Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Kartu Keluarga Sejahtera, Manfaatnya, dan Solusinya Jika Rusak atau Hilang
08 Januari 2021
kartu keluarga sejahtera

Kartu Keluarga Sejahtera adalah kartu yang diterbitkan oleh pemerintah untuk keluarga miskin. Sebelumnya Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) ini bernama Kartu Pelindung Sosial (KPS). Sebelumnya KPS bentuknya adalah tunai, sedangkan KKS sudah berbentuk nontunai.

KKS ini diterbitkan oleh beberapa bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Jadi Sahabat bisa jadi memiliki KKS yang diterbitkan oleh salah satu bank berikut: Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN.

Kartu Keluarga Sejahtera ini digunakan untuk menerima bantuan dari pemerintah, salah satunya adalah Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar 500 ribu rupiah. Tak hanya itu, ada banyak manfaat yang bisa diterima dengan Sahabat mempunyai KKS ini.

Manfaat Memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Sahabat dapatkan dengan KKS.

  1. KKS ini dapat menyimpan kuota bantuan sosial yang Sahabat dapatkan dari pemerintah.
  2. KKS dapat digunakan untuk mengambil bantuan beras dan bantuan pangan nontunai (BPNT).
  3. Kartu ini bisa digunakan untuk uang elektronik, kartu debit atau ATM yang bisa digunakan untuk transaksi perbankan seperti menarik saldo, beli pulsa, membayar tagihan, dan sejenisnya.
  4. Selain itu, kartu ini juga bisa digunakan untuk menabung, layaknya seperti kartu ATM biasanya.

Bagaimana Cara Mendapatkan KKS?

Jika Sahabat belum memiliki KKS ini, bagaimana cara untuk mendapatkan kartu ini? Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Sahabat harus mendaftarkan diri sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) ke RT atau RW terdekat tempat Sahabat tinggal.
  2. Tanyakan juga apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftar sebagai KPM ke ketua RT atau RW setempat. Penuhi semua persyaratannya.
  3. Setelah mendaftar, Sahabat akan mendapatkan surat pemberitahuan berisi teknis pendaftaran di tempat yang telah ditentukan.
  4. Data yang sudah Sahabat isi, akan diproses secara paralel dan sinergis oleh Himbara, kantor kelurahan, dan kantor walikota/kabupaten.
  5. Tunggu verifikasi selesai.
  6. Jika sudah selesai, Sahabat akan dibukakan buku rekening bank yang tergabung Himbara dan akan mendapatkan KKS.

Bagaimana Cara Aman Menggunakan KKS?

Seperti halnya kartu ATM, KKS ini juga harus disimpan ditempat yang aman dan jangan sampai hilang. Sayang sekali jika hilang, Sahabat harus mengurusnya dan itu makan waktu. Berikut adalah tips cara aman menggunakan KKS.

  1. Jangan pernah memberitahukan PIN kartu ini pada siapapun. Karena jika ada yang tahu, maka dia bisa mengambil uang Sahabat di saldo KKS ini tanpa sepengetahuan Sahabat.
  2. Simpan di tempat yang aman. Jika Sahabat kehilangan KKS ini, segera lakukan blokir kartu ke bank terkait. Misal KKS Sahabat diterbitkan oleh Mandiri, maka hubungi call center Mandiri di 14000.
  3. Mengganti PIN kartu secara berkala agar tidak mudah ditebak orang lain.
  4. Hindari menggunakan PIN yang mengandung tanggal lahir dan nomor telepon, karena ini mudah ditebak.

Bagaimana Jika KKS Rusak atau Hilang?

Ada beberapa langkah yang harus Sahabat lakukan jika KKS rusak (tidak bisa menarik saldo di ATM) ataupun hilang.

  1. Jika hilang, maka segera blokir kartu dengan menghubungi call center.
  2. Namun jika rusak, maka tidak perlu melakukan pemblokiran kartu.
  3. Datang ke kantor bank penerbit KKS tersebut.
  4. Bawa beberapa berkas, seperti: KTP, bukti kepemilikan KKS (bisa berupa lembar surat yang didapat saat mendapatkan KKS pertama kali), surat kehilangan dari polisi (jika KKS hilang), dan KKS yang rusak.
  5. Bank akan memproses. Biasanya akan dikenakan biaya kartu baru. Setiap bank biayanya beda-beda. Untuk Mandiri, biaya 15 ribu rupiah.

Itulah beberapa info mengenai KKS. Bagi Sahabat yang merasa berhak mendapatkan KKS namun belum mendapatkannya, segera urus ke RT/RW terdekat.

Penulis: Iskael

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor