Tips Sahabat

Kendaraan Ogah Jalan? Ini Penyebab Persneling Mobil Tidak Bisa Masuk

12 Januari 2021
penyebab persneling mobil tidak bisa masuk

Tatkala mengemudikan kendaraan, pastinya kondisi gigi persneling mobil akan masuk. Namun bagaimana jika kondisi persneling tidak bisa masuk? Tentunya akan hal ini nantinya akan membahayakan Anda. Bahkan pengemudi seringkali pemudi kehilangan konsentrasi akibat gigi persneling yang susah masuk. Lantas apa sajakah penyebab persneling mobil tidak bisa masuk? Berikut ulasannya.

1. Kanvas Kopling Terlalu Tipis

Penyebab pertama yang menyebabkan persneling tidak bisa masuk adalah kanvas kopling yang terlalu tipis. Kopling bertugas memutus dan menyambungkan tenaga yang berasal dari engine menuju transmisi.

Ketika tenaga putar dari mesin diputuskan oleh kopling, maka gigi persneling bisa dipindahkan atau dimasukkan dengan mudah.

Namun bila keadaan kanvas telah menipis atau habis, tentu saja tenaga yang diteruskan tidak akan maksimal. Jika biasanya kendaraan bisa dijalankan saat pedal gas diinjak secara dalam, tetapi di kondisi seperti ini kendaraan akan jalan saat putaran mesin tinggi. 

Tentunya hal ini akan membahayakan si pengemudi. Untuk itu, satu satunya cara yaitu dengan mengganti kanvas segera mungkin.

Khusus untuk kopling dengan sistem hidrolik, kebocoran minyak kopling pun bisa saja menjadi penyebab persneling mobil tidak bisa masuk. Hal ini pun akan memuat gigi transmisi sulit untuk ‘dioper’ atau bisa saja tidak bisa dimasukkan sama sekali. Mengganti komponen yang bermasalah menjadi salah satu solusinya.

Baca Juga: Kenali 10 Gejala Transmisi yang Bermasalah agar Terhindar dari Kerusakan Parah

2. Besarnya Free Play pada Kopling 

Free play pada kopling terlalu besar biasanya terjadi pada kendaraan yang bertransmisi manual. Seperti misalnya saat mesin mati, persneling bisa berpindah pindah dan masuk ke posisi 1, 2, 3, dan seterusnya. 

Semntara ketika mesin dinyalakan, perpindahan transmisi akan terasa lebih keras bahkan terkadang tidak bisa masuk sama sekali.

Bila Anda memaksakan, maka gigi percepatan di transmisi akan mengalami kerusakan atau mengeluarkan suara bising ketika dijalankan. Jika masalah ini terjadi akibat setelan free play yang terlalu bebas, maka satu satunya penyelesaian dari penyebab persneling mobil tidak bisa masuk yakni dengan melakukan penyetelan ulang pada baut adjuster guna memperkecil free play tersebut. 

3. Kabel Tuas di Persneling Alami Kemacetan

Sejatinya, hal satu ini merupakan suatu hal yang wajar dan seringkali terjadi di setiap kendaraan bermotor. Ciri cirinya yaitu tuas persneling mobil akan terasa lebih berat dan keras tatkala akan digeser. 

Tak hanya keras dan berat saja, tuas persneling yang macet pun kerap kali membuat gigi persneling menjadi susah untuk dimasukkan saat akan melaju.

Terkadang hal ini terjadi karena minimnya jarak yang ada sehingga gagal untuk menggeser roda gigi transmisi. Alhasil, roda gigi transmisi tersebut tidak bisa terkait secara sempurna sehingga mengakibatkan gigi susah dimasukkan. 

Guna mengatasi penyebab persneling mobil tidak bisa masuk ini, Anda harus sigap membawa kendaraan kesayangan langsung ke bengkel terdekat atau tempat servis resmi.

Kenyamanan dalam berkendara memang menjadi impian yang diinginkan semua orang. Namun tidak ada yang mengetahui, kapan pastinya kendaraan mengalami sebuah permasalahan. Misalnya saja dikala persneling tidak bisa dimasukkan saat berjalan. Untuk itu, alangkah baiknya bila Anda perhatikan beberapa penyebabnya diatas.

Baca Juga: Ini Penyebab Mesin Mobil Mati saat Injak Kopling

Tips Sahabat Lainnya
Release Bearing: Fungsi, Cara Kerja, dan Tanda Kerusakannya
Release Bearing: Fungsi, Cara Kerja, dan Tanda Kerusakannya
Release bearing merupakan salah satu komponen penting dari kopling mobil bertransmisi manual. Oleh karena itu, sebagai pemilik mobil harusnya mengetahui fungsi, cara kerja serta tanda kerusakan dari k
Fungsi Reservoir Tank & Cara Kerjanya pada Sistem Pendinginan Mobil
Fungsi Reservoir Tank & Cara Kerjanya pada Sistem Pendinginan Mobil
Reservoir tank merupakan komponen pada sistem pendingin mobil yang memiliki fungsi vital di dalam sistem tersebut. Komponen ini kerap kali disebut sebagai tabung cadangan air radiator. Bagi Anda yang
Mengenal Trade In dan Cara Kerja Tukar Tambah Mobil
Mengenal Trade In dan Cara Kerja Tukar Tambah Mobil
Trade in adalah istilah lain yang digunakan untuk proses tukar tambah kendaraan. Istilah tersebut biasanya digunakan dalam mekanisme jual beli. Lantas bagaimana cara kerja trade in dalam proses jual b
Jakarta ke Solo Berapa Jam Naik Mobil? Ini Rute Terbaiknya
Jakarta ke Solo Berapa Jam Naik Mobil? Ini Rute Terbaiknya
Jakarta Solo berapa jam jika naik mobil? Apakah Anda sudah mengetahuinya? Jika belum, mari perhatikan ulasan di bawah ini agar Anda bisa memilih rute terbaik sehingga estimasi waktu perjalanan lebih c
Logo Daihatsu
Daihatsu Access
1500898
hotline@daihatsu.astra.co.id
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang @Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku
Kebijakan Privasi
Hubungi Kami