Logo Daihatsu
Menu

Ini 15 Tempat Wisata di Gorontalo dengan Panorama Alam Mempesona

Travel

2021-01-18

pantai lahe

Lokasi wisata di Indonesia memiliki daya tarik alam yang sangat indah. Tidak heran jika banyak lokasi wisata yang sangat populer dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Banyaknya kepulauan di Indonesia membuat banyak pantai indah yang menarik untuk dikunjungi.

Namun, tempat wisata di Pulau Sulawesi biasanya tidak sepopuler lokasi wisata di Pulau Jawa. Tempat wisata di Gorontalo merupakan area wisata yang indah dan terletak di Provinsi Sulawesi Utara. Berikut ini berbagai lokasi wisata alam hingga spot kekinian di Gorontalo yang bisa sahabat kunjungi.

1. Taman Laut Olele

Bagi yang menyukai snorkeling, coral endemik di Taman Laut Olele akan menjadi salah satu daya tarik yang indah. Sahabat bisa berenang di air yang jernih sambil melihat terumbu karang di pasir putih yang bersih dan cantik.

Lokasi: Poduoma, Suwawa Timur, Olele, Bone Bolango, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo

Waktu operasional: 24 jam

Harga tiket masuk: tidak ada (gratis)

2. Benteng Otanaha

Saat berwisata ke Gorontalo, sahabat harus mengunjungi Benteng Otanaha agar dapat melihat seluruh panorama indah di sana. Untuk naik ke atas benteng ini, sahabat setidaknya harus menaiki 350 anak tangga untuk melihat panorama Teluk Tomini dan Danau Limboto.

Tenang, rasa lelah pasti akan terbayar saat sahabat melihat panorama 360 derajat di atas benteng. Bakalan worth it banget, deh.

Lokasi: Jl. Usman Isa Kel. Dembe I, Kota Bar., Kota Gorontalo, Gorontalo

Waktu operasional: 08.00 – 18.00

Harga tiket masuk: Rp5.000

3. Pantai Bolihutuo, Botubarani

Jika berkunjung ke Gorontalo, sahabat bukan hanya bisa berkunjung ke pantai berpasir putih, loh. Salah satu daya tarik wisata yang menarik terletak di kawasan perairan Pantai Botubarani karena sahabat bisa berkenalan dengan hiu dan paus dari jarak dekat.

Lokasi: Botubarani, Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo

Waktu operasional: 06.00 – 17.00

Harga tiket masuk: Rp5.000

4. Air Terjun Lombongo

Lombongo mungkin juga terkenal dengan kolam pemandian air panasnya. Meski begitu, ada ait terjun yang indah dan bisa dijelajahi di tengah kaki gunung Tilong Kabila. Sahabat juga bisa ditemani oleh pemandu wisata lokal, tapi pastikan untuk negosiasi harga sesuai budget dulu sebelum memulai penjelajahan, ya.

Lokasi: Jalan Natsir Mooduto Desa Tapadaa, Suwawa Tengah, Kabupaten Bone Bolango

Waktu operasional: 24 jam

Harga tiket masuk: Rp5.000 (dewasa), Rp2.500 (anak-anak)

5. Taman Nasional Bogani Nani Wartabone

Kawasan vegetasi hutan tropis ini ditetapkan sebagai taman nasional pada 1991. Luas Taman Nasional Bogani Nani Wartabone mencapai 287.115 hektare. Taman nasional ini dikelilingi lembah dan lereng bukit yang terjal dengan berbagai keunikan ekologi sebagai kawasan peralihan daerah Indomalayan dan Papua-Australia (Wallace Area).

Lokasi: JL. AKD. Mongkonai Barat, Kotamobagu, Sulawesi Utara

Waktu operasional: 08.00 – 18.00

Harga tiket masuk wisatawan domestik: Rp5.000 (weekday), Rp7.500 (weekend dan libur)

Harga tiket masuk wisatawan mancanegara: Rp150.000 (weekday), Rp175.000 (weekend dan libur)

6. Monumen Tugu Langga

Langga merupakan salah satu seni bela diri yang berasal dari Gorontalo. Monumen ini dibuat dalam miniatur dan “Langga” memiliki makna tanpa senjata.

Lokasi: Jl. Aloe Saboe, Padebuolo, Kota Tim., Kota Gorontalo, Gorontalo

Waktu operasional: 24 jam

Harga tiket masuk: gratis

7. Hutan Hungayono

Destinasi wisata alam ini sangat populer sebagai lokasi hewan endemik Sulawesi yaitu burung maleo. Sahabat bisa melihat langsung kehidupan burung maleo mulai dari kebiasaannya hingga paket wisata pengembangbiakkan telurnya ke hatcery.

Lokasi: Tulabolo, Suwawa Tim., Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo

Waktu operasional: disarankan setelah pukul 10.00

Harga tiket masuk: Rp150.000

8. Pulau Saronde

Daya tarik panorama alam cantik dengan kebudayaan yang masih asli bisa sahabat temukan di Saronde. Waktu terbaik berkunjung ke Pulau Saronde adalah bulan Juli saat Festival Saronde diselenggarakan. Sahabat bisa lebih berbaur dengan kebudayaan lokal, termasuk kulinernya.

Lokasi: Teluk Kwandang Utara

Waktu operasional: 24 jam

Harga tiket masuk: Rp5.000 – Rp10.000

9. Pantai Minanga

Masih dengan daya tarik pantai pasir putihnya, Pantai Minanga lebih cantik dikunjungi di malam hari. Cahaya matahari tenggelam akan membuat hamparan pasir putih dan jernihnya air laut terlihat mempesona.

Lokasi: Desa Kotajin Utara, Kecamatan Atinggola, Kabupaten Gorontalo Utara

Waktu operasional: 24 jam

Harga tiket masuk: Rp2.000 + Rp3.000 (parkir motor), Rp5.000 (parkir mobil)

10. Monumen B. J. Habibie

Patung yang didedikasikan kepada Bacharuddin Jusuf Habibie ini didedikasikan sebagai penghormatan kepada Presiden ke-3 berdarah Gorontalo. Sosok BJ Habibie dibuat sedang memegang pesawat terbang yang mengarah ke jalur lepas landas Bandara Djalaludin.

Lokasi: Jl. Trans Sulawesi, Tolotio, Tibawa, Kota Gorontalo, Gorontalo 96251

Waktu operasional: 24 jam

Harga tiket masuk: tidak ada

11. Menara Keagungan Limboto

Menara yang terbuat dari konstruksi baja ini dikenal juga sebagai replika Menara Eiffel. Pada 2019, objek wisata yang dikenal juga sebagai Pakaya Tower Limboto ini dipercantik sebagai hasil kerja sama pemerintah Kabupaten Gorontalo dengan PT Panasonic Gobel Indonesia.

Lokasi: Jl. Baso Bobihoe No.308, Kayubulan, Limboto, Kota Gorontalo, Gorontalo

Waktu operasional: 24 jam

Harga tiket masuk: Rp10.000 (dewasa), Rp5.000 (anak-anak)

12. Pantai dan Taman Lahilote

Daya tarik unik dari panorama laut di lokasi ini adalah garis pantainya yang mirip teluk. Salah satu ciri khas dari pantai ini adalah batu yang bentuknya mirip telapak kaki dan disebut dengan Botu Liyodu Lei Lahilote.

Lokasi: l. Drs. Achmad Nadjamuddin No.35, Limba U Dua, Kota Sel., Kota Gorontalo

Waktu operasional: 24 jam

Harga tiket masuk: tidak ada

13. Pantai Ratu Boalemo

Tidak sedikit wisatawan yang menghabiskan waktu untuk bermalam di Pantai Ratu. Selain wisata alamnya yang indah, pantai ini juga memiliki keanekaragaman hayati yang sangat kaya. Pantai ini juga aman karena air lautnya cukup tenang untuk berenang.

Lokasi: Desa Tenilo, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo

Waktu operasional: 24 jam

Harga tiket masuk: gratis

14. Pantai Pohon Cinta

Meskipun masih objek wisata pantai lagi, sepertinya wisata ke Gorontalo belum lengkap jika belum ke sini. Ya, di pantai cantik ini juga merupakan lokasi yang cocok untuk sekalian mencoba kuliner khas Gorontalo. Makan sambil melihat pemandangan tentu akan sangat menyenangkan, bukan?

Lokasi: Pohuwato Tim., Marisa, Kabupaten Pohuwato, Gorontalo

Waktu operasional: 24 jam

Harga tiket masuk: Rp100.000 (tiket kapal)

15. Pulau Lahe

Nah, wisata eksotis ini sering direkomendasikan untuk para penyelam dan dikenal sebagai surga bawah laut. Pesona terumbu karang dan biota lautnya merupakan potensi wisata yang luar biasa bagi pada pengunjung domestik maupun mancanegara.

Lokasi: Kecamatan Marisa, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo

Waktu operasional: 24 jam

Harga tiket masuk: Rp20.000 (biaya perahu)

Itulah berbagai rekomendasi lokasi wisata yang bisa sahabat kunjungi di Gorontalo. Jangan lupa untuk selalu melakukan persiapan berkendara dan juga mengutamakan keselamatan dan kesehatan, ya. Selamat berwisata di Gorontalo!

Penulis : Rizkita Darajat


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Wisata Keluarga ke Swiss: dari Rencana Perjalanan hingga Destinasi yang Wajib Dikunjungi

2021-05-31

Swiss adalah negara yang menjadi primadona untuk para wisatawan mancanegara, terutama Indonesia. Negara ini juga menjadi tempat wisata yang sangat direkomendasikan untuk

thumbnail

Jembatan Suramadu : Sejarah hingga Jadi Ikon Wisata

2020-11-03

Jembatan Suramadu merupakan jembatan nasional Indonesia yang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Madura. Dinamakan Suramadu karena titik penghubungnya adalah dari Surabaya (Sura) dan Bangkalan yang

thumbnail

Ini Lho 22 Makanan Khas Pekalongan yang Banyak Dicari

2021-02-27

Selain terkenal dengan wisatanya, Pekalongan juga kaya akan kulinernya. Ada berbagai macam hidangan yang bisa disantap sembari mengunjungi destinasi wisatanya. Mulai dar

thumbnail

Ingin Makan di Surya Kencana Bogor? Yuk Simak Informasi Berikut Ini!

2021-05-11

Salah satu spot yang wajib disambangi di Bogor adalah Surya Kencana Bogor. Di sana, Sahabat bisa mencicipi berbagai macam kuliner dengan harga yang relatif terjangkau.