Logo Daihatsu
Menu

Jenis-Jenis Ban Mobil Offroad Serta Rekomendasi Merknya

Otomotif

2021-02-25

ban offroad

Mengetahui jenis-jenis ban mobil offroad perlu dilakukan. Terutama, bila Sahabat tengah mencari ban untuk mobil offroad. Mengetahui jenis-jenis ban tersebut bisa membuat Sahabat lebih paham, jenis ban mana yang cocok untuk mobil offroad Sahabat.

Pada artikel ini, kami akan berikan informasi soal apa saja jenis-jenis ban mobil offroad. Tak hanya itu, kami pun juga akan memberikan rekomendasi merk dari tiap jenis ban offroad-nya. Semua informasi itu bisa disimak sebagai berikut!

Mud Terrain (MT)

Jenis ban pertama adalah Mud Terrain. Ban yang dikenal dengan nama ban MT ini punya kontur tapak yang kasar. Hal itulah yang bikin ban ini mampu melewati jalanan offroad yang sulit.

Ban ini lazim dipakai untuk berbagai jenis mobil SUV ataupun jeep. Ada beberapa merk ternama dari jenis ban offroad ini. GT Radial Savero Komodo M/T Plus, serta Forceum MT-08+ adalah dua di antaranya.

GT Radial Savero Komodo M/T Plus

Ban keluaran PT Gajah Tunggal Tbk ini merupakan pengembangan dari ban Savero M/T. Ciri khas merk ini adalah traksinya yang mumpuni, serta memiliki kekuatan comering yang tergolong stabil. Ban ini sangat cocok dipakai di jalanan offroad yang begitu berat.

Forceum MT-08+

Kalau yang satu ini punya desain yang tergolong modern untuk ukuran ban MT. Ciri khas ban ini adalah blok knobby yang besar, serta lapak terbuka yang memiliki pijakan alur bahu. Ciri khas tersebut bikin ban ini bisa stabil dan efisien saat melewati jalanan offroad.

All Terrain (AT)

Ban ini tak hanya cocok dipakai untuk mobil offroad saja. Tetapi, juga untuk mobil perkotaan yang lazim melewati jalanan aspal. Jenis ban satu ini cocok untuk melewati jalanan offroad yang ringan. Salah satu merk AT yang cukup recommended adalah Bridgestone Dueler AT 697 235.

Bridgestone Dueler AT 697 235

Merk ban dari Bridgestone ini cocok untuk jalanan offroad yang berkerikil dan berkubang. Ban satu ini juga bisa dipakai di jalanan aspal. Hanya saja, ban ini akan mengeluarkan suara tapak ban yang agak keras saat dipakai di jalanan aspal.

Extreme

Jenis ban untuk offroad yang terakhir adalah extreme. Jenis ban satu ini cocok dipakai untuk jalanan offroad dengan lumpur yang lengket atau jalanan dengan batuan besar yang ekstrim.

Ban satu ini juga cocok dipakai untuk jalanan aspal. Dengan catatan, Sahabat harus menggunakannya dalam kecepatan rendah, agar bannya tidak mudah aus. Dua merk yang lekat dengan jenis ban ini sendiri adalah Accelera Badak X-Treme dan Delium Xtreme Xpedition.

Accelera Badak X-Treme

Ban keluaran PT EP Tyre ini cocok dipakai untuk velg berukuran 15 dan 16 inci. Ban ini sangat cocok dipakai untuk melewati bebatuan yang ekstrim, serta jalanan yang berlumpur.  Ban ini bisa didapatkan dengan kocek sekitar Rp 1,8 juta hingga Rp 2,4 juta.

Delium Xtrem Xpedition

Kalau ban satu ini punya ciri khas dari desain alunya yang ada di tengah tapak. Desain semacam itu bikin ban bisa melakukan pembuangan lumpur dengan lancar. Ban ini juga punya cengkraman kuat terhadap jalanan offroad, seta memiliki pola tapak zigzag yang bikin dia mudah melewati medan yang miring.

Demikianlah jenis-jenis ban mobil offroad beserta rekomendasi merknya. Semoga bisa menjadi referensi untuk Sahabat sekalian. Khususnya, bagi Sahabat yang baru mengenal atau mau membeli ban mobil offroad.

Penulis : Anggie Warsito


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Review Daihatsu Hi-Max, Harga hingga Performa Mesinnya

2020-11-09

Bagi Sahabat yang belum mengetahui seperti apa Daihatsu Hi-Max,

thumbnail

Cara Kerja Baterai Aki Mobil & Tips Merawatnya Agar Awet

2023-03-20

Aki mobil merupakan penyimpan dan penyuplai energi listrik p

thumbnail

Yuk, Kenali Aturan Menggunakan Lampu DRL!

2021-02-19

Saat ini sedang ramai soal pelarangan menggunakan aksesori lampu strobo dan rotator. Lalu, bagaimana dengan penggunaan lampu DRL? Dilarang juga kah?

thumbnail

Fungsi Cerium Oxide untuk Kaca Mobil & Cara Menggunakannya

2023-04-17

Cerium oxide akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat di forum-forum komunitas otomotif khususnya pecinta mobil. Bahan kimia yang satu ini di gadang-gadang merupa