Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Jenis yang Tepat Untuk Modifikasi Lampu Mobil
03 Juli 2020
modifikasi lampu mobil

Selain memodifikasi velg dan interior, modifikasi lampu mobil merupakan hal yang lazim dilakukan oleh para pemilik kendaraan. Selain bertujuan menambah estetika kendaran, beberapa pemilik mobil sengaja memilih jenis lampu yang bisa memaksimalkan pencahayaan mobilnya. Karena hal tersebut cukup penting maka modifikasi jenis ini lebih lazim ditemui di masyarakat dibandingkan kedua modifikasi tersebut.

Penggantian lampu kendaraan merupakan modifikasi lampu paling umum. Selain karena lebih terjangkau, tempat-tempat yang menyediakan jasa penggantian lampu juga lebih banyak dan lebih mudah ditemui di masyarakat sehingga lebih banyak dilakukan. Harga penggantian lampu sendiri bervariasi tergantung dimana Sahabat melakukannya. Ada bengkel yang menyediakan lampu mobil sekaligus memasangkannya pada kendaraan atau Sahabat membeli lampu sendiri dan memasangnya di bengkel.

Walaupun terlihat sederhana namun mengganti lampu original kendaraan sebaiknya tidak dilakukan secara sembarangan. Pastikan orang yang menggantinya merupakan teknisi ahli yang sudah berpengalaman. Produk yang digunakan pun harus berkualitas bagus, walaupun kebanyakan lampu yang digunakan untuk modifikasi tidak dibuat oleh perusahaan otomotif namun terdapat produk yang kualitasnya tidak kalah bagus dari lampu bawaan pabrik.

Karena termasuk aksesoris elektronik, pemasangan lampu juga harus berhati-hati. lampu yang dipasang dengan sembarangan oleh yang bukan ahlinya berisiko menyebabkan korslet yang menyebabkan kebakaran. Selain itu, bila ada kesalahan di kabel penghubungnya maka hal itu bisa mempengaruhi aki mobil bahkan menyebabkan beberapa sensor tidak berfungsi maksimal. Sementara pada mobil-mobil modern, hal ini bisa mengganggu kinerja sistem di mobil yang menyebabkan malfungsi.

Jenis lampu mobil yang banyak digunakan untuk modifikasi

Di pasaran saat ini telah tersedia banyak sekali jenis lampu mobil. Mulai dari lampu mobil yang ditujukan untuk menghemat energi, digunakan di alam terbuka hingga ditujukan untuk hiburan. Semua lampu tersebut tentunya memiliki harga yang berbeda-beda. Setidaknya dikenal 4 jenis lampu mobil yang umum digunakan oleh masyarakat umum. Selain karena faktor keamanan, ketiga jenis lampu tersebut juga tergolong terjangkau. Rata-rata modifikasi lampu menghabiskan dana sekitar 500 ribu hingga jutaan rupiah tergantung kualitas produknya. Berikut ini adalah beberapa jenis lampu modifikasi yang perlu Sahabat tahu.

1. High Intensity Discharge (HID)

Lampu juga dikenal dengan nama lampu proyektor ini merupakan lampu yang paling banyak digunakan sebagai pengganti lampu original. Selain karena jangkauan sinarnya lebih luas, lampu ini dinilai lebih awet serta lebih hemat energi. 

Lampu ini juga tergolong murah, di pasaran lampu HID dibandrol dengan harga mulai dari 500 ribu rupiah tergantung kualitasnya. Namun, hal ini tidak pasti menjadi patokan. Di bengkel yang bagus biasanya Sahabat akan membayar lebih mahal dari itu. Harga lampunya pun bervariasi tergantung merk. Lampu proyektor yang bagus biasanya dibandrol dengan harga sekitar 1,7 juta rupiah.

2. Light Emitting Diode (LED)

Walaupun lebih dikenal sebagai lampu untuk rumah tangga, namun pemakaian LED sebagai lampu mobil telah mulai menggantikan lampu HID. Selain karena lebih kecil, hemat energi dan menghasilkan cahaya yang lebih kuat, lampu ini juga memiliki harga yang hampir sama dengan lampu HID. 

Lampu LED saat ini menjadi pilihan yang banyak digunakan tidak hanya oleh kaum muda untuk mobil-mobil terbaru namun juga cocok digunakan pada mobil-mobil lawas seperti mobil Kijang super. Modifikasi lampu mobil Kijang super menggunakan lampu LED dinilai bisa meningkatkan “kelas” mobil yang kerap dicibir sebagai mobil angkutan umum.

Lampu LED menarik untuk digunakan karena memiliki setidaknya 3 warna yang berbeda yaitu putih, putih kekuningan dan kuning. Hal ini membuat pemilik mobil merasa lebih nyaman karena lampu tersebut bisa digunakan di segala kondisi cuaca. Harga lampu LED berwarna juga tidak terlalu mahal. Biasanya diberandol dengan harga 750 ribu rupiah saja sementara untuk lampu LED standar dipatok dengan harga sekitar 600 ribu rupiah.

Akan tetapi, harga tersebut belum pasti karena  tempat dimana Sahabat membeli atau memasangnya juga turut mempengaruhi harga. Biasanya, bengkel-bengkel besar akan memberikan harga yang lebih tinggi namun memiliki jaminan kualitas yang bagus. Selain itu, jenis mobil juga ikut berpengaruh. Lampu LED untuk mobil-mobil baru dan mobil buatan Eropa biasanya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan untuk mobil biasa.

3. Lampu Laser

Jika Sahabat kurang puas dengan lampu HID dan LED, Sahabat bisa mencoba lampu laser yang mampu menghasilkan cahaya 2 kali lipat lebih jauh dibandingkan lampu LED. Sayangnya, menggunakan lampu jenis ini bisa memicu ketidaknyamanan bagi pengguna jalan lainnya karena dianggap mengganggu. Selain itu, lampu laser juga cukup jarang ditemukan secara offline sehingga Sahabat harus membelinya secara online namun hal tersebut cukup beresiko.

4. Lampu knight rider

Lampu jenis ini merupakan lampu yang tengah populer di masyarakat Indonesia. Lampu kelap kelip ini mampu menghasilkan cahaya yang unik dan bisa menghadirkan ilusi optik yang mengagumkan.  Walaupun namanya berbeda namun sejatinya lampu ini merupakan lampu LED yang dipasang secara rumit sehingga membutuhkan tenaga ahli dengan kemampuan khusus.

Selain karena tampilannya yang menarik, lampu ini banyak diminati karena membutuhkan daya yang sedikit. Harga lampu ini juga tidak terlalu mahal. Biasanya lampu ini dibandrol dengan harga sekitar 500 hingga 1,4 juta rupiah. Walaupun terjangkau, namun perlu diingat jika pemasangannya cukup rumit sehingga perlu kehati-hatian dalam memilih tempat pemasangan.

Nah, itu dia 4 jenis lampu yang umum digunakan untuk modifikasi lampu mobil. Walaupun terdapat berbagai jenis lampu mobil lainnya namun 4 jenis lampu tersebut merupakan jenis terbaru yang dinilai lebih baik dan aman digunakan.

Baca juga : Modifikasi Interior Mobil Pick Up Untuk Pemula

Tips Sahabat Lainnya
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Jalan-jalan ke luar negeri butuh paspor. Buat Sahabat yang belum memiliki paspor tapi berencana liburan ke luar negeri, kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Sekarang ini kita semakin dimudahkan

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku