Logo Daihatsu
Menu

Sahabat, Inilah Pentingnya Memanaskan Mobil Secara Rutin!

Otomotif

2021-08-31

memanaskan mobil rutin

Sahabat, tahukah Anda bahwa mesin mobil harus dipanaskan secara rutin? Hal ini tentu saja perlu untuk Anda lakukan. Karena mobil yang dibiarkan tidak terpakai dalam waktu yang cukup lama. Pentingnya memanaskan mobil secara rutin bisa menghindarkan kendaraan tersebut dari kerusakan jangka panjang.

Inilah Pentingnya Memanaskan Mobil Secara Berkala

Untuk memperbaiki mobil sudah tentu membutuhkan uang yang cukup banyak. Pentingnya memanaskan mobil tentu bisa menjadikan mesin mobil tetap awet. Tidak hanya itu saja, melainkan terdapat berbagai macam manfaat lainnya. Oleh sebab itu di bawah ini terdapat beberapa hal yang bisa Anda dapatkan apabila memanaskan mobil secara rutin.

1. Kelistrikan Mobil Tetap Terjaga dengan Baik

Pada setiap mobil terdapat komponen yang seblum digunakan harus dialiri oleh listrik dari mobil. Sehingga untuk membuat komponen tersebut bekerja, maka harus dialiri oleh listrik terlebih dahulu. Komponen tersebut berupa aki mobil, alternator mobil dan juga regulator. Untuk menyalakan ketiga komponen ini harus dialiri listrik terlebih dahulu.

Agar listrik mobil dapat bekerja, maka diharuskan untuk menghidupkan mobil terlebih dahulu. Namun apabila mobil tidak sering dipanaskan maka komponen tersebut juga tidak akan bekerja. Sehingga lama-kelamaan bisa menyebabkan keruskan. Telebih lagi aki mobil yang membutuhkan lebih banyak aliran listrik.

Aki berfungsi untuk menyimpan listrik dari mesin mobil. Sehingga harus mesin mobil harus dinyalakan agar komponen ini bisa bekerja. Mesin akan semakin optimal kerjanya apabila sering digunakan. Dengan demikian sangat diperlukan untuk memanaskan mobil secara rutin, agar semua komponen mobil tidak mengalami kerusakan.

2. Mampu Memberikan Sirkulasi Oli yang Bagus

Oli merupakan pelumas yang berfungsi untuk memperkecil gesekan yang terjadi antara logam yang ada di komponen mesin mobil. Mesin mobil harus senantiasa sering dialiri oleh oli. Hal ini agar saat digunakan mobil bisa berjalan dengan baik. Mobil yang tidak sering dipanaskan akan membuat oli turun, sehingga pada bagian atas mesin mobil mengalami kekeringan.

Mesin yang tidak dialiri dengan oli bisa menyebabkan kerusakan yang cukup parah. Untuk itu pastikan Anda memanaskan mobil agar oli bisa masuk ke dalam celah mesin mobil Anda. hal ini bisa membuat aliran sikulasi oli menjadi lancar dan mudah merata pada komponen mesin yang ada pada mobil Anda.

Meskipun terdengar sepele, namun hal ini perlu dilakukan mengingat pentingnya memanaskan mobil bisa menjadikan mesin mobil Anda tetap awet terjaga. Sehingga anda harus memastikan untuk merawat mobil dengan baik.

3. Mampu Mengurangi Kebocoran Kompresi

Mobil yang sering dipanasi tidak hanya bagus untuk mesinnya namun juga bisa mengurangi terjadinya kebocoran pada kompresi. Hal ini bisa terjadi karena tidak semua komponen kompresi dibuat secara presisi. Dengan begitu komponen ini bisa memuai dengan sendirinya apabila terkena panas.

Karena panas ini lah yang bisa mengurangi terjadinya kebocoran pada kompresi. Untuk mendapatkan panas tentu saja perlu dilakukan untuk memanaskan mobil Anda. Panaskan mobil secera rutin agar tetap menjaga mesin semakin awet. 

Mobil yang bagus tidak hanya bisa dilihat dari bodinya yang keren. Seperti mobil dari Daihatsu. Melainkan juga mesinnya yang selalu terjaga dan terawat. Sehingga nyaman digunakan saat berkendara. Anda bisa memanaskan mobil setidaknya 2 hari sekali agar mesin tetap terjaga keawetannya.

Itulah alasan pentingnya memanaskan mobil yang harus Anda ketahui. Pastikan untuk membeli kendaraan yang berasal dari merk Daihatsu ya. Karena mobil jenis tersebut tidak mudah mengalami kerusakan. Ataupun jika mesin Anda mengalami masalah karena tidak diberi pemanasan rutin setiap akan digunakan, segera bawa saja ke bengkel Daihatsu. 

Semoga informasi ini dapat membantu Sahabat!


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Ini Rute Jakarta Surabaya Naik Mobil Via Trans Jawa Beserta Tipsnya

2020-12-22

Rute Jakarta Surabaya naik mobil adalah pengetahuan yang harus dimiliki Sahabat, jika hendak ke Surabaya naik Jakarta dengan naik mobil. Rute Jakarta Surabaya sendiri di

thumbnail

Ini 5 Aplikasi GPS Mobil Terbaik yang Bisa Kamu Unduh

2020-11-05

Memasang aplikasi GPS mobil merupakan langkah terbaik bagi para pengendara. Mungkin masih banyak yang bingung bahkan bertanya-tanya untuk apa memasang dan membeli layanan GPS tracker.  

thumbnail

Mengenal Bagian-Bagian Avometer

2021-01-04

Avometer atau multimeter merupakan alat ukur yang dibutuhkan saat akan memperbaiki atau bahkan membuat sebuah rangkaian listrik. Berkat bantuan alat tersebut, Anda dapat

thumbnail

Inilah Daftar Nomor Darurat Polisi Indonesia, Yuk Catat!

2023-05-08

Nomor darurat polisi Indonesia sudah semestinya disimpan oleh semua kalangan masyarakat Indonesia. Pasalnya hal tersebut dapat membantu Anda ketika sedang melakukan