Logo Daihatsu
Menu

Jangan Langsung Tambah Freon, Penanganan Jika AC Kurang Dingin

Otomotif

2022-05-06

ac mobil kurang dingin

Pada saat mengendarai mobil, pastinya AC harus dinyalakan agar tidak merasa panas dan gerah saat di dalam mobil. Namun apa jadinya jika AC kurang dingin? Pastinya kondisi seperti ini terasa menjengkelkan. Terlebih lagi saat Anda melakukan perjalanan jauh.

Kondisi AC yang tiba-tiba menjadi tidak dingin ini memang perlu diperhatikan. Tidak selalu penyebab AC menjadi kurang dingin karena freonnya sudah habis. Bisa saja terdapat penyebab lain yang menjadikan AC tidak bisa bekerja secara maksimal. Oleh karena itu penting sekali untuk melakukan hal-hal ini terlebih dahulu sebelum ganti freon baru. Baca info selengkapnya disini. 

Lakukan Hal Ini Saat AC Kurang Dingin, Jangan Buru-buru Menambah Freon

Saat mendapatkan AC mobil yang kurang dingin, maka Anda jangan terburu-buru untuk mengganti freonnya. Ada banyak penyebab lain yang bisa saja membuat AC mobil menjadi kurang dingin. Lebih baik Anda melakukan beberapa hal berikut ini terlebih dahulu.

Periksa Kondisi AC

Sebelum memutuskan untuk menambah freon pada AC mobil. Lebih baik Anda mengecek penyebab AC kurang dingin terlebih dahulu. Untuk itu langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengecek kondisi AC mobil. Jika terdapat komponen AC yang tidak bekerja secara maksimal, maka memungkinkna terjadi kerusakan.

Tidak semua kerusakan pada komponen AC mobil bisa menyebabkan AC menjadi kurang dingin. Namun tidak memungkinkan kerusakan tersebut bisa membuat AC tidak berfungsi dengan normal dan menjadi kurang dingin.

Periksa Bagian Kipas Kondensor

Komponen AC yang juga perlu diperiksa adalah bagian kipas kondensornya. Pastikan putaran kipasnya bisa bekerja secara normal. Anda bisa memeriksa kipas kondensor dengan cara menghidupkan AC mobil. Saat AC mobil hidup, maka kipas secara otomatis juga akan menyala.

Selain kipas kondensor, Anda juga perlu memeriksa kondensornya. Jika kondensor rusak atau kotor maka AC mobil tidak bisa bekerja secara maksimal. Bersihkan secara rutin pada bagian kondensornya secara rutin agar tidak ada kotoran dan debu yang menempel.

Cek Bagian Kompresor

Tak hanya bagian kondensor saja yang perlu Anda periksa, melainkan juga bagian kompresornya. Penyebab AC kurang dingin juga bisa terjadi akibat adanya masalah yang ada pada bagian kompresornya. Pada saat kompresor mengalami kerusakan ditandai dengan adanya bunyi yang bising di sekitar mesin dimana kompresor berada.

Kerusakan ini bisa terjadi karena faktor usia atau memang akibat perawatan yang kurang baik. Selain itu kerusakan juga bisa terjadi karena kebiasaan buruk yang biasa dilakukan sehingga mengurangi kinerja AC mobil Anda.

Dibawa ke Bengkel

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan membawanya ke bengkel. Hal ini bisa Anda lakukan jika memang belum mengerti mengenai komponen pada mobil. Membawa mobil ke bengkel memang menjadi pilihan terbaik. Orang yang berpengalaman akan mengatasi masalah AC pada mobil Anda.

Nantinya petugas akan memberikan penanganan yang tepat untuk mengatasi masalah AC pada mobil Anda. Jangan langsung menambah freon, jika Anda belum mengetahui secara detail penyebab AC kurang dingin. Lebih baik orang yang profesional yang memeriksa kondisi Ac mobil dan memberikan penanganan yang pas.

Lakukan juga service mobil secara rutin di dealer resmi terdekat agar mobil tetap bisa digunakan dengan nyaman dan aman. Dapatkan juga informasi yang bermanfaat melalui kami. Daihatsu selalu memberikan informasi terbaru yang akan diupdate secara berkala. Tentunya informasi seputar otomotif yang bisa menambah wawasan Anda.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tips Memilih Asuransi Mobil yang Tepat dan Sesuai Kebutuhan

2021-08-08

Para pengendara mobil di luar sana disarankan untuk membeli asuransi untuk kendaraan mereka. Jika Anda ingin membeli asuransi kendaraan mobil, pastikan untuk memilih yan

thumbnail

Peran Penting Ring Piston Mobil hingga Tips Jitu Perawatannya

2021-05-06

Ring piston mobil merupakan salah satu bagian mesin sebagai komponen slow moving. Menjadi salah satu sparepart yang berada di dalam sehingga tidak bisa dil

thumbnail

Cara Cek Pajak Kendaraan Kalsel Secara Online, Mudah!

2024-01-31

Cek pajak kendaraan Kalsel saat ini sudah dapat dilakukan secara online. Apakah Anda warga Kalsel sudah mengetahui caranya? Jika belum, mari perhatikan beberapa cara

thumbnail

5 Penyebab Ban Tubeless Sering Kempes dan Cara Mengatasinya

2022-12-28

Ban tubeless diklaim mampu menghemat biaya perawatan ban yang diakibatkan kebocoran ban. Meski terbilang efektif, terkadang ban tubeless juga kempes walaupun baru di