Logo Daihatsu
Menu

Kumpulan Aplikasi Keuangan Keluarga

Family

2020-11-20

aplikasi keuangan keluarga

Mengatur keuangan keluarga memang dibutuhkan oleh siapapun. Siapa yang tidak tahu cara mengatur keuangan keluarga, bisa dipastikan dia terkena dampak utang. Bagaimana tidak, dia tidak akan tahu berapa uang yang masuk dan berapa uang yang keluar. Pos mana saja yang dia sangat boros dan harusnya dibendung.

Zaman serba teknologi seperti sekarang ini, Sahabat tidak perlu susah-susah lagi mencatat secara manual keuangan keluarga di buku tulis. Banyak sekali aplikasi keuangan keluarga yang bisa Sahabat manfaatkan. Mulai dari yang berbayar hingga gratis pun Sahabat bisa mengunduhnya dengan mudah. Dengan kemudahan seperti ini, harusnya Sahabat lebih mudah mencatat uang yang keluar dan masuk melalui ponsel. Karena penulis yakin Sahabat memegang ponsel lebih dari 10 jam dalam sehari.

Jika Sahabat mencari langsung di Play Store aplikasi keuangan keluarga, Sahabat akan disuguhkan banyak sekali aplikasi pencatat keuangan. Sahabat harus mencoba satu per satu aplikasi mana yang nyaman dan cocok untuk Sahabat. Nah, berikut ini beberapa list aplikasi keuangan keluarga yang direkomendasikan oleh penulis untuk Sahabat.

Expense Manager oleh Markus Hintersteiner

Penulis sendiri mulai menggunakan aplikasi Expense Manager ini sejak 2018 lalu. Tampilan aplikasi Expense Manager ini sangat sederhana dan sangat mudah digunakan bahkan oleh orang yang pertama kali memasang aplikasi ini.

Kelebihan aplikasi ini cukup banyak. Mulai dari desain yang sederhana, ikon yang bisa diubah dan dipilih sesuai daftar ikon yang disediakan. Banyak juga ikonnya. Selain itu, Sahabat bisa memilih warna ikon sesuai keinginan.

Kelebihan lainnya adalah Expense Manager ini memiliki kategori bawaan yang sebenarnya sudah mencakup kebutuhan manusia secara global. Namun, Sahabat masih bisa menambahkan kategori lainnya lagi sesuai dengan kebutuhan keuangan Sahabat.

Tak hanya itu, Sahabat bisa melihat rincian secara bulanan. Misal bulan ini habis berapa, bulan kemarin habis berapa. Sahabat bisa membandingkan pengeluaran bulan ini dan bulan kemarin. Selain itu, aplikasi ini juga menunjukkan mana pos yang melebihi budget.

Aplikasi ini gratis. Namun juga ada versi berbayarnya jika Sahabat ini melakukan backup dan sync ke Google Drive.

Money Manager Expense & Budget oleh Realbyte Inc.

Aplikasi keuangan keluarga yang kedua ini lebih powerful dibandingkan yang pertama. Jika Sahabat sudah yang sederhana, Sahabat bisa menggunakan yang pertama. Namun, jika Sahabat ingin fitur yang lebih keren, aplikasi Money Manager Expense ini patut Sahabat coba.

Dibandingkan yang pertama, aplikasi keuangan yang kedua ini memiliki fitur penjejakan pengeluaran dan pemasukan yang lebih detail. Sahabat bisa melacak per hari, per minggu, per bulan, dan total. Tak hanya itu, Sahabat bisa melihat tampilan kalender pengeluaran.

Aplikasi ini juga bisa menunjukkan diagram pie pengeluaran Sahabat paling banyak di pos mana. Sahabat juga bisa melakukan pencarian dengan filter. Sangat menarik.

Masih ada fitur keren lainnya yaitu Sahabat bisa mencatat pengeluaran dan memasukkan gambar barang yang dibeli beserta foto struknya sekalian. Hal ini bisa mempermudah Sahabat untuk mengingat dan mendeteksi pengeluaran. Fitur ini tidak ada di aplikasi yang pertama.

Untuk Sahabat yang sangat detail dan tech savvy, penulis yakin Sahabat akan menyukai aplikasi ini.

Catatan Keuangan oleh Chad Verbruggen

Aplikasi pencatatan keuangan keluarga yang tak kalah bagusnya adalah Catatan Keuangan. Aplikasi ini mendapatkan rating 4,8.

Aplikasi Catatan Keuangan ini sederhana namun fiturnya sangat membantu. Sahabat bisa melakukan backup, restore, dan reset data dengan mudah. Di aplikasi yang lain untuk fitur backup dan restore ini biasanya berbayar, namun di aplikasi ini gratis.

Tak hanya itu, Sahabat juga bisa mengekspor data dalam bentuk PDF, excel, dan CSV dengan gratis juga. Sangat menarik, ‘kan?

Itulah 3 aplikasi keuangan keluarga yang bisa Sahabat coba untuk mempermudah pencatatan. Semoga cashflow Sahabat bulan ini membaik yah.

Penulis: Iskael


Tag

Family

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Bukan Cerdas! Ini 7 Hal yang Dicari Perusahaan dari Pelamar

2020-12-02

Mencari pekerjaan sama seperti mencari jodoh, susah-susah gampang dan tidak selalu cocok terutama soal gaji dan masa depan. Adapun perusahaan yang sesuai dengan kriteria

thumbnail

Mengenali Berbagai Macam Unsur-Unsur Budaya yang Ada di Indonesia

2021-01-31

Indonesia memiliki berbagai macam keunikan dari keragaman suku dan budaya, yang mana di setiap daerah, terdapat ciri khas yang patut dipertahankan dan dilestarikan. Beri

thumbnail

9 Manfaat Makan Ikan untuk Kesehatan Tubuh yang Prima

2021-03-17

Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang banyak manfaatnya. Kandungan nutrisi yang terdapat pada sepotong ikan memang sangat bermanfaat bagi tubuh. Salah sat

thumbnail

4 Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat dan Bugar

2020-11-09

Kesehatan tubuh adalah hal mahal yang tidak bisa digantikan dengan apapun. Berbagai cara pun dilakukan agar tubuh tetap prima untuk melakukan berbagai aktivitas harian.