Logo Daihatsu
Menu

Mengenal Lebih Dekat 15 Makanan Khas Sulawesi Selatan

Travel

2021-01-31

15 makanan khas sulawesi selatan

Indonesia sebagai negara kepulauan, mempunyai banyak daerah dengan ciri khasnya masing masing. Hal ini juga termasuk dalam hal kuliner, di mana masing masing tentu memiliki berbagai hidangan Andalan. 

Tak ayal, wilayah Sulawesi Selatan juga memiliki wisata kuliner yang khas. Berikut Simak makanan khas Sulawesi Selatan yang wajib untuk Anda coba.

1. Sop Konro

Salah satu hidangan khas dari Sulawesi Selatan pertama yang wajib untuk Anda cicipi yaitu sop konro. Makanan yang termasuk mempunyai cita rasa sangat kuat satu ini, merupakan sup yang terbuat dari daging atau iga sapi. 

Penggunaan rempah rempah seperti ketumbar dan lain lain sebagai bumbunya yang membuat cita rasanya menjadi kuat. Dengan rasa yang kuat tersebut, membuat sop konro menjadi hidangan yang sangat nikmat dan cocok dinikmati ketika cuaca dingin. 

Rasa lezat dari bumbu kuliner tersebut berpadu dengan daging yang lembut, pasalnya daging atau iga sapi sebelumnya telah direbus lama hingga teksturnya menjadi sangat empuk dan tidak alot.

2. Kapurung

Apabila di Papua dan Maluku mempunyai makanan khas yaitu papeda, maka Sulawesi Selatan juga ternyata mempunyai hidangan yang tidak jauh berbeda yaitu kapurung. 

Meski termasuk kuliner khas yang tradisional, Anda dapat dengan mudah menemukan kapurung baik di warung kaki lima maupun di restoran kelas atas.

Kapurung sendiri sama halnya dengan papeda yang terbuat dari tepung sagu, kemudian dimasak dengan sayuran serta ikan atau daging. 

Hidangan yang kerap ditemukan di daerah Luwu Utara, Luwu Timur, dan Palopo ini umumnya disajikan berkuah dan dalam keadaan hangat. Sehingga sangat cocok dikonsumsi kala musim hujan tiba.

3. Coto

Jika berbicara mengenai salah satu dari makanan khas Sulawesi Selatan yang paling populer, tentu coto tidak boleh ketinggalan. 

Hidangan yang banyak disebut dengan nama coto makassar ini memang banyak ditemukan di daerah Makassar, yang merupakan ibu kota dari Provinsi Sulawesi Selatan. Coto makassar sendiri bisa dibilang dapat Anda temui di mana saja.

Meski begitu, rasanya kurang afdol bila Anda tidak mencicipinya langsung dari daerah asalnya. Sebab ketika mencicipi rasa coto asli dari daerah setempat, akan terasa cita rasa yang khas dan berbeda. 

Tentu Anda sudah tahu bahwa coto memiliki bahan dasar yaitu daging sapi dan jeroan, biasanya makanan ini dihidangkan bersama dengan buras atau ketupat.

4. Nasu Palekko

Berkunjung ke Sulawesi Selatan akan sangat disayangkan bila Anda tidak mencoba nasi palekko. Nasi palekko sendiri merupakan daging bebek atau sapi yang dibumbui. 

Rasa nasi palekko dengan daging sapi bisa dibilang mirip dengan rendang, namun penggunaan daging bebek umumnya menjadi favorit bagi warga sekitar.

5. Mie Titi

Bagi Anda yang merupakan pecinta chinese food terutama tamie atau ifumie, maka di Sulawesi Selatan juga memiliki hidangan yang tidak jauh berbeda yaitu mie titi. 

Penggunaan mie kering sebagai bahan utamanya membuat mie titi berbeda dengan jenis hidangan mie lain. 

Menariknya, tersedia banyak tambahan topping yang bisa Anda pilih untuk melengkapi kuliner satu ini.

Baca juga: Ini 15 Tempat Wisata di Gorontalo dengan Panorama Alam Mempesona

6. Sokko

Selanjutnya ada sokko atau biasa juga disebut dengan sangkolo. Makanan ini terbuat dari beras ketan putih, namun Anda juga yang membuatnya dengan menggunakan beras ketan hitam.

Biasanya, sokko akan disajikan dengan tambahan kelapa parut, ikan asin, dan sambal. Rasanya yang lezat membuat sokko menjadi salah satu makanan khas Sulawesi Selatan yang wajib dicoba.

7. Gogoso

Anda tentu sudah sering mendengar nama kue lemper bukan ? Gogoso ini bisa dibilang merupakan lemper khas Sulawesi Selatan. 

Sama seperti lemper, gogos pun dibungkus dengan daun pisang serta terbuat dari ketan. Hanya saja, makanan satu ini diolah dengan cara dibakar. di mana lemper umumnya diolah dengan cara dikukus hingga matang.

8. Buras

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa masyarakat Sulsel banyak yang mengkonsumsi coto bersama dengan buras. 

Buras sendiri bisa dibilang mirip dengan lontong, di mana buras juga terbuat dari beras serta dibungkus menggunakan pisang. 

Yang menjadi pembeda adalah bentuknya, selain itu buras juga biasanya diberi tambahan gula, garam, dan cabe.

9. Cucuru

Tidak hanya makanan berat saja, provinsi satu ini juga mempunyai camilan sebagai salah satu dari makanan khas Sulawesi Selatan. Dengan rasa yang manis dan lezat, kue cucuru ini siap mengganjal perut. 

Jajanan ini sendiri terbuat dari tepung beras serta gula merah, sehingga rasanya menjadi manis dan bisa dibilang cukup mengenyangkan.

10. Kue Dange

Kue dange juga menjadi salah satu camilan dari daerah setempat yang tidak boleh Anda lewatkan. Apabila dilihat secara sepintas, jajanan satu ini akan terlihat mirip dengan kue pukis. 

Akan tetapi kue dange terbuat dari gula merah, yang dikombinasikan pula dengan parutan kelapa. Rasanya legit manis serta lumer di dalam mulut, dijamin membuat Anda ketagihan.

Baca juga: 7 Kuliner Khas Lezat yang Wajib Dicoba ketika Berkunjung ke Banyuwangi

11. Putu Cangkiri

Satu lagi camilan manis yang berasal dari Sulawesi Selatan yaitu putu cangkiri. Kue satu ini biasanya disajikan dalam dua varian, yaitu putih dan merah. 

Putu cangkiri dengan warna merah berarti berasal dari gula merah, sementara putu cangkiri yang berwarna putih berasal dari gula putih. Keduanya mempunyai rasa manis dan lezat, wajib untuk Anda coba.

12. Pisang Epe

Pisang epe juga tidak boleh Anda lewatkan dari makanan khas Sulawesi Selatan. Bagaimana tidak, camilan yang memiliki bahan dasar pisang ini sangat populer di daerah asalnya. 

Dengan cita rasa manis berpadu dengan aroma bakaran yang amat harum, Anda tentu tidak akan bisa menahan godaan dari hidangan tersebut.

13. Baje Canggoreng

Baje canggoreng merupakan camilan yang terbuat dari bahan utama kacang. Bila kacang biasanya identik dengan rasa gurih sedikit asin, maka lain halnya dengan baje canggoreng satu ini. 

Kue tersebut memiliki cita rasa manis, karena ditambah dengan gula merah. Ketika digigit, rasa gula merah manis berpadu dengan kacang akan langsung lumer di dalam mulut.

14. Doko Doko Cangkuling

Kue yang terbuat dari bahan kentang, tepung beras, santan, dan juga gula ini menjadi salah satu yang wajib untuk dicicipi pula. 

Sebab camilan satu ini bisa dibilang sulit untuk ditemui di daerah lain, dan menciptakan rasa yang khas. Tentu berkunjung ke Sulawesi Selatan tanpa mencoba doko doko cangkuling akan sangat disayangkan.

15. Es Pisang Ijo

Beralih dari makanan berat atau jajanan manis, ada juga kudapan segar sebagai salah satu dari makanan khas Sulawesi Selatan yaitu es pisang ijo. Sesuai namanya, hidangan satu ini memiliki bahan utama pisang. 

Di mana kemudian diolah sedemikian rupa, dan disajikan bersama es dan kuah santan kental. Banyak yang menjadikannya sebagai salah satu menu berbuka puasa.

Itulah ragam kuliner yang ada di Sulawesi Selatan. Bisa dibilang provinsi ini memang mempunyai banyak sekali makanan sebagai ciri khas daerahnya. 

Mulai dari makanan berat, makanan ringan, hingga kudapan segar pun bisa Anda temukan. Tentunya Anda bisa menemukannya dengan mudah di berbagai tempat di Sulawesi Selatan.


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Perbedaan Backpacker dan Traveller, Mana Paling Nyaman Untukmu?

2020-11-20

Backpacker dan traveller merupakan dua istilah dalam dunia wisata yang memiliki pengertian berbeda. Meskipun keduanya memiliki pengertian yang sama, yaitu berwisata, tetapi keduanya cukup bertolak

thumbnail

7 Tips Merantau ke Medan untuk Mengurangi Homesick

2020-12-15

Medan adalah kota terbesar ketiga di Indonesia, setelah Jakarta dan Surabaya. Ibu kota Sumatera Utara tersebut tak pelak menjadi kota metropolitan yang banyak dituju ole

thumbnail

Rekomendasi Tempat Wisata di Surabaya Bagi Kaum Backpacker

2020-12-08

Tempat wisata di Surabaya merupakan daftar tempat yang bisa kamu kunjungi ketika plesir di Surabaya alias kota pahlawan. Sekarang ini menjadi seorang backpacker merupaka

thumbnail

17 Rekomendasi Makanan Khas NTT yang Unik dan Menggugah Selera

2021-02-26

Mengelilingi wilayah Nusantara sangat tidak lengkap jika tidak mencicipi kulinernya. Begitu pula, makanan khas NTT juga memiliki makanan unik yang patut  Anda cicip