Logo Daihatsu
Menu

Manfaat Jahe untuk Batuk Lebih Cepat Reda

Tips & Trick

2021-03-23

jahe untuk batuk

Batuk adalah gangguan kesehatan yang kerap kali membuat kesal karena sangat mengganggu. Terlebih ketika batuk yang menyerang adalah tak berdahak yang terasa sangat gatal di tenggorokan dan terasa sakit saat batuk. Untuk menyembuhkan, Sahabat bisa loh menggunakan jahe untuk batuk dan itu lebih alami.

Mengobati suatu penyakit dengan obat yang lebih alami, berasal dari tanaman berkhasiat, tentu saja memiliki efek samping yang tidak berbahaya untuk sel tubuh lainnya. Nah, jahe menjadi salah satu tanaman obat yang bisa Sahabat konsumsi secara rutin, terutama di saat musim hujan begini yang sering membuat badan terserang flu hingga batuk.

Bagaimana sih sebenarnya fungsi jahe untuk batuk dan bisa kita manfaatkan dengan baik? Yuk langsung simak penjelasan begitu untuk mengetahuinya!

Kandungan Jahe untuk Batuk

Seperti yang sudah kita ketahui, khasiat jahe sangat banyak dan bermanfaat untuk tubuh. Terlebih Sahabat sedang mengalami badan meriang lalu terkena flu yang kemudian terserang batuk menyebalkan.

Jahe bisa mengurangi batuk dikarenakan tanaman ini memiliki kandungan senyawa anti peradangan. Senyawa ini bisa membuat membran saluran pernapasan rileks sehingga napas lebih lancar.

Membuat Air Jahe

Tidak perlu bingung untuk membuat air jahe untuk batuk yang bisa Sahabat konsumsi secara rutin untuk meredakan tenggorokan yang sedang bermasalah. Bahan yang perlu Sahabat sediakan tentu saja jahe dan air. Jika memang Sahabat membutuhkan rasa tambahan supaya rasa pedas tidak terlalu menyengat, Sahabat bisa menambahkan gula atau madu.

Jahe yang Sahabat punya terlebih dahulu harus dicuci hingga bersih. Gosok secara perlahan di bagian kulit, agar kotoran yang menempel benar-benar bersih. Lalu iris tipis jahe. Setelah itu, Sahabat rebut irisan jahe tersebut ke dalam air yang sudah ditakar sesuai kebutuhan, satu gelas misalnya.

Cukup rebut jahe hingga mendidih lalu tuangkan ke dalam gelas dengan terlebih dahulu disaring agar irisan jahe tidak mengganggu ketika meminumnya. Tambahan gula atau madu sedikit saja ya. Konsumsi air jahe untuk batuk setiap hari, segelas untuk pagi dan segelas untuk sore hari.

Ramuan Jahe & Lemon

Kerap kali, untuk mengonsumsi air jahe memang seringkali dihindari, terlebih yang tidak menyukai rasa pedas dan panas yang ditimbulkan jahe. Namun, sebenarnya rasa ini loh yang bisa dengan mudah meredakan batuk.

Untuk menghindari rasa pedas dari air jahe yang dominan, Sahabat bisa menambahkan lemon. Sari lemon tersebut juga sekaligus berguna untuk menambah kekebalan tubuh dengan kandungan vitamin C-nya yang tinggi.

Cara membuat ramuannya sangat gampang sebagaimana membuat air jahe yang sudah dijelaskan di awal. Bedanya, saat air jahe sudah mendidik lalu dituangkan ke gelas, Sahabat tambahkan perasan lemon ke dalam gelas. Lalu diminum deh selagi hangat.

Efek Samping yang Ditimbulkan

Mengonsumsi obat tradisional yang berasal dari ramuan tanaman dengan kandungan alami tentu saja memiliki efek samping yang tidak seberbahaya obat buatan pabrik, bahkan beberapa tidak memiliki efek samping berarti. Begitupun dengan jahe untuk batuk ini.

Akan tetapi, Sahabat tetap harus mengonsumsinya sesuai porsi, jangan berlebihan. Terlebih Sahabat yang memiliki masalah dengan lambung seperti sakit maag. Hal ini dikarenakan mengonsumsi air jahe terlelu sering untuk penderita maag bisa menimbulkan heartburn atau sensasi panas dan terbakar di dada bagian atas akibat rasa pedas yang dimiliki jahe.

Itulah manfaat jahe untuk batuk yang bisa Sahabat pelajari. Nah, dengan sudah tahu fakta tersebut, sudah mulai dikurangi ya mengonsumsi obat buatan pabrik untuk meredakan batuk. Sebab, jika ada tanaman obat dengan khasiat yang lebih manjur dan efek samping lebih ringan, mengapa tetap mengonsumsi obat dengan efek samping berbahaya? Tetap jaga kesehatan ya, Sahabat!

Penulis: Nisa Maulan Shofa


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Rambu Lalu Lintas : Macam Tanda, Arti, Gambar Lengkap

2023-11-22

Pada saat berkendara di jalan, Sahabat tentu sudah tidak asing lagi bukan dengan rambu lalu lintas yang dipasang di tepi jalanan. Rambu-rambu ini bukan sekedar gambar hiasan

thumbnail

Ikuti 5 Cara Ini untuk Menghilangkan Kebosanan di Rutinitas Kerja

2020-11-24

Banyak orang menyarankan kita saat bosan dengan pekerjaan maka mencari pekerjaan baru adalah satu jalan keluar yang efektif. Namun apa jadinya jika sebenarnya kita menci

thumbnail

5 Tips Hemat Makan Enak di Akhir Bulan

2020-11-24

Ada banyak cara untuk menghadapi akhir bulan. Walaupun dana di kantong semakin menipis, bukan berarti kamu harus menekan kebutuhan sedemikian rupa. Salah satu kebutuhan

thumbnail

Berkendara Dengan Banyak Muatan, Ini 6 Resiko Yang Bisa Terjadi

2020-09-08

Saat akan melakukan perjalanan jauh, sepertinya sudah menjadi kebiasaan kalau kita terbiasa membawa banyak barang yang akan dibutuhkan. Sehingga mobil akan memiliki muat