Logo Daihatsu
Menu

Kode Plat L Daerah Mana? Cek Infonya di Sini

Otomotif

2024-01-15

Kode Plat L Daerah Mana? Cek Infonya di Sini

Memahami arti kode plat pada kendaraan dapat berguna untuk mengidentifikasi daerah asal pengemudi. Tak terkecuali dengan kode plat L. Kode pelat ini banyak sekali digunakan oleh kendaraan bermotor yang berlalu lalang di jalanan, selain kode plat B. Lantas dari daerah mana plat L berasal? Untuk informasi selengkapnya perhatikan ulasan berikut.

Dari Daerah Mana Kendaraan dengan Kode Plat L Berasal?

Plat L merupakan kode plat yang digunakan untuk kendaraan di daerah Jawa Timur, khususnya kota Surabaya. Daerah ini memiliki kode huruf L sebagai kode depan plat nomor kendaraan, dan diikuti dengan kode belakang plat mulai huruf A hingga Z. Contoh: L 3880 I.

Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor dengan Kode Plat L

Jika Anda memiliki kendaraan atau ingin membeli kendaraan bekas dengan kode plat L, maka Anda wajib memperhatikan status pajak kendaraan tersebut. Sebab, pajak yang tidak dibayarkan sesuai tenggang waktu yang ditentukan akan terkena denda pajak. 

Apabila denda tersebut dibiarkan begitu saja maka bisa jadi kendaraan Anda akan di blokir. Untuk menghindari hal tersebut, maka Anda perlu mengetahui cara cek pajak kendaraan JATIM dengan kode plat L berikut ini :

1. Cek via situs e-Samsat Indonesia

Cara cek pertama, Anda bisa mengakses situs resmi e-Samsat Indonesia. Berikut cara selengkapnya.

  • Buka browser di smartphone atau laptop, lalu kunjungi situs resmi e-Samsat Indonesia di laman berikut: https://e-samsat.id
  • Kemudian isi kolom formulir yang tertera pada halaman utama situs. Mulai dari kode plat nomor kendaraan, nomor seri, lima digit terakhir nomor mesin kendaraan hingga pilih Provinsi Jawa Timur.
  • Selanjutnya tekan tombol “Cek Sekarang”, maka situs akan menampilkan informasi lengkap mengenai kendaraan beserta tagihan pajak secara otomatis. 

2. Cek via situs resmi Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur (Dispenda Jatim)

Cara kedua, Anda bisa mengecek pajak kendaraan dengan kode L menggunakan situs resmi Dispenda Jatim. Adapun caranya sebagai berikut. 

  • Buka browser di smartphone dan laptop, lalu akses situs https://info.dipendajatim.go.id/esamsat/ atau https://info.dipendajatim.go.id/index.php-page=info_pkb .
  • Kemudian pilih Samsat sesuai dengan domisili registrasi kendaraan bermotor. 
  • Kemudian masukkan kode plat nomor polisi pada kolom yang sudah disediakan. Contoh: L 3880 I. 
  • Kemudian masukkan captcha sesuai yang ditampilkan kolom keamanan. 
  • Kemudian tekan tombol “Cek Data Kendaraan”, maka secara otomatis situs akan menampilkan informasi lengkap mengenai kendaraan beserta rincian tagihan pajak.

3. Cek via aplikasi SIGNAL

Selain lewat situs resmi cek pajak kendaraan, Anda juga bisa melakukan pengecekan melalui aplikasi SIM Digital Nasional (SIGNAL). Adapun caranya sebagai berikut.

  • Unduh aplikasi SIGNAL kemudian instalasi.
  • Buat akun pendaftaran akun SIGNAL, apabila Anda belum memiliki akun dengan melampirkan data diri, swafoto, nomor telepon serta email aktif.
  • Kemudian log in aplikasi, dan pilih menu “NRKB”.
  • Masukkan plat nomor kendaraan, lalu tekan tombol “Cari”, maka aplikasi akan menampilkan informasi kendaraan beserta pajaknya.

4. Cek via SMS

Cara selanjutnya, Anda bisa mengecek tagihan pajak kendaraan plat L melalui SMS. Berikut cara selengkapnya.

  • Buka layanan SMS di smartphone, dan pastikan pulsa SMS cukup.
  • Kemudian ketik pesan dengan format “JATIM” (spasi) plat nomor kendaraan. Contoh: JATIM_L 3880 I.
  • Jika pesan sudah sesuai format, kirim ke 7070.

Dari keempat cara di atas, cara manakah yang paling mudah menurut Anda dan akan Anda coba? Semoga kemudahan dalam cek pajak kendaraan di masa sekarang, membuat Anda selalu tepat waktu dalam membayar pajak. Jangan lupa juga cek kondisi kendaraan Anda secara rutin. Apabila bermasalah segera servis kendaraan Anda di bengkel resmi Daihatsu terdekat.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Alasan Radiator Mobil Bocor Harus Ganti Baru, Bukan Diperbaiki

2022-05-06

Radiator pada mobil memiliki fungsi yang sangat penting. Apabila radiator mengalami kerusakan, sudah bisa dipastikan kinerja mobil menjadi kurang maksimal. Bahkan jika k

thumbnail

Cara Poles Body Mobil di Rumah Agar Mobil Mengkilap Seperti Baru

2021-08-06

Di masa pandemi seperti ini banyak orang yang mempunyai banyak waktu luang karena diterapkannya work from home. Jika Anda salah satu yang memiliki waktu luang, ti

thumbnail

Bedanya Aki Drop dan Aki Soak

2022-01-20

Di dunia otomotif ada banyak sekali komponen penting pendukung performa kendaraan. Aki merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam mesin kendaraan. Jika tidak ada aki atau aki mengalami

thumbnail

Daihatsu Taft - Spesifikasi, Harga dan Variannya

2020-11-10

Daihatsu Taft adalah mobil 4WD buatan Daihatsu yang diproduksi pada 1974 hingga 2007. Di beberapa negara, mobil satu ini punya nama-nama berbeda. Rugger, Scat, dan Wildcat adalah tiga di antaranya.