Logo Daihatsu
Menu

Inilah Fungsi Selang Radiator Bagi Mobil Sahabat

Otomotif

2021-08-31

fungsi selang radiator

Mesin mobil terdiri dari berbagai macam perangkat, salah satunya adalah sistem pendingin atau cooling system yang berperan untuk mendinginkan gesekan yang terjadi antara silinder dan komponen mesin. Selang radiator merupakan bagian dari komponen sistem pendingin yang memiliki peran penting sebagai penghubung antara radiator utama dan mesin. Lantas, apa saja fungsi selang radiator pada mesin mobil?

Mengenal Pengertian dan Fungsi Selang Radiator

Umumnya, mesin mobil normal memiliki dua jenis selang radiator, yaitu upper hose dan lower hose. Meski terbuat dari material yang sama, tiap jenis mempunyai perbedaan pada model lekukan. Hal ini tergantung dari desain dan model mesin yang digunakan pada mobil Anda.

Komponen selang radiator menggunakan bahan utama karet dengan ketebalan tertentu. Karet ini bersifat cukup fleksibel, namun di dalamnya terdapat beberapa benang yang menambah kekuatan selang radiator.

Bekerja pada suhu panas yang cukup tinggi, selang radiator ini terbuat dari material karet yang tahan panas.

Sahabat, jika bicara soal fungsi selang radiator sebenarnya sama seperti selang pada umumnya yakni mengalirkan air. Hanya saja yang dialirkan bukan air biasa melainkan cairan coolant (cairan pendingin khusus radiator). 

Jadi air ini nantinya akan disalurkan ke bagian mesin saat mobil dinyalakan. Tujuannya agar saat terjadi pembakaran, panas mesin pada bagian ruang bakar dapat ditekan.

Lantas apa sebenarnya fungsi selang radiator ini? Berikut ini adalah fungsi selang radiator pada mesin mobil.

1. Penghubung aliran cairan pendingin mesin

Fungsi pertama dari selang radiator adalah sebagai penghubung yang mengalirkan cairan pendingin mesin dari radiator ke mesin dan sebaliknya. Hal ini penting untuk menjaga temperatur cairan pendingin mesin dari mesin agar terhindar dari overheat.

Water coolant mesin ini akan mengalir ke radiator melalui selang radiator atas kemudian berhenti di radiator akibat tertutupnya Thermostat. Temperatur cairan pendingin engine akan mendingin di radiator dan tetap di radiator tangki bawah.

Ketika thermostat terbuka, campuran water coolant akan mengalir dari selang radiator bawah atau lower hose masuk menuju mesin dan berfungsi mendinginkan suhu panasnya.

2. Menekan getaran mesin ke radiator

Selang radiator juga memiliki fungsi lainnya yaitu untuk meredam atau mengurangi getaran mesin agar tidak merambat dan merusak radiator.

Pada umumnya, mesin mobil yang berjalan menghasilkan getaran yang kontinue di dalam mesin. Pemakaina selang radiator material karet, getaran tidak akan merambat ke radiator dan mesin mobil.

3. Menyalurkan air pendingin antara radiator dan mesin

Selanjutnya, fungsi kedua dari selang radiator yaitu menghubungkan saluran air pendingin antara radiator dan mesin. Pada mesin mobil radiator pada umumnya terletak di gril depan dan ditempelkan langsung pada kerangka kendaraan.

Selang radiator pada dasarnya fungsinya seperti selang/penghubug. Namun yang dialirkan bukan air biasa melainkan water coolant untuk menghubungkan saluran air pada mesin dengan saluran air pada radiator.

Umumnya, radiator terbuat dari 3 jenis material, antara lain aluminium, tembaga, atau kuningan. Selang radiator terdiri dari dua jenis yaitu Selang radiator yang langsung menempel pada bagian radiator yang mengalirkan cairan pendingin ke water pump. Sementara selang kedua menghubungkan water pump dengan mesin.

Bicara soal komponen sistem pendingin, Daihatsu menghadirkan produk terbarunya Daihatsu Rocky yang dilengkapi komponen sistem yang mumpuni. Terdapat juga berbagai fitur keamanan agar resiko kecelakaan dapat berkurang untuk pengendara.

Yuk gunakan produk dari Daihatsu mulai sekarang!


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Apa itu Jack Stand Mobil, Fungsi, Komponen & Penggunaannya

2023-03-21

Fungsi jack stand sangat krusial karena peralatan yang satu ini tidak boleh terpisahkan dengan alat dongkrak mobil. Jika Anda penasaran dengan fungsi tersebut, Anda

thumbnail

Beberapa Penyebab Bohlam Lampu Utama Cepat Putus

2022-02-21

Lampu mobil menjadi salah satu unsur penting saat berkendara. Apalagi ketika di malam hari. Bohlam lampu ini berfungsi untuk penerangan. Namun pernahkah Anda mengalami l

thumbnail

Jangka Waktu Kampas Kopling Mobil dan Tips Agar Lebih Awet

2021-02-02

Seperti halnya komponen mobil lainnya, kampas kopling mobil juga memiliki jangka waktu. Jika jangka waktu kampas kopling mobil sudah tiba, kampas kopling biasanya aus da

thumbnail

Ciri-Ciri Kabel Busi Mobil Bermasalah & Cara Mengatasinya

2022-09-23

Apakah kabel busi mobil Sahabat sering bermasalah? Nah, kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai ciri-ciri kabel busi mobil yang bermasalah dan cara mengatasinya. Simak sampai tuntas, ya!