Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Kode Plat L Daerah Mana? Cek Infonya di Sini
15 Desember 2023
Kode Plat L Daerah Mana? Cek Infonya di Sini

Memahami arti kode plat pada kendaraan dapat berguna untuk mengidentifikasi daerah asal pengemudi. Tak terkecuali dengan kode plat L. Kode pelat ini banyak sekali digunakan oleh kendaraan bermotor yang berlalu lalang di jalanan, selain kode plat B. Lantas dari daerah mana plat L berasal? Untuk informasi selengkapnya perhatikan ulasan berikut.

Dari Daerah Mana Kendaraan dengan Kode Plat L Berasal?

Plat L merupakan kode plat yang digunakan untuk kendaraan di daerah Jawa Timur, khususnya kota Surabaya. Daerah ini memiliki kode huruf L sebagai kode depan plat nomor kendaraan, dan diikuti dengan kode belakang plat mulai huruf A hingga Z. Contoh: L 3880 I.

Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor dengan Kode Plat L

Jika Anda memiliki kendaraan atau ingin membeli kendaraan bekas dengan kode plat L, maka Anda wajib memperhatikan status pajak kendaraan tersebut. Sebab, pajak yang tidak dibayarkan sesuai tenggang waktu yang ditentukan akan terkena denda pajak. 

Apabila denda tersebut dibiarkan begitu saja maka bisa jadi kendaraan Anda akan di blokir. Untuk menghindari hal tersebut, maka Anda perlu mengetahui cara cek pajak kendaraan JATIM dengan kode plat L berikut ini :

1. Cek via situs e-Samsat Indonesia

Cara cek pertama, Anda bisa mengakses situs resmi e-Samsat Indonesia. Berikut cara selengkapnya.

  • Buka browser di smartphone atau laptop, lalu kunjungi situs resmi e-Samsat Indonesia di laman berikut: https://e-samsat.id
  • Kemudian isi kolom formulir yang tertera pada halaman utama situs. Mulai dari kode plat nomor kendaraan, nomor seri, lima digit terakhir nomor mesin kendaraan hingga pilih Provinsi Jawa Timur.
  • Selanjutnya tekan tombol “Cek Sekarang”, maka situs akan menampilkan informasi lengkap mengenai kendaraan beserta tagihan pajak secara otomatis. 

2. Cek via situs resmi Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur (Dispenda Jatim)

Cara kedua, Anda bisa mengecek pajak kendaraan dengan kode L menggunakan situs resmi Dispenda Jatim. Adapun caranya sebagai berikut. 

  • Buka browser di smartphone dan laptop, lalu akses situs https://info.dipendajatim.go.id/esamsat/ atau https://info.dipendajatim.go.id/index.php-page=info_pkb .
  • Kemudian pilih Samsat sesuai dengan domisili registrasi kendaraan bermotor. 
  • Kemudian masukkan kode plat nomor polisi pada kolom yang sudah disediakan. Contoh: L 3880 I. 
  • Kemudian masukkan captcha sesuai yang ditampilkan kolom keamanan. 
  • Kemudian tekan tombol “Cek Data Kendaraan”, maka secara otomatis situs akan menampilkan informasi lengkap mengenai kendaraan beserta rincian tagihan pajak.

3. Cek via aplikasi SIGNAL

Selain lewat situs resmi cek pajak kendaraan, Anda juga bisa melakukan pengecekan melalui aplikasi SIM Digital Nasional (SIGNAL). Adapun caranya sebagai berikut.

  • Unduh aplikasi SIGNAL kemudian instalasi.
  • Buat akun pendaftaran akun SIGNAL, apabila Anda belum memiliki akun dengan melampirkan data diri, swafoto, nomor telepon serta email aktif.
  • Kemudian log in aplikasi, dan pilih menu “NRKB”.
  • Masukkan plat nomor kendaraan, lalu tekan tombol “Cari”, maka aplikasi akan menampilkan informasi kendaraan beserta pajaknya.

4. Cek via SMS

Cara selanjutnya, Anda bisa mengecek tagihan pajak kendaraan plat L melalui SMS. Berikut cara selengkapnya.

  • Buka layanan SMS di smartphone, dan pastikan pulsa SMS cukup.
  • Kemudian ketik pesan dengan format “JATIM” (spasi) plat nomor kendaraan. Contoh: JATIM_L 3880 I.
  • Jika pesan sudah sesuai format, kirim ke 7070.

Dari keempat cara di atas, cara manakah yang paling mudah menurut Anda dan akan Anda coba? Semoga kemudahan dalam cek pajak kendaraan di masa sekarang, membuat Anda selalu tepat waktu dalam membayar pajak. Jangan lupa juga cek kondisi kendaraan Anda secara rutin. Apabila bermasalah segera servis kendaraan Anda di bengkel resmi Daihatsu terdekat.

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku