Nasional Penanganan Bencana): hubungi 117.
  4. Nomor darurat ambulans: hubungi nomor 118 dan 119.
  5. Nomor darurat posko kewaspadaan nasional: hubungi 122
  6. Nomor darurat PLN: hubungi nomor 123.
  7. Nomor darurat posko bencana alam: hubungi 129
  8. Call center Jasa Marga: hubungi 14080.
  9. Call center BPJS Kesehatan: hubungi 1-500-400.
  10. SMS Direktorat lalu Lintas Polri: hubungi 9119.
  11. Call center informasi jalan tol: hubungi 0813-8006-800.
  12. Call center Pertamina (khusus pembelian bahan bakar): hubungi 135 atau 1-500-000.
  13. Sentra Informasi Keracunan BPOM: hubungi 1500-533.
  14. Call center PMI (Palang Merah Indonesia): hubungi 021-7992325.

Demikian beberapa nomor darurat yang perlu Anda ketahui dan simpan. Sebenarnya masih banyak lagi nomor darurat lainnya. Segera hubungi nomor darurat di atas apabila Anda mengalami kondisi yang tidak diinginkan ketika melakukan perjalanan. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Take Over Kredit Mobil Syariah? Ini Langkahnya

2020-12-01

Take over kredit mobil syariah adalah salah satu solusi yang bisa dilakukan, jika Sahabat tengah membutuhkan mobil yang terjangkau harganya dan bebas dari bunga.

thumbnail

Kenali Gejala Awal Rusaknya AC Mobil

2021-02-19

Mobil tanpa AC ibarat kaum adam tanpa kaum hawa. Merasa hidup tapi serasa ada yang kurang alias belum lengkap. Kamu juga pasti tidak ingin menghadapi teriknya sinar mata

thumbnail

Jadwal SIM Keliling Kota Bogor Terbaru dan Lokasinya

2023-10-06

Bagi Anda warga Kota Bogor yang hendak memperpanjang masa berlaku SIM, Anda tidak perlu jauh-jauh ke Samsat pusat. Sebab Polres Kota Bogor tengah mengadakan SIM Keli

thumbnail

Penyebab Sekring Mobil Meleleh

2022-03-03

Sekring atau fuse adalah salah satu komponen terpenting dalam sebuah mobil. Fungsinya adalah untuk mengamankan komponen-komponen mobil lainnya dari aliran arus listrik.