Logo Daihatsu
Menu

Komoditas Ekspor Indonesia

Tips & Trick

2021-02-03

komoditas ekspor

Sebagai bangsa yang memiliki banyak sekali kekayaan alam, tidak mengherankan jika banyak produk Indonesia yang  diekspor keluar negeri. Apalagi setiap negara memiliki sumber kekayaan alam yang berbeda-beda. Sehingga untuk melengkapi kebutuhan tersebut terjadilah ekspor dan impor.

Komoditas Ekspor Indonesia

Komoditas ekspor Indonesia adalah barang-barang yang diperdagangkan oleh Indonesia ke negeri lainnya. Barang-barang ini dapat berupa bahan mentah maupun barang yang sudah jadi dan bermerk. Berikut ini adalah 10 komoditas ekspor Indonesia ke luar negeri.

1. Textile

Textile atau yang lebih dikenal orang awam sebagai kain, merupakan komoditas ekspor Indonesia yang banyak diekspor ke luar negeri. Negara importir textile dari Indonesia mencakup Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Panama, Itali, Kanada, Meksiko, Belanja, Spanyol, Perancis, Jepang, Australia, Singapura, Hongkong, Sri Lanka, Korea Utara, Arab Saudi, Ethiopia, Nigeria, Kenya, Tunisia dan Sudan. 

2. Rempah-rempah

Negara Indonesia yang subur dan tumbuh berbagai jenis tanaman merupakan anugrah yang patut disyukuri. Bahkan dari jaman dahulu negara Indonesia menjadi incaran orang Belanda karena memiliki kekayaan rempah-rempah yang banyak. Kayu manis merupakan komoditas ekspor Indonesia yang banyak dicari di luar negeri. Negara tujuan ekspor rempah-rempah dari Indonesia mencakup Amerika Serikat, India, Tiongkok, Vietnam dan juga Belanda.

3. Kayu

Produk hutan seperti kayu merupakan komoditas ekspor Indonesia yang banyak dibutuhkan berbagai negara. Tak hanya kayu, produk olahan kayu seperti mebel banyak diminati karena memiliki desain dan kualitas yang baik. Pasar keempat terbesar dari ekspor kayu ini adalah Uni Eropa, lalu setelahnya adalah Tiongkok, Jepang dan Amerika Serikat.

4. Ikan Dan Produk Olahan Ikan

Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki banyak sekali ragam ikan yang menjadi salah satu komoditas ekspor Indonesia. Produk hasil laut yang menjadi komoditas ekspor dari Indonesia ternyata terkenal memiliki kualitas yang baik. Beberapa jenis tangkapan laut yang menjadi komoditas ekspor adalah udang, ikan kakap, ikan mahi-mahi, cumi-cumi, sotong, ikan tenggiri, ikan tuna, ikan manyung, ikan sarden dan gurita. Negara tujuan ekspor ikan ini adalah Malaysia, Singapura, Hongkong, Amerika, Jepang Vietnam, Korea Selatan, Spanyol, Portugal, Tiongkok dan Kanada

5. Kopi

Kopi menjadi komoditas ekspor Indonesia yang terkenal memiliki kualitas yang baik. Beberapa jenis kopi yang terkenal di mancanegara adalah kopi Gayo. Kopi yang berasal dari Aceh ini ternyata sudah mendunia dan dikenal memiliki cita rasa yang khas. Selain kopi gayo, kopi toraja yang berjenis kopi arabika, juga menjadi salah satu jenis kopi yang banyak diekspor ke negara Jepang dan Amerika. Cita rasa kopi toraja yang memiliki tingkat keasaman yang rendah dan sensasi rasa pahit yang tidak melekat membuat kopi ini banyak diminati.

Negara tujuan ekspor dari komoditas kopi ini adalah Brazil, Spanyol, Italia, Argentina, Amerika Serikat, Turki, India, Tiongkok, Thailand, Jepang, Vietnam, Pakistan, Malaysia, Hongkong, Sri Lanka, Mesir, Bangladesh, dan Iran.

6. Minyak Kelapa Sawit

Minyak kelapa sawit merupakan komoditas ekspor Indonesia yang banyak dicari karena memiliki banyak kegunaan. Mulai dari biodiesel, produk kebersihan, kosmetik, dan juga sebagai bahan tambahan untuk makanan. Produk minyak kelapa sawit banyak diekspor ke negara India, Tiongkok, Pakistan, Malaysia, Singapura, Bangladesh, Vietnam, Yordania, Afrika Selatan, Mesir, Iran, Jerman, Spanyol, Italia, Turki, Amerika Serikat dan Rusia.

7. Kakao

Kakao atau yang dikenal dengan coklat memiliki banyak kegunaan sebagai bahan tambahan makanan atau minuman. Cita rasa unik yang diciptakan oleh biji coklat membuat produk kakao menjadi banyak diincar. Di Indonesia kakao diekspor dalam bentuk biji coklat maupun dalam bentuk produk olahan. Negara-negara yang mengimpor kakao dari Indonesia adalah Malaysia, Singapura, Thailand, Cina, India, Filipina, Taiwan. Swis, Rusia, Jerman, Kanada, Inggris, Jepang, Belanda dan Sri Lanka.

8. Kulit

Kulit hewan banyak diincar sebagai salah satu bahan utama membuat produk fashion seperti tas, sepatu, jaket dan dompet. Kulit hewan yang paling mudah dibudidaya adalah kulit sapi. Indonesia menjadi salah satu eksportir kulit sapi ke berbagai negara seperti Vietnam, Hongkong, India, Malaysia, Taiwan. Afrika Selatan, Emirat Arab, Jerman, Inggris, Brazil, Tiongkok, Jepang, Italia, Spanyol, Norwegia dan juga Amerika Serikat.

9. Batu Bara

Indonesia memiliki cadangan batu bara yang berlimpah, dengan kualitas batu bara yang sangat baik. Mayoritas perusahaan tambang berada di luar pulau Jawa seperti, Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera. Negara tujuan ekspor batu bara ini adalah negara Tiongkok, Jepang, Vietnam, dan Korea Selatan.

10. Alas Kaki

Alas kaki yang berupa sepatu ataupun sandal, ternyata menjadi salah satu komoditas ekspor Indonesia yang banyak dibutuhkan. Jenis bahan alas kaki yang diekspor bervariasi, mulai dari alas kaki berbahan kulit, karet, kain maupun alas kaki khusus untuk difabel. Negara pengimpor alas kaki dari Indonesia meliputi, Belgia, Amerika, Kanada, Chili, Panama, Jepang, Turko, Malaysia, Thailand, Korea Utara, Hongkong, Meksiko, Perancis, Italia, Inggris, Swis dan juga Jerman.

11. Obat-obatan Herbal

Dari dulu orang Indonesia memiliki racikan obat berbahan dasar tumbuh-tumbuhan yang memiliki khasiat. Obat herbal tersebut kemudian diwariskan turun temurun hingga dapat menjadi komoditas ekspor Indonesia yang cukup menjanjikan.

12. Suku Cadang

Meskipun Indonesia bukanlah produsen otomotif, namun tetap berperan dalam memproduksi suku cadang produk otomotif. Produksi suku cadang ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan otomotif di dalam negeri dan beberapa diekspor ke luar negeri. Beberapa negara tujuan ekspor suku cadang otomotif dari Indonesia adalah Belgia, Amerika Serikat, Inggris, Belanda, Jepang, dan Italia.

13. Udang dan Lobster

Sudah tidak asing lagi Indonesia memiliki wilayah perairan yang luas. Udang dan lobster pun melimpah di Indonesia. Bahkan beberapa negara tetangga diam-diam mengambil lobster dan udang dari Indonesia loh.

Untuk ukuran Asia Tenggara, Indonesia menjadi pengekspor udang paling besar dengan kualitas terbaik di dunia. Udang dan lobster ini banyak diekspor ke Jepang dan Amerika Serikat. 

14. Kayu Manis

Kayu manis sangat dibutuhkan untuk kebutuhan masakan di dunia sekitar 100 ribu metrik ton per tahunnya. Indonesia sendiri menjadi pengekspor kayu manis dan menguasai 35% pasar kayu manis di dunia. Negara tujuan ekspor kayu manis ini adalah Dubai, Malaysia, Singapura, dan Amerika Serikat.

15. Kolang-kaling

Siapa yang menyangka bahwa kolang-kaling juga diminati di negara lain dan bahkan menjadi komoditas ekspor. Kolang-kaling ini selain sebagai makanan, ternyata juga digunakan sebagai obat-obatan dan kosmetik loh. Kolang-kaling memiliki khasiat memperlancar pencernaan, mencegah pengeroposan tulang, dan mencegah penuaan dini. Kolang-kaling ini diekspor ke Australia, Arab, Amerika dan Eropa.

Itulah beberapa komoditas ekspor dari Indonesia. Sebagai warga negara Indonesia, kita perlu bangga jika banyak komoditas yang bisa diekspor ke luar negeri dan menambah pendapatan devisa negara.

Penulis: Iskael


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Yuk Intip 5 Trik Sukses Mendapatkan Pekerjaan di Job Fair Ini

2021-08-15

Bursa kerja atau yang biasa disebut Job Fair merupakan sebuah acara yang paling ditunggu oleh para pencari kerja terutama bagi mereka para fresh graduate yang memang bel

thumbnail

7 Jajanan Pasar Khas Jogja, Nikmat, Murah, dan Selalu Diburu Wisatawan

2021-02-04

Yogyakarta adalah salah satu kota di Pulau Jawa yang terkenal dengan harga murah untuk setiap makanannya. Terlebih, banyak sekali jajanan tradisional yang tetap lestari

thumbnail

Mau Membuat Infused Water Rempah Sendiri? Yuk Ikuti Langkah-Langkah Ini!

2021-02-04

Infused water bisa dibuat dari bahan apa saja. Termasuk

thumbnail

Yuk Bikin Dashboard Daihatsu Cantik dan Bersih Kembali!

2020-11-25

Guna menunjang kenyamanan saat berkendara, menjaga kebersihan interior mobil merupakan sebuah keharusan. Dashboard menjadi salah satu bagian kendaraan yang harus diperha