Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Inilah Sejumlah Efek Begadang yang Berdampak Buruk Pada Kesehatan
12 Maret 2021
efek begadang

Sesekali begadang untuk tugas atau pekerjaan memanglah tak mengapa. Namun, jika keseringan, hal itu bisa bikin Sahabat mengalami sejumlah efek buruk. Terutama, dari segi kesehatan tubuh dan mental

Di artikel ini, akan kami bagikan sejumlah efek begadang yang berdampak buruk pada kesehatan. Semoga bisa menjadi pengingat untuk Sahabat agar tidak keseringan begadang. Sejumlah efek begadang itu bisa disimak sebagai berikut!

Menimbulkan Potensi Penyakit Stroke

Begadang yang terlalu sering bisa membuat pembuluh darah tidak berfungsi secara optimal. Hal itu mengakibatkan sejumlah penyebab. Stroke adalah salah satunya. Menurut sebuah penelitian, para pekerja yang terlalu sering lembur berpotensi terkena stroke. Tak hanya stroke, penyakit lain semacam jantung dan juga depresi.

Membuat Sahabat Jadi Obesitas

Selain mengganggu fungsi pembuluh darah, begadang juga bakal mengganggu ghrelin dan leptin. Dua hormon yang mempengaruhi pola makan seseorang. Orang yang terganggu ghrelin dan leptinnya bakal mudah lapar. Dari situlah bibit-bibit obesitas pun muncul. Jika dibiarkan hal itu tentu bakal menimbulkan penyakit fisik lainnya, semisal stroke dan jantung.

Obesitas yang diakibatkan begadang juga bikin berat badan naik cukup drastis. Hal itu sesuai dengan sebuah penelitian yang 21 ribu lebih orang. Dari penelitian itu, ditemukan kesimpulan bahwa orang yang kurang tidur (termasuk karena begadang) akan rentan mengalami kenaikan badan.

Berpotensi Memunculkan Penyakit Jantung dan Diabetes

Selain stroke, penyakit jantung dan diabetes adalah dua penyakit yang rentan muncul akibat begadang. Munculnya dua penyakit itu disebabkan oleh terganggunya sistem tubuh. Sistem tubuh yang terganggu bakal membuat tubuh sulit untuk sembuh dari penyakit. Entah yang berat maupun ringan. Hal itu bikin tubuh pun rentan terhadap penyakit apa pun. Termasuk jantung dan diabetes.

Terganggunya Produksi Hormon Pertumbuhan

Produksi hormon pertumbuhan juga bisa terganggu akibat begadang. Selain sistem tubuh tentunya. Bila produksi hormon pertumbuhan terganggu, massa otot dan pemulihan sel di tubuh pun akan terganggu. Untuk anak dan remaja, terganggunya hormon pertumbuhan bisa bikin tubuh mereka sulit meninggi.

Saluran Pernapasan Akan Rentan Mengalami Infeksi

Saluran pernapasan juga akan mengalami infeksi saat terlalu banyak begadang. Beberapa penyakit pernapasan ringan dan berat bisa muncul dalam tubuh. Mulai dari influenza hingga paru-paru basah. Bagi penderita paru-paru basah, sebaiknya mulai kurangi kebiasaan begadang. Sebab, begadang bisa membuat penyakit paru-paru basah di tubuh semakin parah.

Kemampuan Daya Ingat yang Berpotensi Akan Menurun

Agar sistem saraf pusat di otak berfungsi maksimal, Sahabat mesti tidur cukup di waktu malam. Kala sistem saraf pusat berfungsi maksimal, sistem tersebut bakal membentuk otak membentuk jalur memori yang baru. Dari situlah otak bisa lebih siap menghadapi aktivitas di waktu pagi.

Kalau sampai Sahabat begadang (bahkan terlalu sering melakukannya), otak dan sistem saraf tidak bisa membentuk jalur memori yang baru. Akibatnya, Saat bakal susah menghadapi aktivitas di waktu pagi. Hal itu pun juga akan mengganggu fungsi memori jangka pendek dan panjang.

Adanya Penurunan Pada Libido

Bagi Sahabat yang sudah menikah, sebaiknya jangan terlalu sering begadang. Sebab, hal itu bisa menurunkan libido Sahabat, sehingga kehidupan pernikahan Sahabat pun bisa terganggu. Mengapa hal itu bisa terjadi? 

Saat begadang, tubuh Sahabat akan mengalami kekurangan energi di tubuh, rasa kantuk berlebih, serta rasa cemas yang bertambah. Semua hal itu bisa menurunkan libido Sahabat. Terlepas apakah Sahabat pria dan wanita. Khusus untuk pria, begadang yang berlebih bisa membuat hormon testosteron menurun. Hal itu juga akan berpengaruh pada libido Sahabat.

Adanya Potensi Penuaan Dini

Begadang rupanya juga bikin penuaan dini pada wajah Sahabat. Begadang yang dilakukan terlalu sering bakal membuat hormon kortisol meningkat. Begadang terlalu sering juga bisa kolagen kulit akan pecah, membuat mata bengkak, serta bikin kulit pucat. Semua hal itu bikin wajah Sahabat rentan mengalami penuaan dini.

Jadi Mudah Lupa

Efek begadang satu ini masih berkaitan dengan efek begadang sebelumnya. Terutama, yang terkait dengan penurunan daya ingat. Saat daya ingat mengalami penurunan, kemampuan otak dalam menyimpan memori (baik jangka pendek maupun panjang) pun akan menurun. Akibatnya, Sahabat pun jadi sering lupa.

Jadi Gampang Lelah, Terutama di Waktu Siang

Efek negatif ini akan sangat terasa bagi Sahabat yang sering bekerja di siang hari. Saat begadang, Sahabat kehilangan kesempatan untuk mendapatkan waktu tidur berkualitas. Terutama, saat di malam hari.

Waktu tidur berkualitas di waktu malam sendiri sangatlah penting. Sebab, hal itu membuat Sahabat bisa mengistirahatkan tubuh di waktu malam. Dengan begitu, Sahabat pun akan lebih bugar saat beraktivitas di waktu siang.

Kalau sampai tidak mendapatkan waktu tidur berkualitas, Sahabat tak bisa mengistirahatkan tubuh Sahabat. Akibatnya, tubuh Sahabat pun akan mudah lelah saat siang hari. Kalau Sahabat tidak sedang bekerja, Sahabat bisa mengatasinya dengan tidur siang.

Namun, kalau Sahabat sedang bekerja di waktu siang, hal itu tentu akan mengganggu kinerja Sahabat saat bekerja. Kalau sampai dibiarkan, Sahabat bisa mengalami hipersomnia.

Timbulnya Depresi dan Gangguan Mental Lainnya

Tak hanya fisik, begadang pun juga berdampak negatif bagi kesehatan mental. Begadang yang terlalu sering bisa bikin mental rentan depresi. Tak hanya depresi, gangguan mental lainnya pun bisa saja terjadi.

Begadang bisa membuat pikiran mudah lelah, sehingga membuat pikiran rentan depresi. Hal itu akan semakin parah saat Sahabat begadang sambil mengkonsumsi minuman berkafein, khususnya kopi.

Hal tersebut bakal membuat depresi Sahabat semakin parah. Selain depresi, beberapa gangguan mental yang bisa muncul akibat begadang adalah gangguan kecemasan, serta paranoid.

Membuat Tubuh Tak Bisa Menghasilkan Sitokin

Saat tidur di waktu malam, tubuh akan menghasilkan sitokin. Semacam senyawa yang bisa membantu tubuh kebal terhadap virus dan bakteri. Sitokin pun juga bisa bikin tubuh tidur lebih nyenyak di waktu malam. Hal semacam itu tak akan terjadi saat Sahabat begadang. Begadang membuat tubuh tak bisa menghasilkan sitokin. Akibatnya, tubuh pun rentan terkena virus dan bakteri.

Rentan Terserang Sel Kanker

Selain rentan terkena virus dan bakteri, tubuh orang yang sering begadang pun juga rentan kena sel kanker. Bila dibiarkan, sel kanker itu bisa membuat Sahabat kena beberapa macam penyakit kanker. Semisal kanker payudara, kanker prostat, serta kanker perut. Untuk mengatasi efek ini, disarankan untuk mengurangi begadang dan tidur minimal 7 jam.

Rentan Terkena Risiko Kematian

Barangkali inilah efek negatif begadang yang paling menakutkan. Menurut sebuah penelitian yang dilakoni oleh Chronology International, orang yang terlalu sering begadang akan terkena risiko kematian sebesar 10 persen.

Itulah sejumlah efek begadang yang berefek negatif terhadap kesehatan. Baik fisik maupun mental. Semoga bisa menjadi pengingat akan buruknya begadang. Terutama, jika begadangnya terlalu sering.

Penulis : Anggie Warsito

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
Di musim penghujan seperti ini, semua kendaraan yang beroperasi di jalanan tentu tidak luput dari yang namanya kena hujan. Hujan yang hampir mengguyur setiap hari, membuat kendaraan menjadi cepat koto

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku