Logo Daihatsu
Menu

Manfaat Memanaskan Mesin Mobil

Otomotif

2022-05-20

Fungsi Memanaskan Mesin Mobil

Memanaskan mesin mobil secara rutin sebelum dipakai ternyata memiliki dampak besar bagi keawetan kendaraan. Jangan tinggalkan kebiasaan ini, ada banyak fungsi memanaskan mesin mobil yang perlu Anda ketahui. 

Khususnya bagi Anda yang memiliki jenis mobil non injeksi atau konvensional, rutinitas memanaskan mobil selama kurang lebih 5 menit ini merupakan hal wajib bagi Anda. Apa saja fungsinya? Simak informasi selengkapnya disini!

Fungsi Memanaskan Mesin Mobil

Bagi Anda pemilik dengan mesin konvensional tanpa injeksi, kegiatan memanaskan mesin mobil adalah hal wajib, namun tak perlu memanaskan dalam waktu yang lama, yaitu ketika indikator suhu mesin telah berada di posisi tengah.

Berbeda dengan dengan mesin berinjeksi, memanaskan mesin merupakan hal yang tidak wajib dilakukan karena, sudah terdapat Electronic Control Unit atau ECU yang mengatur pembakaran pada mesin, namun jika sesekali Anda ingin memanaskan mesin mobil injeksi tersebut tidak apa-apa.

Berikut ini beberapa fungsi memanaskan mesin mobil non injeksi.

  1. Membantu Komponen untuk Memuai

Manfaat ini lebih ditujukan kepada mobil generasi tahun 1990-an atau tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan mobil keluaran tahun tersebut memiliki celah antar komponen internal mesin yang lebar.

Selain itu, ukuran komponen yang dimilikinya pun tidak sepresisi mobil keluaran saat ini. Selain itu, karena teknologi dan material mesin mobil yang sederhana membuat komponennya membutuhkan waktu lebih lama untuk memuai. Jika suhu kerja mesin telah sesuai maka mesin pun bisa bekerja sempurna dan performa serta efisiensinya dapat bekerja sempurna.

  1. Menjaga Sirkulasi Oli

Salah satu manfaat memanaskan mobil yaitu untuk memberikan sirkulasi oli agar mudah merata terhadap komponen lainnya yang ada pada mesin mobil. 

Meskipun mesin mobil yang diproduksi saat ini memiliki presisi yang lebih bagus dan tidak membutuhkan waktu lama dalam memberikan sirkulasi oli, tetapi jika mobil tersebut terus menerus tidak dilakukan pemanasan terlebih dahulu ketika digunakan akan berdampak buruk pada komponen lainya.

  1. Menjaga Kelistrikan Mobil

Manfaat selanjutnya dari memanaskan mobil adalah memberikan kelistrikan mobil pada komponen kelistrikan, seperti aki mobil, alternator dan regulator mobil. Beberapa komponen ini  sangat membutuhkan aliran listrik sebelum bekerja. 

Namun, alternator juga bekerja jika gas ditekan minimal sampai 2.000 rpm pada posisi tidak dijalankan atau ketika dipanaskan.

Pada mobil terdapat alternator yang berfungsi untuk mengisi kembali listrik ke aki untuk kendaraan beroda empat seperti mobil. Namun, alternator tersebut juga dapat bekerja jika gas ditekan minimal hingga 2.000 rpm pada posisi tidak dijalankan atau ketika dipanaskan.

Oleh karena itu, ketika mobil dipanaskan, sebaiknya mobil tidak hanya didiamkan saja tetapi sebaiknya gas pada mobil juga ditekan selama 1 hingga 2 menit pada minimal 2.000 rpm.

Itulah ketiga fungsi memanaskan mobil yang perlu diketahui agar rutinitas ini jangan sampai terlewatkan dan akhirnya berdampak buruk pada mobil non injeksi yang dimiliki. Memanaskan mesin mobil secara rutin harus dilakukan agar kondisi mobil Anda selalu prima.

Jika saat ini Anda sedang bingung memilih kendaraan terbaik untuk Anda dan keluarga, Anda dapat memilih Daihatsu. Daihatsu adalah sahabat terbaik kita semua yang mengerti apa kebutuhan dalam berkendara.

Kunjungi laman ini untuk mendapatkan informasi seputar produk dan layanan Daihatsu. Bukan hanya itu, Anda juga bisa membaca informasi menarik dan bermanfaat lainnya disini, bila tertarik pada produk kami, Anda juga bisa mengunduh brosur produk di sini.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Aki Kering vs Basah Bagus Mana? Berikut Penjelasannya

2021-01-05

Aki kering vs basah bagus mana adalah pertanyaan yang lazim ada di benak pemilik mobil. Terutama, saat hendak mempertimbangkan jenis aki mana yang bakal dipakai.

thumbnail

Macam-macam Filter Udara yang Dipakai oleh Mobil

2021-11-30

Filter udara merupakan komponen penting pada kendaraan yang umur pemakaiannya pendek atau harus sering diganti. Bagian ini perlu mendapat perhatian ekstra.Sesuai dengan namanya, komponen ini

thumbnail

Penyebab Power Steering Mobil Bisa Jebol

2022-03-09

Power steering jebol bisa mengurangi keny

thumbnail

Ecu Mobil: Fungsi, Komponen, dan Gejala Kerusakannya

2022-09-26

Dengan adanya perkembangan teknologi yang begitu pesat, sekarang ini produsen mobil banyak yang menggunakan teknologi elektrik.