Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Mengapa AC Mobil Bisa Rusak Saat Terkena Cuaca Panas?
06 Mei 2022
ac mobil rusak kena panas

Cuaca yang panas pastinya akan membuat suasana hati juga akan ikut panas. Apalagi jika Anda sedang mengendarai mobil dalam perjalanan yang jauh. Menyalakan AC mobil menjadi salah satu cara terbaik untuk menghilangkan suhu panas akibat terik matahari.

Namun tahukah Anda bahwa AC mobil rusak karena cuaca panas bisa saja terjadi? Ternyata hal tersebut memang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Khususnya saat suhu panas semakin tinggi, maka memungkinkan AC mobil bisa rusak.

Benarkah AC Mobil Rusak Karena Cuaca Panas? Ini Alasannya

Anda mungkin bertanya-tanya, apakah benar AC rusak karena cuaca panas? Memang hal ini benar terjadi. Alasannya bisa saja karena memang kondisi AC yang sudah memburu karena faktor usia mobil, atau karena hal lainnya. Cuaca yang panas memang bisa membuat mesin mobil Anda menjadi overheat.

Mesin yang overheat dapat terjadi karena sistem pendingin bermasalah. AC yang rusak saat cuaca panas biasa Anda akan merasa kurang dingin, padahal AC sudah dinyalakan. Ini bisa saja terjadi karena memang Ac mobil Anda mengalami kerusakan. Kerusakan juga bisa terjadi pada sistem pendingin.

Sistem pendingin yang mengalami kerusakan dapat membuat mesin menjadi overheat. Hal ini juga bisa terjadi saat tekanan sistem AC yang berlebihan dan dapat membuat kompresor terlalu panas. Nantinya kondensor akan mengalami kesulitan untuk melakukan proses kondensasi dan kurang bisa memaksimalkan suhu AC.

Selain itu kondensor yang bocor juga bisa membuat air radiator tersumbat. Sirkulasi air radiator yang tidak bisa bekerja secara maksimal ini bisa berpengaruh ke Ac mobil. Air radiator inilah yang memiliki fungsi penting agar menjaga sirkulasi air tetap dingin. Jika mengalami kerusakan sudah pasti mesin menjadi overheat.

Kondensor yang kotor menjadi penyebab mengalami kebocoran. Kotoran yang menempel terlalu lama dapat membuat fungsi kondensor tidak bisa bekerja secara optimal. Padahal fungsi kondensor sangat penting untuk membuang panas dari gas bertekanan tinggi yang nantinya dilepas kompresor.

Apabila proses ini tidak berjalan dengan baik, karena kondensor yang kotor dan berkarat. Sudah pasti kinerja AC mobil juga akan semakin menurun dan membuat AC mobil kurang dingin, bahkan juga bisa membuat AC mati. Untuk itu kebersihan kondensor perlu diperhatikan dengan baik.

Apalagi cuaca yang panas akan membuat mesin lebih cepat mengalami overheat. Berawal dari kondensor yang mengalami kerusakan, kemudian mesin menjadi overheat dan AC mobil bisa mati. Hal seperti ini memang bisa terjadi karena cuaca yang panas. Saat cuaca panas yang panas seperti ini, lebih baik Anda melakukan perawatan mobil secara rutin.

Perlu Melakukan Perawatan AC Mobil

Anda bisa melakukan perawatan AC mobil dengan mengecek kondisi freon, lakukan pengecekan dan penggantian filter hingga seal-seal AC yang sifatnya bergantung pada kondisi mobil Anda.  Kemudian jangan lupa untuk mengganti kompresor setiap enam bulan sekali.

Untuk mengurangi suhu cuaca yang panas agar mesin tidak mengalami overheat. Anda bisa menari tempat parkir yang teduh agar mesin tidak terlalu panas. Ini juga bisa berpengaruh pada kinerja AC yang tidak terlalu berlebihan.

Selalu berikan perawatan terbaik untuk mobil Anda untuk menghindari AC rusak karena cuaca panas. Dengan mengecek kendaraan secara berkala, AC mobil rusak karena cuaca panas tidak akan ada lagi.  Anda bisa melakukan service secara rutin melalui dealer resmi dari Daihatsu. Selain itu perbanyak informasi seputar perawatan mobil yang bermanfaat dan terupdate lainnya dari kami. 

Tips Sahabat Lainnya
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
Rekomendasi merk cat mobil dengan kualitas bagus sehingga bisa bertahan lama memang selalu dibutuhkan oleh pemilik mobil hingga pecinta otomotif. Hal itu dikarenakan memiliki mobil dengan warna mengil
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor