Logo Daihatsu
Menu

Jadi TKI Lewat Agen Kerja Luar Negeri dan Keuntungannya

Tips & Trick

2020-12-11

agen kerja luar negeri

Agen kerja luar negeri merupakan pihak ketiga yang memiliki izin resmi dari Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) untuk menyalurkan tenaga kerja ke luar negeri. Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau lebih dikenal dengan sebutan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) adalah sasaran peserta yang bisa bergabung bersama agen yang merupakan pihak ketiga.

Apakah menjadi TKI harus mendaftar lewat agen kerja? Sebenarnya tidak juga. Namun, agen kerja luar negeri biasanya menjadi perantara yang justru mempermudah calon TKI. Tidak hanya untuk persiapan di dalam negeri, tapi juga selama bekerja hingga kepulangan kembali ke tanah air. Nah, berikut inilah lima keuntungan menjadi TKI lewat agen kerja luar negeri.

1. Terdaftar Melalui Disnaker

TKI memang bekerja di luar negeri, tapi secara legal tetap terdaftar sebagai tenaga kerja resmi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan adanya data diri calon TKI yang terdaftar di Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker). Dengan kata lain, seseorang tetap berada di bawah perlindungan resmi pemerintah Indonesia meskipun lokasi kerjanya di luar negeri. Namun, pastikan juga agen kerja luar negeri yang dipilih adalah

2. Legalitas Dokumen Terjamin

Seorang calon TKI yang terdaftar melalui Disnaker tentu akan mendapatkan dokumen-dokumen resmi yang keabsahannya terjamin. Calon TKI tidak perlu kebingungan mengurus dokumen lamaran kerja bahasa Inggris, visa, izin tinggal, dan sebagainya. Berbagai kelengkapan dokumen tersebut akan dibantu pengurusannya oleh agen kerja.

Nah, berhati-hatilah karena pengurusan dokumen untuk bekerja di luar negeri juga sering kali dilakukan oleh calo. Sebaiknya, kenali betul pihak yang benar-benar agen kerja luar negeri atau hanya calo yang membantu pengurusan dokumen. Selain belum tentu sah, ada kemungkinan pengurusan dokumen dipungut biaya besar yang merugikan calon TKI.

3. Terinformasi Tentang Perlindungan Kerja

Jika bergabung dalam agen kerja luar negeri, seorang calon TKI juga akan mendapatkan informasi praktis tentang perlindungan kerja. Jika selama masa kerja ada masalah hukum yang menimpa seorang TKI, pemerintah akan melakukan upaya bantuan secara optimal. Tak hanya itu, nantinya juga akan ada hak untuk didampingi seorang pengacara saat peradilan.

4. Sportif untuk Mendapat Surat Penempatan

Banyak calon TKI yang terjebak ketika berurusan dengan agen kerja luar negeri. Biasanya, para agen ‘palsu’ menjanjikan calon TKI dengan keuntungan-keuntungan besar seperti uang saku atau lokasi kerja yang strategis. Melalui agen kerja luar negeri, hal-hal tersebut diatur secara sportif, tidak dipungut biaya, dan terlampir secara terperinci pada surat perjanjian penempatan. Hal ini membuat semua calon TKI mendapat kesempatan kerja yang sama sesuai bidang keahliannya.

5. Pendaftaran Mudah Lewat Aplikasi

Calon TKI juga sudah bisa melakukan pendaftaran dengan lebih mudah untuk menjadi tenaga kerja luar negeri. Hanya dengan menggunakan smartphone, aplikasi SimPadu-PMI bisa diunduh dari Play Store maupun App Store. Pendaftaran melalui aplikasi ini lebih praktis ketimbang sistem online di website.

Semua informasi mengenai proses perekrutan juga akan tertera di dalam aplikasi. Jika terpilih untuk lolos bekerja, semua jadwal keberangkatan, nama perusahaan, hingga struktur biaya yang perlu dibayarkan akan terlampir secara transparan. Jika direkrut melalui calo, bisa saja informasi-informasi ini harus ditanyakan berkali-kali.

Jadi, agen kerja luar negeri sebenarnya memiliki peran yang sangat penting bagi para calon TKI. Karena itulah, pastikan untuk memilih agen kerja yang terpercaya untuk dapat dibantu menjadi calon TKI resmi dengan perlindungan yang aman.

Penulis: Rizkita Darajat


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

7 Tips Liburan Akhir Tahun Seru Bersama Keluarga

2020-11-24

Liburan bersama keluarga tentunya harus melakukan persiapan yang matang. Mengingat bukan hanya kamu sendiri tetapi anggota keluarga yang lain juga pergi bersama loh. Aga

thumbnail

Transportasi Umum di DKI Jakarta yang Mulai Dibatasi

2020-09-27

Seiring dengan semakin meningkatnya kasus positif Covid-19 di daerah Jakarta dan sekitarnya. Pemerintah Provinsi Jakarta mulai membatasi transportasi umum di Jakarta den

thumbnail

7 Konsep Dekorasi Pernikahan Modern yang Murah dan Minimalis

2021-01-14

Perubahan zaman yang semakin berkembang membuat banyak orang lebih memilih untuk melakukan resepsi pernikahan yang sederhana. Bagi sebagian orang, pertimbangan utama bia

thumbnail

5 Keuntungan Mempelajari Komunikasi Lintas Budaya dalam Bisnis

2021-01-22

Dalam bisnis, komunikasi sangat diperlukan untuk mencapai kesepakatan. Setiap perusahaan memiliki individu yang berbeda budayanya, baik dari status, nilai sosial, gaya k