Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Ketahui Fungsi Oli Persneling Mobil Manual & Ciri Harus Ganti
22 Mei 2023
Ketahui Fungsi Oli Persneling Mobil Manual & Ciri Harus Ganti

Mengetahui kapan oli persneling mobil manual harus ganti merupakan hal yang penting. Sebab oli ini memiliki fungsi yang sangat vital pada mobil. Lantas apa saja fungsi dari oli tersebut? Dan ciri apa saja yang perlu diperhatikan untuk mengetahui waktu penggantian oli persneling yang tepat? Yuk, ketahui jawabannya, dengan memperhatikan ulasan berikut.

Fungsi Oli Persneling Mobil Manual

Oli persneling untuk mobil transmisi manual bisa dibilang memiliki fungsi yang cukup penting sama halnya dengan pelumas mobil lainnya. Meski begitu, tidak sedikit pemilik mobil yang memperhatikan kondisi oli apakah perlu diganti atau tidak? Yuk, ketahui apa saja fungsi oli persneling mobil untuk mobil transmisi manual agar Anda sebagai pemilik mobil lebih bisa memperhatikan waktu penggantiannya. Berikut fungsi selengkapnya.

1. Sebagai pelumas antar komponen transmisi manual

Fungsi utama dari oli persneling untuk mobil manual ialah sebagai pelumas antar komponen transmisi manual. Diberikannya pelumas ini bertujuan agar gesekan antar komponen transmisi manual yang terlalu besar saat bekerja dapat diminimalisasi. 

Dengan begitu, usia pemakaian komponen mobil transmisi manual jauh lebih panjang dan tidak mudah aus. Tidak hanya itu, pergantian gigi juga akan terasa lebih ringan saat pengemudi mengubah tuas transmisi. 

2. Meningkatkan performa mesin

Fungsi selanjutnya, dapat meningkatkan performa mesin. Seperti diketahui setiap oli memiliki batas pemakaian sendiri. Apabila sudah waktunya diganti namun tidak diganti dapat menyebabkan perpindahan gigi menjadi berat, knalpot mengeluarkan asap hitam yang banyak, serta membuat kinerja mesin semakin berat. 

Dengan penggantian oli secara berkala, maka zat aditif yang terkandung dalam oli dapat membersihkan kotoran dan debu yang masuk di dalam mesin. Dengan begitu komponen transmisi dan mesin terhindar dari korosi. Hal tersebut tentunya sangat berpengaruh terhadap performa yang dihasilkan mesin mobil.

3. Terhindar dari turun mesin

Fungsi selanjutnya, oli persneling pada mobil manual dapat mencegah mobil dari turun mesin. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi pemilik mobil ketika hendak menjual mobil. Sebab kondisi mesin yang prima dapat mempengaruhi harga jual mobil. 

Ciri-Ciri Oli Persneling Mobil Manual Harus Diganti 

Mengingat fungsinya yang penting dalam merawat sistem transmisi manual mobil beserta performa mesin. Penggantian oli persneling harus dilakukan secara rutin dan berkala agar kondisi mobil selalu prima saat digunakan. Lantas kapan oli tersebut harus diganti? Untuk mengetahui lebih jauh lagi, yuk perhatikan ciri-ciri berikut ini.

1. Ketika mobil sudah menempuh jarak kurang lebih 20.000-25.000 km

Ciri-ciri pertama oli persneling untuk mobil transmisi manual harus diganti ialah ketika mobil sudah menempuh jarak kurang lebih 20.000-25.000 km. Sebagai pemilik mobil Anda wajib mengetahui batasan jarak tempuh tersebut agar komponen mobil selalu terjaga dengan baik. 

Meski pada umumnya di buku manual standar pabrikan penggantian oli dilakukan apabila jarak tempuh mobil mencapai 40.000 km. Namun menurut para ahli mekanik, penggantian di jarak tempuh 20.000-25.000 terbilang dapat memperpanjang usia pemakaian komponen transmisi mobil dapat meningkatkan performa mesin.

2. Oli sudah berubah warna

Ciri kedua, dapat dilihat dari perubahan warna oli yang asalnya berwarna merah mudah kemerahan berubah menjadi hitam. Jika perubahan warna tersebut terjadi, sebaiknya segera ganti karena kualitas oli sudah menurun, dan terlalu kental. Jika dibiarkan dapat mempercepat keausan komponen transmisi.

3. Muncul bunyi dari transmisi

Ciri ketiga, transmisi akan mengeluarkan bunyi yang cukup keras karena kualitas oli sebagai pelumas sudah menurun. Hal tersebut menyebabkan gesekan besar antar komponen transmisi sehingga menyebabkan transmisi bergetar dan berbunyi

Jika ciri-ciri tersebut ada pada mobil Anda, sebaiknya segera lakukan penggantian oli persneling. Untuk penggantian oli yang tepat, Anda bisa mengunjungi bengkel Daihatsu terdekat. Di bengkel ini, Anda akan diberikan oli persneling dengan kualitas terbaik seperti Daihatsu Genuine Oil Sae 80W Api GI4. Oli ini akan merawat komponen transmisi mobil dengan baik sehingga meningkatkan performa mesin saat bermanuver. 

Tips Sahabat Lainnya
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor